Minggu, 24 April 2016

6 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat di Dahi secara Alami

6 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat di Dahi secara Alami- Apa penyebab munculnya jerawat?, Bagaimana cara mengatasi jerawat yang tumbuh di dahi?. Dahi adalah salah satu area T di wajah kita yang mana area ini terdapat banyak diproduksi kelenjar minyak. Jadi tidak heran jika sering tumbuh jerawat di tempat tersebut. Mulai dari jerawat pasir hingga jerawat batu berukuran besar yang sangat terasa sakit bila tersentuh, selain bikin kita tersiksa, tentunya juga bikin rasa percaya diri menurun.

Cara Menghilangkan Jerawat di Dahi dengan Cepat dan Alami

Sebenarnya apa aja sih penyebab munculnya jerawat ?


Ada beberapa faktor penyebab jerawat di dahi yang mungkin kita kurang sadari  sebelumnya. Faktor-faktor tersebut berhubungan langsung dengan hormon  tubuh, kebersihan, lingkungan, pola makan serta gaya hidup kita.

Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah beberapa penyebab jerawat pada dahi yang paling umum terjadi di kalangan remaja.

1. Pengaruh Keadaan Hormonal
Penyebab jerawat yang sering terjadi adalah dari pengaruh hormonal,yang mana jerawat sering tumbuh saat hormon pengatur kelenjar sebasea pada kulit mengalami ketidakstabilan. Biasanya dipicu karena stress yang berlebihan. Dalam keadaan stress,hormon pada kelenjar minyak justru memerintahkan kelenjar minyak lebih banyak memproduksi minyak. Sementara pori-pori tidak dapat mengeluarkannya, hingga tumpukan minyak jadi menggumpal dan menyumbat pori-pori. Dan terjadilah pembusukan dan pembengkakan di sekitar pori-pori yang tersumbat dan akhirnya menjadi jerawat.

2. Faktor lingkungan
Lingkungan berpotensi besar menimbulkan masalah kulit dan menjadi salah satu sebab timbulnya jerawat di dahi. Lingkungan luar menjadi tempat seseorang bersentuhan langsung dengan polusi, sinar matahari, debu, bakteri ataupun kuman yang bisa merusak sel-sel kulit manusia. Terjadinya kerusakan akibat pengaruh lingkungan berpotensi timbulnya jerawat di dahi.

3. Kebersihan
Penyebab berikutnya dari timbulnya jerawat di dahi adalah kelalaian dalam menjaga kebersihan wajah dan kulit, terlebih jika aktivitas kebanyakan dilakukan di luar, maka potensi besar menderita jerawat juga lebih besar. Jarang melalukan perawatan, frekuensi membasuh wajah yang rendah juga akan mempengaruhi faktor penyebab jerawat di dahi.

4. Pola makan

Sering mengkonsumsi makanan junkfood yang merupakan sumber lemak jahat dan kolesterol. Jika terlalu sering mengkonsumsi makanan seperti ini, maka potensi mengalami penyumbatan lemak pada pori-pori kulit makin besar. Dan juga pemakaian kosmetik yang keras dan berlebihan,itu juga berpengaruh karena dapat meningkatkan risiko penyumbatan pori-pori kulit.

Setelah kita mengetahui faktor penyebabnya maka tentu kita dapat segera melakukan tindakan untuk menghindari penyebab tersebut, agar jerawat di dahi tidak bertambah parah.

Dan berikut ini  salah satu cara cepat dan ampuh mengobati jerawat di dahi, yaitu dengan memanfaatkan masker alami dari bahan-bahan yang mudah diperoleh di sekitar rumah Anda.

1. Dengan masker beras.
Cara penggunaan masker ini sangatlah mudah, ikuti petunjuk dibawah ini.

Bahan yang diperlukan, beras putih sebanyak 1 sendok teh cuci hingga bersih, bubuk kunyit kira-kira 1 sendok teh dan putih telur secukupnya

Semua bahan dicampurkan  menjadi satu dan aduk hingga merata, kemudian kita oleskan pada kulit wajah yang ada jerawatnya. Tunggu sampai kering sekitar 15 menit hingga 30 menit kemudian bilas dengan air hangat hingga bersih untuk mengangkat sisa dari putih telur. Setelah bersih basuhlah  wajah dengan air dingin atau air yang dari kulkas. Ini berguna untuk menutup kembali pori-pori kulit wajah.

2. Masker Jus Lemon
Lemon telah lama dipercaya sebagai salah satu buah yang sangat bermanfaat buat kecantikan, termasuk dalam hal ini manfaatnya untuk mengatasi berbagai macam jerawat, begitupun jerawat didahi.

Cara membuatnya:

Siapkan buah lemon kemudian bikin menjadi jus, dan kemudian oleskan pada dahi yang berjerawat. Untuk Anda yang kulitnya sensitif bisa ditambahkan air mawar. Lakukan secara rutin sampai jerawat hilang.


3. Masker Tomat
Tomat berkhasiat membuat kulit menjadi tampak bersih & bercahaya.

Cara membuat masker tomat adalah seperti dibawah ini:

Siapkan tomat yang merah dan segar satu biji, cuci hingga bersih, kemudian haluskan dengan blender, lalu oleskan di dahi yang berjerawat atau bisa juga oleskan ke semua bagian wajah. Diamkan 15 menit, lalu bilas dengan air dingin hingga bersih. Sebelum menggunakan masker pastikan muka Anda sudah dibersihkan dengan air hangat. Jika hanya khusus untuk mengobati jerawat saja, bisa dilakukan tiap hari, dengan di oleskan pada bagian yang berjerawat saja.

4. Masker lidah buaya.
Lidah buaya memiliki sifat anti-inflamasi sehingga bisa bermanfaat mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat.

Cara membuat masker lidah buaya:

Ambil lidah buaya yang segar dan cuci bersih. Kemudian ambil gel atau getah yang ada dalam lidah buaya, lalu oleskan ke tempat yang berjerawat. Tunggu hingga mengering kemudian bersihkan dengan air. Lakukan ini setiap hari sampai jerawat mengering. Sebelumnya pastikan jerawat telah di bersihkan terlebih dulu. Lakukan 2 hari sekali, sampai jerawat mengering.

5. Madu dan Kayu manis
Madu berfungsi sebagai anti-bakteri yang dapat membunuh bakteri serta menghilangkan jerawat. Sedangkan kayu manis mempunyai sifat anti-pembekuan serta anti-inflamasi. Cara penggunaan:

Campur bubuk kayu manis serta madu,kemudian aduk hingga rata. Bersihkan wajah terlebih dahulu, kemudian oleskan kedua campuran bahan di atas ke wajah Anda. Diamkan hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan secara rutin setiap hari.

6. Masker Pepaya Mentah
Pepaya mentah biasanya hanya dipakai untuk memasak di dapur, namun ternyata bisa juga di jadikan obat  jerawat yang ampuh. Pepaya mengandung zat yang bermanfaat membantu mengurangi sel-sel kulit mati dan mencegah pembentukan lipid. Dan kehadiran papain dalam pepaya juga bermanfaat mengurangi tingkat peradangan pada kulit yang disebabkan jerawat.

Cara penggunaan:

Haluskan pepaya mentah, kemudian bersihkan wajah. Lalu ambil pepaya yang dihaluskan tadi dan oleskan pada wajah. Diamkan 15 menit kemudian bilas dengan air dingin. Gunakan setiap hari, lakukan secara rutin.

Demikian tentang tips mengatasi jerawat di dahi. Tips diatas selain untuk menghilangkan jerawat bisa juga untuk dipakai ke seluruh wajah. Tentunya dengan berbagai manfaat yang baik yang akan didapat, seperti mencerahkan sekaligus sebagai pelembab alami wajah. Kalau dipakai untuk masker seluruh muka, sebaiknya hanya dilakukan 1-2 kali saja seminggu.

Tetapi bila khusus untuk mengobati jerawat sebaiknya dioleskan saja hanya pada bagian yang berjerawat, dan dilakukan sehari 2 kali hingga jerawat tersebut mengering. Biasanya asal kita rutin menggunakannya, dalam waktu kurang dari 1 minggu sudah kelihatan  hasilnya.

Demikian tentang Tips Menghilangkan Jerawat di Dahi secara Cepat dan Alami. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top