Sabtu, 19 Maret 2016

Bahaya Penyakit Meningitis pada Bayi, Kenali Tanda-tandanya, Cara Menghindari, dan Cara Mengobati yang Benar

Bahaya Penyakit Meningitis pada Bayi, Kenali Tanda-tandanya, Cara Menghindari,  dan Cara Mengobati yang Benar- Penyakit meningitis merupakan peradangan atau infeksi pada bagian membran meninges yang mengelilingi serta melindungi otak dan juga sumsum tulang belakang.  Untuk kasus pada bayi, terutama bayi yang baru lahir, kondisi meningitis akan menjadi penyakit yang serius dan apabila lambat ditangani akan menyebabkan kematian.
Bahaya Penyakit Meningitis pada Bayi, Kenali Tanda-tandanya, Cara Menghindari,  dan Cara Mengobati yang Benar
Penyakit meningtis yang terjadi pada bayi dengan usia kurang dari 3 bulan, dalam dunia medis disebut dengan meningitis neonatal. Sebagai orang tua sangat penting mengenali lebih dalam mengenai penyakit ini, Dengan begitu Anda bisa secara dini mengambil tindakan yang tepat apabila ada tanda atau gejal penyakit ini pada buah hati Anda. Karena penganan yang benar dan lebih dini bisa memperbesar kemungkinan dalam menyembuhkan penyakit ini.

Gejala Penyakit Meningitis Pada Bayi
Bayi sering mengalami lesu, muntah-muntah,ruam, kesulitan untuk bernapas,
menggigil, demam yang tinggi, sakit kuning
Menangis,kejang,menjerit-jerik seperti kesakitan.
Sakit kepala serta mata sensitif terhadap cahaya.
Ubun-ubun pada bayi yang masih terbuka mungkin nampak menonjol dan keras
Masa inkubasi sekitar 2-14 hari.

Penyebab Penyakit Meningitis Pada Bayi
Meningitis neonatal adalah penyakit meningitis yang sering terjadi pada bayi yang baru lahir, untuk meningitis jenis ini disebabkan oleh virus atau infeksi yang di timbulkan akibat paparan bakteri. Virus atau infeksi yang menyebabkan timbulnya penyakit meningitis pada bayi dikenal dengan coxsackie serta herpes simplex. Sementara itu untuk jenis bakteri yang menjangkit bayi baru lahir adalah hasil dari bakteri B. streptococcus,E.coli,bakteri HiB. Hal yang di takutkan dari bakteri meningitis neonatal ini adalah dapat menular melalui plasenta ketika bayi yang terjangkit itu masih berada dalam rahim atau selama dalam proses persalinan.

Tindakan pertama untuk menolong bayi yang terkena meningitis:
Segera lakukan pemeriksaan kedokter dan berikutnya lakukan pengujian di laboratorium.

Cara menangani penyakit meningitis neonatal:
Apabila hasil diagnose dokter menyatakan kalau buah hati anda terkena meningitis neonatal, maka sebaiknya segera dilakukan penanganan secara intensif dengan di rawat inap sebagai penanganan awal.

Biasanya untuk pasien Meningitis Neonatal yang masih bayi, akan dilakukan pemberian antibiotik spektrum. Dan apabila telah diketahui kalau penyebab Meningitis Neonatal ini karena bakteri, maka biasanya dokter akan memberikan antibiotik khusus untuk menangani bakteri ini.

Dan apabila setelah dilakukan pemeriksaan di temukan penyebabnya karena virus, maka akan dilakukan pengobatan dengan memberikan anti-virus asiklovir. Untuk penanganan Meningitis Neonatal yang disebabkan oleh virus biasanya memang agak sulit, dan pada kebanyakan kasus pemberian antivirus hanya berfungsi untuk meringankan gejala dan menjaga bayi agar hangat dan terhidrasi akibat virus tersebut.

Pencegahan untuk penyakit meningitis neonatal pada bayi:
Untuk mengindari resiko pada bayi yang terjangkitnya virus ataupun bakteri yang menjadi penyebab meningitis neonatal, maka biasanya dokter akan melakukan tes grup B strep saat ibu masih hamil mendekati usia kelahiran. Dan apabila saat pengujian, bayi tersebut positif terinfeksi virus,maka ibu hamil akan diberikan obat-obatan anti-viral, atau lebih disarankan melakukan persalinan secara Caesar untuk mencegah penularan infeksi virus pada bayi.

Pencegahan penyakit meningitis pada ibu hamil :
  • Melakukan imunisasi HiB/pneumokokus.
  • Menjaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan,terutama saat sebelum makan.
  • Hindari kontak dengan seseorang yang sakit.
  • Menjaga pola hidup sehat. Yaitu meliputi pola makan yang sehat dan gaya hidup yang sehat.
  • Pola makan yang sehat misalnya, mengkonsumsi makanan yang bergizi, banyak mengandung nutrisi, vitamin dan lainnya yang di perlukan oleh tubuh serta banyak minum air putih.
  • Sedangkan gaya hidup sehat, contohnya tidur malam minimal 8 jam, olahraga yang teratur, tidak merokok, tidak minum alkohol, dan lainnya, yang intinya menghindari hal-hal yang bisa merugikan kesehatan.
Demikian informasi mengenai penyakit Meningitisi Neonatal ini, diharapkan anda para orangtua tidak terlalu khawatir dan sudah siap melakukan tindakan yang terbaik untuk si buah hati agar terhindar dari penyakit berbahaya ini.  Terimakasih dan semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top