Rabu, 23 Maret 2016

Cara Mengobati Anemia pada Ibu Hamil

Cara Mengobati Anemia pada Ibu Hamil- Anemia adalah kondisi dimana kadar Hemoglobin (Hb) berada di bawah batas normal. Seseorang yang rentan mengalami anemia adalah ibu hamil, sebab volume darah di dalam tubuh ibu hamil harus dibagi dengan janinnya. Ibu hamil dengan anemia perlu diwaspadai. Karena volume darah yang tidak mencukupi akan berdampak pada suplai oksigen di dalam darah ibu yang menuju ke janin. Apabila suplai oksigen tidak mecukupi, maka dapat menyebabkan gangguan nafas pada janin.
Cara Mengobati Anemia pada Ibu Hamil

A. Ciri-ciri Ibu Hamil mengalami Anemia
Gejala yang sering dialami ibu jika sedang mengalami Anemia adalah denyut jantung tidak teratur, cepat lemah, lelah, serta nafas, dan kulit tampak pucat. Selain itu, ibu hamil juga akan merasa pusing, telinga berdenging, rambut rontok dan bahkan sariawan di pinggir mulut.

Ibu hamil dapat dikatakan positif mengalami Anemia, dapat diketahui dengan cara pemeriksaan darah. Pemeriksaan darah pertama dapat dilakukan saat pertama kali periksa ke tempat pelayanan kesehatan dan pemeriksaan kedua dapat dilakukan setelahnya, selama dalam masa kehamilan tersebut.

B. Solusi Tepat Mengatasi Anemia pada Ibu Hamil
Zat besi adalah salah satu penanganan yang tepat yang dapat diberikan untuk ibu hamil dengan Anemia. Makan makanan yang banyak mengandung zat besi bisa menjadi cara pencegahan dan pengobatan Anemia pada ibu hamil, seperti ikan, kacang-kacangan, sereal, tahu, telur, serta sayuran berawarna hijau.

Sifat  dari zat besi adalah mudah larut di dalam tubuh dengan adanya asupan vitamin C. Jadi, selain makan makanan sehat yang mengandung zat besi, ibu hamil juga sebaiknya mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, tomat kiwi, stroberi, dan sebagainya.

Selain mengonsumsi makanan tinggi zat besi, solusi kesehatan yang dapat dilakukan adalah dengan minum tablet tambah zat besi, atau yang sering diberikan oleh tenaga medis adalah ferrous sulphate, dengan cara minum dua hingga tiga kali per hari.

Namun, beberapa orang merasakan adanya efek samping saat minum tablet zat besi, seperti diare, konstipasi, nyeri pada perut, mual, nyeri pada ulu hati, serta tinja berwarna gelap. Jika Anda termasuk salah seorang yang mengalami efek tersebut, segeralah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Untuk mengantisipasi terjadinya anemia, ibu hamil harus rutin memeriksakan diri kepada petugas kesehatan agar mendapatkan penangan dan pengobatan yang tepat selama masa kehamilan.

Demikian pembahasan mengenai solusi tepat mengatasi anemia pada ibu hamil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda.

1 komentar:

Bahaya banget kalau tidak cepat diatasi terutama kehamilannya

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top