Selasa, 06 September 2016

Penyebab, Cara Mengobati, dan Mencegah Gatal pada Selangkangan Pria dan Wanita

Penyebab, Cara Mengobati, dan Mencegah Gatal pada Selangkangan Pria dan Wanita- Gatal memang bukanlah suatu penyakit serius yang membahayakan, tetapi jika dibiarkan tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas. Apalagi jika area gatal itu di tempat yang cukup sensitif seperti di selangkangan. Coba bayangkan saat kita sedang asyik presentasi di depan client penting, tiba-tiba selangkangan gatal bukan main.

Cara Mengobati Gatal pada Selangkangan Pria dan Wanita
Selain konsentrasi buyar, tentu saja tidak etis menggaruk area tersebut di depan umum. Di samping itu, gatal di selangkangan tak hanya menimbulkan rasa gatal yang mengganggu tetapi juga menimbulkan luka lecet yang akan terasa perih dan nyeri jika hal ini di biarkan begitu saja.

Untuk itu pada bahasan kali ini, akan mengulas bagaimana cara mengobati gatal pada selangkangan pria yang aman dan efektif untuk meredakan rasa gatal.

A. Penyebab gatal di selangkangan
Umumnya gatal selangkangan terjadi karena jamur tumbuh dan bersarang pada kulit yang lembab, hangat, dan kurang terjaga kebersihannya. Makanan juga merupakan pencetus terjadinya alergi ini . Menggunakan handuk atau pakaian secara bergantian dengan orang lain berpotensi tinggi, dalam perkembangbiakan jamur. Selain itu beberapa faktor khusus yang memicu gatal pada selangkangan antara lain, menggunakan pakaian terlalu ketat, banyak mengeluarkan keringat, obesitas, dan diabetes.

B. Cara benar mengobati/menyembuhkan gatal di selangkangan
Cara mengobati gatal pada selangkangan yang diakibatkan jamur, yaitu dengan menggunakan bedak atau krim antijamur. Sebelum mengoleskan krim, sebaiknya cuci bersih dulu area yang terinfeksi dengan air dan sabun.

Gunakan sesuai petunjuk pemakaian, yaitu dengan mengoleskannya secara merata dan tipis-tipis saja. Meskipun gejala mereda, jangan hentikan pengobatan terlalu cepat. Terus ikuti durasi pemakaian sesuai saran pada label produk agar infeksi tidak kembali.

Jangan sepelekan penyakit gatal ini jika telah terjadi seperti berikut ini:
  • Apabila gatal tidak membaik lebih dari dua minggu, bahkan setelah menggunakan krim atau bedak antijamur.
  • Apabila gatal sering kambuh atau terjadi berulang-ulang. 
  • Apabila terdapat luka infeksi akibat garukan, terlihat semakin parah.
C. Cara Mencegah Gatal pada Selangkangan
Jika tips di atas membuat gatal pada selangkangan Anda sembuh. Maka hal selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah, menjaga area selangkangan agar tetap bersih dan kering, jangan berbagi handuk atau pakaian dengan orang lain, jangan terlalu lama mengenakan pakaian lembap, pilihlah pakaian dalam yang terbuat dari bahan 100% katun, jangan menggunakan celana terlalu ketat dalam waktu lama untuk menghindari iritasi, menjaga kebersihan pakaian, gunakan alas kaki saat memasuki kamar mandi umum.

Baca juga:
Demikian tentang Cara Menyembuhkan Gatal pada Selangkangan Pria dan Wanita. Semoga bermanfaat

1 komentar:

Nggak nyaman kalau gsatal diselangkangan dan kudu jaga kebersihan dan pakaian jangan yang memicu keringat

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top