Rabu, 30 Maret 2016

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing pada Wanita

Cara Menyembuhkan Infeksi Saluran Kencing pada Wanita- Tubuh kita memiliki sistim saluran kemih yang beragam, mulai dari ginjal, kemudian kandung kemih, serta uretra. Melalui sistim inilah urin atau air kencing diproduksi dan dibuang. Namun sayangnya sistem yang berfungsi untuk mengatur air kencing tersebut juga tak luput dari ancaman penyakit, salah satunya adalah infeksi saluran kencing.
 Infeksi pada saluran kencing atau disebut juga infeksi saluran kemih bisa menimpa siapa saja, infeksi saluran kemih (ISK) terjadi karena adanya bakteri yang menyerang sistim saluran kemih tersebut.
Gejala yang ditimbulkan jika terkena infeksi saluran kemih ini meliputi rasa ingin terus buang air kecil, rasa perih atau nyeri ketika buang air kecil, warna urin menjadi keruh, dan bau urin yang mnyengat.

Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing pada Wanita
Mengenal Penyebab ISK
Rata-rata kasus infeksi saluran kemih ini disebabkan karena adanya bakteri Escherichia Coli atau E. Choli. Bakteri ini umunya hidup di usus besar dan juga diseputar anus. Diperkirakan bakteri ini masuk kedalam uretra seseorang disebabkan karena kurang baik dalam melakukan pembersihan seusai buang air besar maupun kecil.

Dalam kasus seperti ini wanita lebih mudah terserang ISK karena letak uretra sangat dekat dengan lubang anus.

Cara Mengobati ISK bagi Wanita
Selain dengan menggunakan obat medis atau dari dokter, proses penyembuhan ISK juga bisa dilakukan sendiri. Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah:

1. Jangan pernah menahan kencing. 
Jika merasa ingin kencing maka segeralah mencari toilet. Dengan sering mengosongkan kandung kemih, Anda bisa selangkah mencegah bakteri untuk berkembang biak.

2. Minum air yang banyak.
Tidak bisa dipungkiri air putih memang memiliki kandungan manfaat yang luar biasa, dengan meminum air putih racun-rancun berbahaya dalam tubuh akan terbuang.

3. Apabila terasa nyeri, maka redakanlah dengan kompresan air hangat.
Infeksi saluran kemih yang ringan biasanya akan sembuh setelah beberapa hari dilakukan pengobatan. Namun jika ISK sudah masuk dalam fase yang parah maka segeeralah meminta pertolongan medis.

Cara Mencegah ISK Kambuh

Berikut adalah beberapa langkah yang berfungsi supaya ISK tidak kembali menganggu Anda.
1. Setelah selesai buang air kecil atau besar, maka bersihkanlah daerah vital Anda dengan tisu atau air, dan pastikan Anda melakukannya secara sempurna (sampai benar-benar bersih)
2. Minumlah air putih dengan jumlah yang banyak. Logikanya jika kita sering meminum air maka kitapun akan sering buang air kecil, dan dengan itulah bakteri dan juga racun-racun dalam tubuh akan ikut terdorong keluar.
3. Kalau ISK sering terjadi maka mintalah resep atau saran dari dokter.
Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah dan juga mengobati infeksi saluran kemih. Pada dasarnya kita harus menjaga kebersihan diri maupun lingkungan sekitar kita agar terhindar dari bakteri-bakteri yang berbahaya.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top