Minggu, 22 Mei 2016

10 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat dengan Air Garam

Tips Mudah Menghilangkan Jerawat dengan Air Garam- 10 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Air Garam_ Jerawat menjadi salah satu permasalahan kulit yang terjadi akibat adanya sumbatan pada pori-pori yang disebabkan oleh beberapa hal, seperti kotoran yang menempel yang tidak kasat mata, serta bekas make-up yang tidak rajin dibersihkan. Selain Anda harus pergi ke klinik kecantikan untuk mengatasi jerawat Anda, pada saat ini seiring berjalannya ilmu pengetahuan, masih banyak cara-cara alami yang bisa Anda coba di rumah. Kali ini kita akan membahas mengenai khasiat air garam yang bisa mengatasi jerawat serta bekas-bekasnya sehingga membuat wajah Anda kembali halus. Cara seperti ini memang tergolong  sederhana dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.

Tips Mudah Menghilangkan Jerawat dengan Air Garam


Tetapi sebelum membahas tentang cara-cara menghilangkan jerawat dengan menggunakan salah satu bahan bumbu dapur ini, tak ada salahnya jika kita membahas terlebih dahulu mengenai jerawat. Yuk langsung kita simak dan kita kupas satu persatu ya..

Apa sih Jerawat itu?
Sebagian besar orang pasti sudah pernah mengalami yang namanya jerawat. Adakah yang tau apa itu jerawat? Yup, benar sekali. Jerawat adalah adanya benjolan pada kulit yang mulanya ditandai dengan adanya peradangan berwarna kemerahan hingga muncul nanah.
Jerawat bisa muncul secara umum karena disebabkan oleh kurangnya menjaga kebersihan. Terutama jerawat yang terjadi pada wajah, biasanya disebabkan karena kita sering lalai untuk mencuci muka dan membersihkan sisa-sisa make-up.
Bagi laki-laki, mungkin penyebabnya karena debu yang menempel pada muka setelah seharian beraktivitas dan tidak rajin dibersihkan. Serta jenis muka pada sebagian besar laki-laki yang cenderung berminyak, sehingga lebih rentan terserang jerawat.

Apakah Jerawat Hanya Ada Satu Jenis?
Jerawat dibagi menjadi beberapa macam sesuai dengan tanda dan gejala yang muncul. Berikut adalah pembagian jerawat berdasarkan tanda gejalanya :

1. Komedo. 
Komedo adalah salah satu jenis jerawat yang ditandai dengan adanya tonjolan-tonjolan kecil yang biasanya muncul pada area hidung dan sekitarnya. Komedo yang ditandai dengan benjolan kecil-kecil yang berwarna putih, disebut dengan komedo tertutup atau whitehead. Sedangkan komedo yang tampak hitam dan pori-pori tampak membesar, disebut dengan komedo terbuka atau blackhead.

2. Jerawat Klasik. 
Jerawat ini adalah salah satu jenis jerawat yang paling sering kita alami yang ditandai dengan benjolan berawarna merah mudah akibat pori-pori yang tersumbat. Munculnya jerawat ini biasanya saat menjelang menstruasi yaitu karena adanya perubahan hormon, serta pada saat masa pubertas.

3. Jerawat Batu. 
Jerawat ini merupakan jenis jerawat yang berat karena saat benjolan sudah hilang, akan meninggalkan bekas pada wajah seperti bopeng-bopeng. Bekas wajah akan semakin parah jika kita terbiasa menekan-nekan jerawat.

4. Pustula. 
Jerawat ini ditandai dengan pangkal jerawat berwarna merah muda dan di ujung benjolan berwarna putih.

5. Papula. 
Ditandai dengan benjolan jerawat yang hanya berwarna merah meradang saja karena dipenuhi dengan nanah.

6. Kista. 
Jerawat jenis ini merupakan jerawat yang sangat menyiksa karena folikel yang meradang tersebut meletus di bawah kulit, sehingga dapat menginfeksi pori-pori di kulit sekitarnya.

Apa yang Menjadi Pemicu Terjadinya Jerawat?
Beberapa hal yang mejadi pemicu hinggapnya jerawat pada kita adalah karena jenis kulit yang berminyak, penggunaan make-up yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan jenis kulit, tidak rajin mencuci muka, lalai untuk membersihkan sisa-sisa make-up, terjadi ketidakseimbangan hormon dalam tubuh, dan sebagainya.

Lalu, Bagaimana Caranya Menggunakan Air Garam untuk Menyembuhkan Jerawat?

Siapa sih yang ingin mengalami jerawat? Tentu semua ingin mencari tahu solusi yang tepat untuk menghilangkan jerawatnya. Berikut adalah cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi jerawat dengan menggunakan air garam.

1. Cuci muka Anda terlebih dahulu dan bersihkan sisa-sisa make-up Anda
2. Siapkan garam kurang lebih 2 sendok makan dan air hangat sekitar 400 ml di dalam gelas sedang
3. Masukkan garam ke dalam gelas yang berisi air hangat
4. Aduk hingga tercampur rata
5. Kemudian masukkan kapas secukupnya ke dalam gelas yang berisi campuran air hangat dan garam dapur tersebut
6. Diamkan kapas tersebut di dalam gelas sampai kurang lebih 5 menit atau saat dirasa air garam sudah meresap secara menyeluruh ke dalam kapas.
7. Ambil sebagian kapas lalu usap-usapkan pada wajah Anda yang berjerawat.
8. Lakukan langkah ini sampai beberapa kali, hingga kapas yang ada di gelas habis atau sampai campuran air dan garam tersebut berubah menadi dingin.
9. Bilas wajah Anda dengan menggunakan air bersih dan dingin
10. Keringkan wajah Anda dengan handuk atau kain yang lembut


Tips untuk Mencegah Jerawat
1. Gunakan Make-Up Secukupnya atau Tidak Perlu Menggunakan Makeup
Sebaiknya anda menggunakan make-up yang sesuai dengan jenis kulit Anda atau carilah make-up yang aman dengan bahan-bahan alami agar mengurangi resiko yang akan terjadi pada muka Anda jika digunakan secara berlebihan.

2. Perhatikan Rambut Anda
Rambut biasanya sering diabaikan sebagai penyebab munculnya jerawat Anda. Rambut yang sealu terbuka dan terpapar debu dan polusi biasanya akan menempel pada wajah. Debu yang ada pada rambut secara tidak sadar akan menjadi pemicu terjadinya jerawat.

3. Hindari Memegang Muka dengan Tangan Anda
Tangan merupakan media terbanyak yang dihinggapi kuman. Apalagi jika kita tidak rajin mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Jika Anda mempunyai kebiasaan memegang muka dengan tangan, maka sebaiknya hentikan mulai sekarang juga. Sebab kuman yang ada di tangan bisa menempel pada wajah Anda.

4. Rajinlah Berolahraga
Olahraga dapat mengeluarkan banyak keringat dan membuat pori-pori terbuka, sehingga hal ini dapat menjadi terapi untuk menyembuhkan jerawat.

5. Banyak Minum Air Putih
Air putih bisa disebut sebagai solusi semua permasalahan kesehatan. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh yang lain, air putih juga bisa menjadi solusi untuk mencegah munculnya jerawat yaitu dengan megonsumsinya secara rutin, minimal 2 liter per hari atau sekitar 8 gelas.

6. Jangan Terlalu Sering Makan Makanan Siap Saji
Kandungan yang terdapat pada makanan siap saji tidak terlalu menyehatkan untuk tubuh. Sebaiknya Anda banyak-banyak makan buah dan sayur di sela-sela aktivitas Anda.

7. Gunakan Pelembap Muka
Pilihlah pelembap yang cocok untuk jenis muka Anda. Dengan rajin menggunakan pelembap, maka muka Anda akan terlindungi dari paparan sinar ultraviolet.

Penggunaan air garam tidak selalu cocok bagi semua orang. Ada beberapa orang yang akan mengalami efek samping seperti munculnya iritasi pada wajah. Jika Anda salah satunya yang mengalami hal tersebut, sebaiknya segera Anda hentikan. Lalu, Anda bisa menggunakan cara lain untuk menghilangkan jerawat dengan berbagai macam bahan alami lainnya.

Jadi, inilah sekilas informasi tentang garam dapur yang berkhasiat untuk menyembuhkan jerawat Anda. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top