Senin, 25 April 2016

10 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Es Batu

10 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Es Batu_Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Es Batu_Banyak kalangan yang akan kehilangan kepercayaan diri ketika sedang mengalami salah satu masalah kulit ini. Seperti Anda tentu juga tidak mau kan jika jerawat muncul di wajah Anda terutama di waktu yang tidak tepat?. Ada mitos tentang jerawat bahwa munculnya pada masa pubertas saja dan karena sedang merindukan seseorang dan lain-lain. Entah benar tidaknya belum pasti, namanya juga mitos. Namun yang jelas bagi sebagian wanita, jika akan menghadapi hari pertama menstruasi, biasanya jerawat selalu nongol bahkan seringkali bergerombol tanpa diundang. Nah, jika Anda membaca artikel dari kami ini, maka Anda akan menemukan cara yang pas untuk menghilangkan jerawat dengan cepat hanya dengan menggunakan cara alami. Lalu bagaimana dengan muka yang bopeng-bopeng akibat jerawat yang terlalu banyak dan sering?
Tips Menghilangkan Jerawat dengan Es Batu
Tenang,, karena kami akan menyajikan materi yang sangat komplit dengan penanganan secara alami dan mudah dilakukan. Cuma dengan memanfaatkan es batu. Anda penasaran,so, langsung aja baca penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Jerawat merupakan keadaan dimana pori-pori kulit kita tersumbat oleh kotoran atau debu yang tidak kasat mata, serta adanya minyak di wajah yang terlalu berlebihan. Jika wajah Anda termasuk kategori yang berminyak, maka Anda harus rajin-rajin membersihkan wajah sebelum jerawat membandel menghantui kita.

Mereka yang Mudah Terkena Jerawat
Jerawat rentan terjadi pada usia di bawah 8 tahun. Walaupun mungkin masih ada yang mengalami pada usia di atas itu. Namun, sebagian besar jerawat terjadi pada usia 14-19 tahun yaitu pada remaja, khususnya laki-laki. Sedangkan pada wanita, puncak terjadinya jerawat adalah pada usia 20-an yaitu lima kali lebih beresiko mengalami jerawat.

Mengapa Jerawat Bisa Tumbuh?
Munculnya jerawat tentu ada penyebabnya. Bagi kalangan remaja, jerawat muncul akibat ketidakseimbangan hormon pada masa peralihan, dari masa kanak-kanak menuju usia dewasa ini.

Ada pula jerawat yang muncul karena penggunaan make-up yang berlebihan dan tidak rajin membersihkan muka. Sehingga sisa-sisa make-up menutupi pori-pori dan menimbulkan sumbatan dan mulailah muncul pembengkakan, kemerahan hingga berwarna keputihan.

Kandungan minyak berlebih pada wajah juga berpengaruh pada munculnya jerawat. Minyak berlebih yang tidak dibersihkan membuat debu atau kotoran mudah menempel pada wajah, sehingga pada saat wajah tidak dibersihkan, kotoran akan menutupi pori-pori dan mula-mula dapat terjadi komedo hingga lama-lama dapat berubah menjadi jerawat.

Bakteri penyebab jerawat yaitu Propionobacterium acnes berkembang dengan pesat dan mengeluarkan suatu zat yang dapat menyebabkan kulit Anda iritasi. Dari yang awalnya kemerahan, hingga muncul nanah di bawah kulit.

Salah satu penyebab yang juga bisa menimbulkan jerawat adalah nutrisi yang dimakan sehari-hari. Jenis makanan yang harus dihindari adalah makanan yang berlemak, sebab lemak dapat mengikatkan produksi minyak sehingga dapat memicu munculnya jerawat.

Macam-Macam Bentuk Jerawat
Banyak yang menyangka bahwa jerawat hanya ada satu jenis. Ternyata ada beberapa jenis jerawat dengan berbagai tanda dan gejala. Berikut macam-macam jerawat yang dapat terjadi :

1. Komedo
Komedo muncul akibat jumlah minyak di wajah yang berlebihan. Ada 2 jenis komedo, yaitu tonjolan putih kecil-kecil (komedo tertutup) dan tojolan bewarna hitam membesar (komedo terbuka). Komedo juga sering disebut dengan jerawat nasi.

2. Jerawat Batu
Jerawat batu muncul dengan warna merah dan ukuran yang lebih besar dari jerawat biasa. Jerawat ini dikategorikan sebagai jerawat yang parah, karena akan memberikan bekas bopeng pada kulit. Ini merupakan salah satu jerawat yang banyak ditakutkan oleh orang. Perawatan yang dilakukan harus tepat, serta perlu dilakukan pencegahan agar jerawat parah ini tidak muncul pada kulit anda.

3. Jerawat Biasa
Kategori ini merupakan jerawat yang sering dialami seseorang, yaitu sebagai akibat tersumbatnya pori-pori kulit dan juga peran bakteri penyebab jerawat yang dapat membuat jerawat berwarna kemerahan dan muncul nanah.

4. Jerawat Vulgaris
Jerawat jenis ini yaitu jerawat dengan tanda-tanda adanya kulit yang bersisik, muncul komedo terbuka, serta komedo tertutup.

5. Jerawat Juvenil
Jerawat jenis ini muncul akibat ketidakseimbangan hormon yaitu sebagian besar terjadi pada usia 14-20 tahun.

Jurus Handal Agar Jerawat Tidak Mudah Muncul
1. Hindari makanan berlemak dan berminyak, seperti gorengan, santan-santan, coklat, kopi, serta minuman seperti kopi dan alkohol
2. Jangan tidur larut malam
3. Kurangi frekuensi merokok/jangan merokok
4. Pilihlah kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit Anda
5. Hindari stress karena stress dapat memicu ketidakseimbangan hormon dalam tubuh

Lalu, Bagaimana Caranya Es Batu Bisa Menjadi Solusi Untuk Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya?
Tanpa kita sadari dan kita duga-duga, ternyata es batu cocok untuk mengatasi masalah jerawat. Es batu dapat menyegarkan serta mengurangi rasa gatal dan nyeri pada jerawat.

Jadi es batu tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan dahaga di tengah terik matahari saja, tetapi juga mempunyai banyak manfaat pada masalah kulit yang satu ini, yaitu sebagai berikut :
1. Mengecilkan pori-pori kulit
2. Mengurangi produksi minyak
3. Mengurangi lingkar hitam di sekitar mata
4. Menghambat penuaan pada wajah
5. Membuat make-up lebih awet saat dipakai
6. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari
7. Mencerahkan kulit

Inilah Urutan Langkah untuk Menghilangkan Jerawat dengan Menggunakan Es Batu
1. Sediakan air hangat, lalu bersihkan muka Anda perlahan-lahan dengan menggunakan air hangat.

2. Hindari penggunaan sabun muka dengan scrub karena kandungannya dapat membuat jerawat menjadi lebih lama sembuh, serta bertambah sakit.

3. Ambillah es batu secukupnya yang telah Anda siapkan. Sebaiknya Anda menyiapkan es batu buatan Anda sendiri, yang sebelumnya bisa Anda siapkan dengan cara, merebus air kurang lebih 300 ml, campurkan dengan beberapa potong jeruk nipis, lalu masukkan dalam lemari es hingga beku. Es batu yang Anda buat sendiri lebih terjamin kebersihannya.
Selain dengan jeruk nipis, Anda juga bisa menggunakan potongan daun sirih.

4. Tekan es batu pada muka Anda terutama yang ada jerawatnya, hingga sekitar 4-5 menit, sebelumnya Anda harus cuci tangan terlebih dahulu karena penangan jerawat harus selalu menjaga kebersihan.

5. Tekan-tekan es batu, seolah-olah Anda memijat-mijat wajah Anda mulai dari atas, yaitu mulai dari dahi hingga leher.

6. Biarkan es batu lebih lama menekan jerawat Anda sampai mati rasa

7. Anda juga bisa melapisi es batu terlebih dahulu dengan menggunakan kain yang bersih dan kering, baru Anda tekan-tekan seperti langkah di atas.

8. Setelah selesai, silahkan bilas wajah Anda dengan air bersih.

9. Keringkan muka dengan menggunakan handuk kering dan lembut. Untuk menghindari goresan pada jerawat.

10. Perawatan ini dapat dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari agar kuman di dalam jerawat benar-benar hilang dan tidak akan tumbuh lagi

Selanjutnya, silakan baca Tips Ampuh Menghilangkan Jerawat dengan Cepat dan Alami

Demikian 10 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Es Batu yang cukup mudah untuk Anda lakukan di rumah. Perawatan medis perlu dilakukan, tetapi tidak ada salahnya bila Anda mencobanya dengan berbagai macam cara alami dan ekonomis. Selamat mencoba.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top