Senin, 09 Mei 2016

4 Cara Cepat Menghilangkan Jerawat dengan Madu

Tips Menghilangkan Jerawat dengan Madu- 4 Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Madu- Jerawat adalah musuh besar para remaja. Karena dengan wajah yang berjerawat mereka bisa turun rasa percaya dirinya. Segala macam cara ditempuh untuk menghilangkan jerawat. Mulai dengan menggunakan salep, krim, masker dan lain-lain. Dan terkadang bukannya jerawat sembuh, tapi malah bertambah parah. Jika saat ini Anda mengalami hal demikian, jangan khawatir. Dalam artikel kali ini saya akan membahas, cara menghilangkan jerawat dan bekasnya dengan madu. Penasaran ingin mengetahui seperti apa caranya? Yuk silakan ulasan lengkapnya berikut ini.

Tips Menghilangkan Jerawat dengan Madu

Tapi sebelum membahas itu akan lebih baik jika kamu tahu dulu penyebab dari jerawat tersebut. Agar di kemudian hari kamu tidak melakukan hal yang bisa memicu timbulnya jerawat tersebut.

Penyebab Jerawat
Jerawat adalah gangguan umum yang seringkali dialami oleh manusia. Terutama para remaja. Berbagai literatur kesehatan menjelaskan bila banyak faktor yang menjadi timbulnya jerawat ini. Selain dari pola makan, gaya hidup dan kebersihan lingkungan, faktor lain yang juga merupakan pemicu jerawat adalah faktor hormon. Saat hormon kita meningkat terutama saat kita banyak masalah, sedang depresi atau stres maka dengan mudah jerawat ini menghinggap.

Dan khusus untuk perempuan, atau remaja perempuan, jerawat ini bisa dibilang merupakan keluhan wajib saat sedang mengalami datang bulan. Jika di tilik dari kacamata medis mengenai fenomena ini , penjelasan ilmiahnya adalah,karena saat datang bulan atau menstruasi terjadi perubahan hormon yang cukup besar pada diri seorang wanita. Dan saat perubahan hormon tersebutlah seorang wanita lebih rentan terhadap serangan jerawat.

Beberapa faktor lain yang santer beredar, entah itu benar atau cuma mitos belaka adalah mengenai pendapat bahwa jerawat bisa timbul karena faktor keturunan. Faktor lain berikutnya yang juga tidak kalah besar kontribusinya dalam memunculkan jerawat adalah, penggunaan produk kosmetik yang tidak tepat. Produk kosmetik yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan jenis kulit bisa berdampak buruk buat wajah. Mulai dari rasa gatal, alergi, berwarna kemerah-merahan, hingga munculnya  jerawat parah.

Seperti kita ketahui, produk-produk kosmetik yang beredar luas dipasaran saat ini kebanyakan adalah berbahan kimia.  Bahkan untuk produk tertentu, kandungan kimiannya sudah dalam kategori yang membahayakan. Bukan hanya membahayakan kulit tetapi juga kesehatan tubuh keseluruhan.

Jerawat bisa menyerang mana saja di seluruh bagian luar tubuh kita. Mulai dari pipi, punggung, dada, telinga dan bagian lainnya.  Tapi yang paling sering terjadi, dan paling membuat kita jengkel setengah mati adalah saat jerawat tersebut nongol di area wajah kita.


Cara Menghilangkan Jerawat Dan Bekasnya dengan Madu

Cara menghilangkan jerawat  dengan cara alami memanfaatkan madu, dewasa ini telah banyak diterapkan. Karena dalam madu mengandung salah satu zat yang mempunyai sifat sangat baik serta dapat menormalkan kulit saat terkena jerawat. Dalam madu terkandung senyawa antioksidan yang sudah lama diketahui sangat bermanfaat menjaga kesehatan kulit. Selain senyawa antioksidan, dalam madu juga terdapat senyawa lain yang juga sangat bermanfaat buat kesehatan, khususnya kesehatan kulit. Beberapa senyawa tersebut diantaranya adalah zat probiotik alami  serta zat anti inflamasi .

Dalam memanfaatkan madu, untuk mengatasi jerawat dan bekasnya ini, adalah dengan memakainya sebagai masker. Tapi yang perlu di ingat, sebelum menggunakan madu untuk masker, terlebih dahulu pastikan jika madu yang di pakai itu asli. Sebab jika tidak asli , dan terdapat campuran lain yang kita tidak tahu kandungannya , takutnya malah akan membuat jerawat makin parah.

1. Masker Wajah Menggunakan Madu Murni

Cara penggunaannya:
  • Pertama-tama bersihkan wajah dengan air bersih. Kemudian keringkan dengan handuk halus. Sebelum menggunakan masker alangkah baiknya jika wajah di basuh dulu dengan air hangat. Ini bertujuan agar pori-pori pada wajah terbuka, sehingga akan mudah masker merasuk ke dalam lapisan kulit.
  • Setelah wajah bersih, ambillah satu sendok kecil madu dan taruh di telapak tangan, kemudian segera  usapkan keseluruh permukaan wajah, terutama yang terkena jerawat.
  • Setelah itu tunggu beberapa menit , antara 15-30 menit sudah cukup. Kemudian bersihkan sisa masker dengan air dingin sampai bersih. Jangan terlalu keras dalam mengusap wajah, karena hal ini justru akan memperparah kondisi jerawat.
  • Lakukan masker madu ini 3-4 kali dalam 1 minggu. Setelah pemakaian beberapa minggu pasti kamu akan merasakan perbedaaanya.

2. Masker Wajah Menggunakan Madu dan Kunyit
Jika di atas yang kita bahas hanya menggunakan masker madu saja, maka tips berikutnya adalah masker madu dicampur dengan kunyit. Kunyit atau kunir juga bermanfaat dalam menghilangkan jerawat. Karena zat antioksidan serta anti peradangan yang dimilikinya. Untuk menggunakannya sebagai masker sebaiknya gunakan kunyit yang sudah dalam bentuk serbuk.

Cara penggunaanya:
  • Bersihkan muka dengan air hangat.
  • Campurkan beberapa sendok madu dengan 1 sendok teh bubuk kunyit, campur hinga rata
  • Setelah rata segera oleskan ke seluruh permukaan wajah.
  • Tunggu hingga 15-30 menit atau setelah masker meresap sempurna dan kering
  • Setelah itu segera bersihkan wajah dengan air dingin atau air yang di campus dengan es batu.  Ini bertujuan agar pori-pori wajah menutup kembali.
  • Lakukan masker kunyit madu ini 2-3 kali seminggu. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil sesuai yang diinginkan.

3. Menggunakan Masker Madu dan Buah Strowberry
Seperti kita ketahui strowberry mempunyai kandungan vitamin c serta zat antioksidan yang cukup tinggi. Dengan menambahkan buah strowberry ini bersama madu maka hasilnya akan lebih maksimal dalam menghilangkan jerawat dan juga bekasnya.

Cara penggunaannya:
  • Siapkan buah strowberyy dan madu. Sebaikknya pilih strowberry yang masih segar.
  • Haluskan buah strowberry kemudian campur dengan 1 sendok makan madu murni. Campur hingga rata
  • Setelah itu basuhkan ke seluruh area wajah ( pastikan muka kamu telah kamu bersihkan dengan air hangat )
  • Tunggu hingga beberapa menit, antara 15-20 menit. Atau hingga masker mengering sempurna
  • Setelah itu segera bersihkan wajah dengan air dingin atau air es hingga bersih, lalu keringkan dengan handuk halus.
  • Lakukan masker ini pada pagi atau sore hari setelah mandi. Dan sebaiknya hanya gunakan masker ini  2-3 kali saja seminggu.

4. Masker Madu dan Pisang
Pisang juga telah lama dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit. Dan kandungan senyawa pada buah ini juga mujarab dalam menyembuhkan jerawat serta bekasnya. Maka tentu akan lebih optimal hasilnya jika madu di tambah dengan buah ini untuk menyembuhkan jerawat kamu.

Cara penggunaan:
  • Siapkan madu murni dan buah pisang yang masih segar.
  • Kemudian ambil gelas atau mangkok kecil untuk tempat mencampur kedua bahan tersebut.
  • Terlebih dulu lumatkan pisang hingga halus kemudian masukkan satu sendok madu, lalu campur sampai merata.
  • Bersihkan wajah dengan air hangat dan keringkan, lalu usapkan masker tersebut merata keseluruh bagian wajah, kecuali daerah sekitar mata.
  • Tunggu hingga kering atau setelah beberapa menit. Antara 15 sampai 30 menit sudah cukup.
  • Ambil air es atau air dingin, kemudian basuh muka kamu hingga bersih. Dan keringkan dengan handuk halus.
  • Gunakan  masker ini secara rutin setelah mandi. Cukup pakai seminggu 2 -3 kali saja.
Baca juga:
Demikian tentang Cara Menghilangkan Jerawat dan Bekasnya dengan Madu. Semoga bermanfaat

2 komentar

Madu memang multi khasiat yang terbukti secara medis termasuk untuk jerawat

Ya mas, makanya harganya juga lumayan mahal. Namun jika dilihat dari segi manfaatnya ya ga ada istilah mahal ya mas?

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top