Kamis, 24 November 2016

7 Cara Menyembuhkan Nyeri Haid secara Alami dan Cepat

Bagaimana cara mengatasi nyeri haid secara alami?-Bagi sebagian besar wanita, nyeri haid dianggap menjadi salah satu hal yang sangat mengganggu aktivitasnya. Nyeri haid sendiri dapat terjadi karena adanya kontraksi yang terjadi di dalam dinding rahim ketika sedang mengalami menstruasi atau haid. Karena siklusnya yang terjadi rutin setiap bulan, banyak orang yang mencari cara untuk mengobati atau setidaknya mengurangi rasa nyeri haid tersebut agar dapat beraktifitas kembali tanpa ada gangguan apapun.

7 Cara Menyembuhkan Nyeri Haid secara Alami dan Cepat
Tujuh (7) Cara Menyembuhkan Nyeri Haid secara Alami dan Cepat:

1. Kompres bagian perut yang nyeri menggunakan air hangat
Kompres menggunakan air hangat dapat membuat rileks otot tubuh yang sedang berkontraksi, sehingga peredaran darah pun semakin lancar dan dapat segera mengatasi nyeri haid yang dirasakan. Kompres dapat dilakukan dengan menggunakan handuk yang telah direndam dengan air hangat, atau menggunakan botol dan kantong karet yang sebelumnya diisi dengan air hangat lalu ditempelkan pada bagian perut yang terasa nyeri.

2. Berikan sedikit pijatan untuk mengurangi nyeri haid
Setelah mengompresnya dengan air hangat, lakukanlah sedikit pijatan di bagian perut bagian bawah menggunakan minyak aroma-therapy atau minyak bayi. Harum yang dikeluarkan dari keduanya dapat membantu anda lebih rileks.

3. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang dapat mengurangi rasa nyeri haid
Hindari makanan dan minuman yang mengandung tinggi lemak, soda, gula, kafein dan alkohol karena hal tersebut dapat memperparah nyeri haid yang dirasakan. Mulailah dengan mengkonsumsi minuman hangat seperti air putih hangat dan makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti bayam dan kacang-kacangan. Makanan yang mengandung zat besi tinggi tersebut dapat membantu tubuh yang telah kehilangan banyak sel darah merah ketika haid

4. Menghindari menggunakan celana dan pakaian yang ketat
Pakaian dan celana yang ketat dapat mengganggu kenyamanan ketika digunakan saat sedang nyeri haid, sehingga hal itu dapat mengganggu ruang gerak bagi yang menggunakannya. Hindari hal-hal yang dapat menimbulkan munculnya tekanan atau stressor, karena hal tersebut dapat mengganggu proses rileksasi yang dapat mengurangi nyeri haid.

5. Mengatur posisi tubuh senyaman mungkin
Saat nyeri yang dirasakan tidak tertahankan, mulailah mengatur posisi senyaman mungkin agar dapat membantu mengurangi nyeri tersebut. Posisi yang biasa dilakukan seperti berbaring dengan kaki yang sedikit diangkat dan disangga dengan bantal atau posisi miring dengan kedua lutut ditekuk serta posisi sujud atau menungging.

6. Istirahat yang cukup
Saat nyeri haid sedang melanda, jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Karena dengan istirahat yang berkualitas dapat membantu mengurangi nyeri yang dirasakan, sehingga tubuh bisa lebih bugar kembali.

7. Mandi menggunakan air hangat
Mandi menggunakan air hangat membuat tubuh menjadi lebih rileks dan santai, sehingga hal tersebut dapat mengurangi nyeri haid yang dirasakan.

Demikian cara mengatasi nyeri haid yang mudah dilakukan. Namun ketika nyeri haid yang dirasakan tidak kunjung berkurang, akan lebih baik lagi jika anda mengkonsultasikannya kepada dokter yang lebih ahli. Karena ditakutkan terdapat penyakit yang serius yang sedang menyerang tubuh anda.. Love Yourself.. Semoga bermanfaat..

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top