Sabtu, 23 April 2016

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria dan Wanita?

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria dan Wanita?_Menjaga kebersihan organ reproduksi baik pria maupun wanita merupakan sebuah keharusan. Hal ini dikarenakan, organ reproduksi memiliki kaitan yang begitu erat dengan keturunan nantinya. Cara paling mudah dalam menjaga kesehatan organ reproduksi adalah dengan mengganti celana dalam sebanyak 2 kali dalam sehari. Bagi yang telah dewasa, menjaga organ reproduksi bisa pula dilakukan dengan cara mencukur bulu kemaluan secara rutin. Bulu yang telalu lebat, dapat menyebabkan kelembapan pada area reproduksi meningkat.
Cara Menjaga Kesehatan Organ Reproduksi Pria dan Wanita

Namun Anda juga tidak boleh mencukur habis bulu kemaluan, karena dapat menyebabkan bakteri baik ikut hilang. Selain itu pastikan jika alat pencukur yang digunakan steril atau dalam keadaan bersih.

Berikut ini merupakan tips menjaga kebersihan reproduksi pria dan wanita yang bisa diterapkan dalam kehidupan sehari- hari anda, seperti:

1. Gunakan celana yang bersih dan berbahan katun
Celana  yang bersih dan berbahan katun, membuat organ reproduksi Anda lebih terjaga kesehatannya. Meski kain katun lebih mahal dibandingkan dengan jenis kain nilon, namun penggunaannya mampu membuat sirkuliasi udara pada area reproduksi menjadi lebih lancar.

Untuk wanita, penggunaan kain katun juga dapat menghindarkan Anda dari gangguan keputihan. Sedangkan bagi para pria menggunakan kain berbahan katun membuat Anda terhindar dari berbagai jenis penyakit yang kerap menyerap organ reproduksi.

2. Ganti celana dalam secara rutin
Kaum hawa yang merasa kurang nyaman akibat munculnya masalah keputihan, sebaiknya membiasakan diri dengan secara rutin mengganti celana dalam. Bukan hanya keputihan, namun bagi wanita yang memiliki tingkat reproduksi keringat tinggi pada organ reproduksinya, sebaiknya sering- sering mengganti celana dalam mereka.

Banyaknya keringat yang muncul, dapat memicu tumbuh kembang jamur pada area reproduksi. Keringat yang berlebih pada pria, juga tidak baik bagi kesehatan organ reproduksi.

3. Bersihkan area reproduksi setelah buang air
Membersihkan organ reproduksi, setelah Anda buang air menjadi hal yang wajib dilakukan. Hal ini berlaku bagi pria maupun untuk wanita. Hindari penggunaan tisu karena ada kemungkinan tisu zat pemutih di dalamnya. Dalam membersihkan organ reproduksi, penggunaan handuk dirasa lebih aman.

4. Rutin membersihkan tangan
Membersihkan tangan secara rutin merupakan cara ampuh dalam menghindari banyaknya jenis penyakit. Terutama bagi organ intim, maka tangan yang kotor dan berkuman, akan menimbulkan masalah tersendiri ketika Anda menggunakannya untuk menyentuh organ reproduksi.

Kuman pada tangan, dapat merambat dan menyebabkan infeksi pada organ reproduksi anda. Sehingga harus diwaspadai.

Cara-cara di atas dapat diterapkan untuk menjaga kesehatan organ reproduksi Anda sehari- hari. Selamat mencoba!

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top