Sabtu, 30 April 2016

Cara agar Proses Melahirkan Cepat dan Lancar

Cara agar Proses Persalinan/Melahirkan Cepat dan Lancar_Banyak Ibu hamil yang merasa cemas deg-degan ketika berada dalam masa penantian untuk melahirkan, apalagi ketika masih melahirkan anak pertama. Bayangan bagaimana sakitnya ketika melahirkan melalui cerita yang disampaikan oleh orang-orang yang telah terlebih dahulu mengalaminya, bisa menjadi penyebab stres juga. Ini bukanlah suatu hal yang mengherankan. Pasalnya, dalam proses melahirkan, apalagi melahirkan normal memang akan menyebabkan rasa sakit pada sang ibu. Namun, rasa sakit tersebut akan berbeda, maksudnya adalah ada ibu yang hanya merasakan sakit hanya sebentar dan ada pula yang merasakan sakit sangat luar biasa.
Cara agar Proses Melahirkan Cepat dan Lancar

Hal ini tidak terlepas dari beberapa faktor yang turut mempengaruhinya. Diantaranya adalah pengalaman melahirkan, dukungan dari orang-orang terdekat, teknik melahirkan, berat dan ukuran bayi dan juga dokter atau bidan sebagai penolong ketika melahirkan.

Namun, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar proses melahirkan dapat berjalan dengan lancar dan cepat (selain berdoa tentunya), yaitu dengan melakukan beberapa hal  berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan

Kesehatan calon ibu dan anak sangat penting untuk diperhatikan, terutama menjelang proses melahirkan. Disamping itu, penting pula untuk menjaga asupan gizi sang ibu dan calon bayinya.

2. Lakukan Olahraga Ringan

Melakukan olahraga ringan dapat membantu melancarkan proses melahirkan. Akan tetapi, sebelum melakukan olahraga, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.

3. Lakukan Terapi Pijat

Selain melakukan olahraga, dapat juga melakukan terapi pijat. Akan tetapi, terapi pijat ini tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang karena terapi pijat pada ibu hamil memerlukan teknik khusus supaya tidak mengancam janin.

4. Jalan-Jalan Kecil
Sebelum kontraksi memuncak, ibu masih mempunyai beberapa waktu sebelum melahirkan. Waktu yang sebentar ini dapat dimanfaatkan untuk melakukan jalan-jalan kecil untuk memperlancar proses melahirkan.

Apabila terjadi kontraksi, upayakan untuk sering menarik nafas panjang untuk meredakan nyeri

5. Rileks Menjelang Melahirkan
Melahirkan akan menjadi sangat menyakitkan jika otot si ibu tegang dan kaku. Hal ini dapat terjadi karena ibu merasa tegang jelang melahirkan. Padahal, dalam melahirkan dibutuhkan otot-otot yang luwes. Karena itu, rileks menjelang melahirkan itu perlu selain dapat membantu pikiran ibu agar tetap tenang.

Dalam upaya agar proses melahirkan berjalan dengan cepat dan lancar, kondisi psikologis ibu harus sudah siap. Tentunya, mengetahui teknik melahirkan yang benar juga dapat membantu mengurangi rasa sakit saat melahirkan, dan mengikuti petunjuk dari dokter atau bidan juga membantu dalam mempercepat proses melahirkan.

Demikian beberapa cara yang dapat anda lakukan agar proses melahirkan dapat berjalan dengan cepat dan lancar. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top