Kamis, 28 April 2016

Cara Menghitung Usia Kehamilan jika Haid Tidak Teratur

Cara/Tips Menghitung Usia Kehamilan jika Haid Tidak Teratur_Dalam hal menstruasi, setiap wanita pasti berbeda siklusnya. Ada yang singkat, pun ada juga yang lama. Normalnya siklus menstruasi berkisar sekitar 21 sampai 35 hari, dan berlangsung selama 3 sampai 7 hari. Karena tidak teraturnya siklus tersebut, berdampak pada susahnya perhitungan usia kehamilan. Terlebih untuk ibu-ibu yang baru pertama hamil. Untuk itu di bawah ini kami share beberapa cara mudah menghitung usia kehamilan, bila siklus menstruasi tidak teratur. Silakan disimak.
Cara Menghitung Usia Kehamilan jika Haid Tidak Teratur
Metode HPHT
Jika Anda ketik ‘metode HPHT” dalam penelusuran mesin internet, Anda akan menjumpai kalkulator online yang berbasis metode HPHT ini untuk membantu menghitung usia kehamilan Anda.

Cara ini juga terbilang cara yang paling banyak digunakan guna mengetahui usia kehamilan. Anda hanya perlu megingat dengan baik-baik siklus menstruasi Anda. Karena sesuai dengan namanya, yang akan menjadi patokan adalah hari pertama dan hari terakhir haid.

Langkah-langkah menghitung usia kehamilan, secara manual menggunakan HPHT
1. Tentukan tanggal periksa hari ini
2. Tentukan HPHT terlebih dahulu
3. Buat daftar jumlah minggu, dan kelebihan hari setiap bulannya
4. Daftar jumlah minggu dan hari, di buat mulai dari sisa hari dalam bulan HPHT sampai dengan jumlah minggu dan hari di bulan saat Anda datang melakukan pemeriksaan
5. Setelah daftar selesai dibuat, jumlahkan minggu dan harinya, hasil akhir di konversikan dalam jumlah minggu.

Cara lain dalam menentukan usia kehamilan jika haid tidak teratur
Selain cara diatas, ada cara yang lebih mudah, yang tidak perlu membuat Anda pusing, yaitu dengan melakukan pemeriksaan USG. Hasil pemeriksaan dari dokter, bisa memperkirakan usia kehamilan dari pengukuran lingkar pada bagian- bagian tubuh tertentu, dengan tehnik khusus, sesuai dengan usia kehamilannya.

Sebenarnya memang lebih mudah menghitung usia kehamilan jika haid Anda teratur. Untuk itu di bawah ini, kami ulas juga mengenai beberapa cara agar siklus haid bisa berjalan normal.

Faktor pemicu gangguan siklus haid
  • Penyakit TBC
  • Aktivitas merokok
  • Berat badan
  • Obat yang dilarang dikonsumsi, seperti narkotika
  • Stress
  • Penyakit kencing manis
Cara mengatasi siklus haid tidak teratur:
1. Cuka apel
Minum air hangat yang telah dicampur cuka apel secukupnya. Sebaiknya minum sehari hanya 1 kali saja, diminum rutin setiap hari.

2. Jeruk nipis
Sama seperti cuka apel, Anda cukup mencampurnya dengan air hangat lalu meminumnya.

3. Jus labu
Cuci bersih labu secukupnya, potong kecil-kecil lalu masukkan ke dalam mesin jus. Anda harus mengonsumsi jus labu ini secara teratur juga untuk hasil maksimal.

4. Buah-buahan
Selain mengonsumsi beberapa racikan minuman di atas, Anda juga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi beberapa jenis buah-buahan yang dapat melancarkan siklus haid, yaitu buah anggur dan pepaya.

Demikian ulasan yang bisa saya berikan. Sebisa mungkin, Anda harus menghindari faktor-faktor penyebab haid tidak teratur. Upayakan untuk tidak stres, menjaga kestabilan berat badan, jauhi aktivitas merokok maupun sebagai perokok pasif.

Anda juga perlu memperbanyak mengonsumsi minuman dan makanan yang bisa membantu melancarkan haid Anda. Selain itu, Anda juga harus wajib olahraga secara teratur. Demikian semoga membantu.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top