Selasa, 06 Desember 2016

3 Cara Paling Ampuh Menyembuhkan Masuk Angin pada Anak Balita

3 Cara Paling Ampuh Menyembuhkan Masuk Angin pada Anak Balita-Buah hati merupakan harta yang paling berharga bagi setiap orang tua. Tumbuh kembang anaknya menjadi salah satu hal yang sangat diperhatikan oleh setiap orang tua Salah satu penyakit yang sering tiba-tiba menyerang anak adalah masuk angin. Gejala yang ditimbulkan biasanya anak menjadi rewel, demam, kembung, batuk, pilek, mual serta diare. Namun setiap anak memiliki respon yang berbeda ketika terkena masuk angin tersebut.

3 Cara Menyembuhkan Masuk Angin pada Anak Balita

Berikut adalah tips yang dapat digunakan agar orang tua cepat dan tanggap dalam mengatasi anak yang terkena masuk angin yaitu :

1. Kenali terlebih dahulu penyebab masuk angin yang terjadi pada anak
Masuk angin pada anak biasanya terjadi karena udara dingin, terlalu banyak terkena kipas angin atau AC, terlalu lama bermain air dan terkena air hujan.

Setelah mengetahui penyebab masuk angin, sebaiknya hindarkan terlebih dahulu anak anda dari penyebab masuk angin tersebut seperti memberikan baju hangat kepada anak saat akan keluar rumah atau bermain dan jangan meletakkan kipas angin terlalu dekat dengan anak.

2. Jangan sembarangan mengobati anak, sesuaikan usia dan pengobatan yang akan diberikan kepada anak Anda.
Berbeda usia berbeda juga cara penanganannya. Hal itu harus sangat diperhatikan oleh setiap orang tua ketika akan melakukan penanganan kepada anaknya.

Salah satu ramuan yang biasa dibuat oleh banyak orang ketika mengalami masuk angin adalah dengan mencampurkan parutan bawang merah dengan minyak telon. Lalu ramuan tersebut dioleskan di bagian perut dan punggung anak sambil diberikan pijatan.

Meskipun ramuan tersebut lumrah dan sering digunakan oleh banyak orang, jangan pernah anda langsung mengikutinya tanpa memperhatikan apakah usia anak anda sudah bisa diberikan ramuan tersebut.

Karena saat anak berusia dibawah 6 bulan ramuan tersebut dapat membuat kulit bayi terasa panas karena kulitnya yang masih sangat sensitif. Sebaiknya anda cukup mengoleskan minyak telon saja di bagian perut dan punggungnya. Namun jika anak anda sudah besar, ramuan tersebut boleh saja digunakan karena terbukti efektif menyembuhkan masuk angin pada anak

3. Berikan asupan makanan yang terbaik untuk anak dan istirahat yang cukup
Jangan lupa untuk memberikan asupan makan yang bergizi kepada anak anda agar kesehatannya cepat kembali pulih. Selain itu sangat penting bagi anak anda untuk memiliki waktu istirahat yang cukup agar tubuhnya kembali fit.

Tetaplah menjadi orang tua yang cerdas dan tanggap dalam menghadapi anak meskipun dalam kondisi sakit sekalipun. Banyak-banyaklah mencari informasi agar anda memiliki pengetahuan yang luas dalam merawat anak anda lebih baik lagi.

Demikian tentang 3 Cara Mengatasi Masuk Angin pada Anak Balita. Semoga bermanfaat.

2 komentar

Kalau saya suka mengobati anak saya dengan obat herbal masuk angin mas kecuali kalau panas baru minum paracetamol

Ya sip mas, obat herbal masuk angin memang termasuk pilihan tepat dalam mengobati anak yang masuk angin.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top