Senin, 25 April 2016

Cara Merawat Payudara saat Hamil agar ASI Lancar

Cara Merawat Payudara Saat Hamil Agar Air Susu Ibu (ASI) Lancar_Selama masa kehamilan, banyak ibu yang kurang memperhatikan perawatan payudaranya. Hal ini dapat terjadi entah karena kurangnya pengetahuan akan hal ini atau karena mungkin disebabkan oleh faktor malas. Padahal, perawatan payudara selama kehamilan memiliki manfaat yang sangat besar terutama untuk memperlancar air susu bagi sang bayi kelak. Kelancaran ASI dapat menentukan baik tidaknya perkembangan buah hati anda Saat hamil, ibu akan mengalami perubahan pada payudaranya. Di masa ini, payudara ibu menjadi lebih kencang, penuh dan lebih besar. Perubahan yang mencolok lainnya adalah urat halus yang berada di bawah kulit payudara menjadi lebih terlihat jelas serta puting dan bagian aerola yang tampak lebih gelap.

Cara Merawat Payudara saat Hamil agar ASI Lancar

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam merawat payudara selama kehamilan. Beberapa diantaranya adalah dengan melakukan  langkah- langkah di bawah ini:

1. Gunakan bra yang nyaman
Kenyamanan saat menggunakan bra, ternyata memiliki pengaruh dalam kesehatan payudara Anda di kala kehamilan. Penggunaan bra yang ketat, memicu datangnya infeksi pada bagian kelenjar payudara.

Infeksi bisa membuat produksi ASI menjadi terhambat. Gunakan bra yang longgar sehingga payudara dapat tertopang dengan baik dan tindak menganggu pertumbuhan payudara selama kehamilan.

2. Lakukan pemijatan
Melakukan pemijatan, dapat dilakukan saat ibu hamil tengah mandi. Pemijatan dapat dilakukan dengan cara menyiapkan waskom yang telah diisi dengan air hangat serta waskom dengan air dingin. Siapkan pula handuk, kapas, baby oil dan minyak kelapa yang bersih.

Bersihkan payudara Anda menggunakan air lalu pijat dengan minyak. Pemijatan dapat dilakukan menggunakan kedua tangan anda. Urut sekeliling payudara memutar searah dengan arah jarum jam lalu berbalik arah atau melawan arah jarum jam.

Lakukan pemijatan dari bawah dan diteruskan menuju bagian puting. Bagian puting tidak perlu dipijat mengingat, puting adalah saluran air susu belaka dan tidak memiliki kelenjar. Selesai pemijatan, ketuk- ketuk payudara Anda dengan jari supaya sirkulasi darah bekerja lebih baik.

Setelah pemijatan usai, bersihkan puting dengan kapas dan minyak kelapa. Minyak berguna untuk membuat puting supaya lebih kembab dan lentur. Hal ini baik dilakukan supaya saat menyusui nanti, puting tidak mudah lecet.

Langkah terakhir adalah dengan menggunakan air hangat serta air dingin untuk mebersihkan payudara anda. Setelahnya keringkan dengan handuk.

3. Senam
Senam berguna untuk memperkuat otot pektotalis pada bagian dada. Dengan senam, payudara ibu dapat lebih padat dan rproduksi ASI akan semakin baik.

Demikian cara merawata payudara ibu selama masa kehamilan sehingga produksi ASI menjadi lebih lancar di kala menyusui. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top