Selasa, 07 Juni 2016

Ternyata Ini, Bahaya Minum Es pada Saat Berbuka Puasa!

Bahaya Minum Es pada Saat Berbuka Puasa Ramadhan dan Sunnah_Sehari tidak makan dan minum karena berpuasa, pasti Anda merasakan lapar dan haus. Tampaknya akan nikmat jika menghilangkan haus tersebut dengan sesuatu yang dingin dan menyegarkan, seperti es. Apalagi sekarang es sudah banyak dijual dalam bentuk yang variatif seperti es buah, atau es kemasan yang banyak dijual di supermarket. Membatalkan puasa dengan meminum air es adalah suatu hal yang biasa. Namun, penelitian banyak yang menunjukkan bahwa mengawali berbuka dengan minum air es itu berbahaya dan dapat mengganggu kesehatan, sehingga perlu untuk dihindari.
Ternyata Ini, Bahaya Minum Es pada Saat Berbuka Puasa!
Inilah yang menjadi pembahasan dalam  artikel kali ini, yaitu mengenai bahaya minum air es ketika berbuka berikut waktu yang baik untuk minum air es ketika berbuka dan juga cara untuk menghindari minum air es ketika berbuka.

1. Bahaya Minum Air Es Ketika Berbuka Puasa
Tak hanya menurut ajaran agam islam, tetapi banyak pakar kesehatan yang  juga menganjurkan untuk membatalkan puasa dengan sesuatu yang manis terlebih dahulu dan dalam kondisi  yang hangat. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan energi tubuh dan supaya tubuh menjadi stabil kembali karena kondisi lambung masih kosong.

Tetapi jika lambung yang kosong tersebut langsung ‘diguyur’ dengan air dingin , maka lambung akan mengalami kontraksi karena terkejut dan bisa menyebabkan sakit maag.

Tak hanya itu, air es akan menyebabkan Anda merasa kenyang sehingga dapat membuat Anda merasa enggan untuk makan, padahal waktu berbuka adalah waktu yang tepat untuk mengisi kembali tubuh Anda dengan nutrisi dari makanan setelah seharian penuh tidak makan tetapi tetap menjalankan aktifitas.

Bagi Anda yang memanfaatkan bulan puasa untuk menurunkan berat badan, sebaiknya Anda tidak minum air es juga. Kenapa demikian? Karena dengan minum air es, lemak di dalam darah akan membeku sehingga peredaran darah menjadi tidak lancar. Akibatnya proses pembakaran lemak serta metabolisme akan terganggu

Air es juga bisa menyebabkan usus menyempit sehingga mengganggu proses pencernaan, dan perut bisa buncit karenanya. Tak hanya menciutkan usus, air es juga dapat menciutkan pembuluh darah sehingga menyebabkan perut terasa tidak enak.

2. Waktu yang Baik untuk Minum Air Es Ketika Berbuka Puasa
Setelah mengetahui bahaya minum air es ketika berbuka, Anda mungkin bertanya, adakah waktu yang baik untuk minum es di bulan puasa? Jawabannya adalah ada, yakni setelah kondisi perut stabil.

Batalkan puasa Anda dengan sesuatu yang manis dan hangat terlebih dahulu, atau bisa saja dengan air putih biasa namun yang tidak dingin. Setelah sekitar 5 hingga 10 menit kemudian, barulah Anda diperbolehkan untuk minum air es. Ini adalah sesuatu yang tidak boleh Anda abaikan demi menjaga kesehatan Anda.

3. Cara Menghindari Minum Air Es Ketika Berbuka Puasa
Supaya Anda tidak terlalu tergiur untuk meneguk air es ketika berbuka, ada baiknya Anda meminum banyak air putih sekitar 1 hingga 2 liter sebelum Anda tidur dan ketika Anda bersahur. Tujuannya adalah supaya kebutuhan mineral tubuh Anda tetap terjaga saat berpuasa.

Anda juga bisa menjaga kebutuhan mineral ini dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung serat, yang mampu menjaga Anda supaya tidak mudah haus karena kapasitas daya tampung air lambung Anda terjaga.

Itulah ulasan mengenai bahaya minum air es waktu berbuka serta waktu yang baik untuk minum air es dan cara untuk menghindari minum air es ketika berbuka puasa Ramadhan dan/atau puasa sunnah. Semoga dapat menambah wawasan Anda dan dapat memotivasi Anda untuk tetap menjaga kesehatan, salah satunya adalah dengan menghindari minum air es saat berbuka. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Dulu suka banget tuh mas tapi sekarang karena dah tahu kurang bagus sekarang buka puasanya pakai kurma turs air hangat sholat baru makan

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top