Jumat, 06 Mei 2016

Bolehkah Hamil di Usia Lebih dari 35 Tahun?

Bolehkah Hamil di Usia Lebih dari 35 Tahun?_Jika pernikahan dilakukan di usia muda yaitu 21-25 tahun, wanita bisa dengan mudah untuk hamil. Tapi itu bukan berarti setelah memasuki usia 35 tahun seorang wanita tidak bisa hamil. Selama seorang wanita belum memasuki masa menopause, selalu ada kemungkinan untuk hamil. Akan tetapi, meski bisa hamil walau usia sudah melebihi 35 tahun, ini bukan berarti tidak mengandung resiko. Resiko inilah yang menyebabkan banyak wanita merasa takut dan ragu untuk hamil di usia tersebut.
Bolehkah Hamil di Usia Lebih dari 35 Tahun?
Jadi Bolehkah Perempuan Usia 35 Tahun Ke Atas Hamil?
Masalah boleh dan tidak, mungkin relatif. Untuk itu sebaiknya simak ulasan di bawah ini, agar Anda punya gambaran lebih detail dari banyak sisi, dan bisa menentukan pilihan sesuai keyakinan Anda.

1. Risiko Hamil di Atas 35 Tahun
Ada beberapa resiko yang akan ibu hadapi jika hamil di usia lebih dari 35 tahun seperti adanya kemungkinan untuk terjadi keguguran yang biasanya disebabkan adanya masalah pada kromosom. Selain itu, tidak menutup kemungkinan juga bayi akan lahir dengan kelainan genetika.

Resiko terjadinya diabetes kehamilan atau diabetes gestasional juga tinggi dan dapat menyebabkan terjadinya komplikasi karena adanya penyakit yang ada pada ibu sebelumnya.

Selain itu, karena adanya kemungkinan ibu akan menghadapi kendala ketika melahirkan seperti distres pada janin atau lamanya proses melahirkan, menyebabkan persalinan dilakukan dengan cara caesar.

2. Tips Agar Kehamilan Tetap Sehat di Usia Lebih Dari 35 Tahun
Meskipun hamil di usia lebih dari 35 tahun ini beresiko, namun tetap ada beberapa cara yang bisa dilakukan supaya ibu dan bayi tetap sehat. Cara-cara yang dapat ditempuh tersebut antara lain:
  • Rutin memeriksakan diri untuk memantau kesehatan bayi dan mendeteksi serta melakukan penangan jika terdapat kemungkinan kelainan pada si bayi.
  • Konsumsi vitamin terutama yang mengandung asam folat untuk mencegah potensi cacat pada bayi.
  • Jaga berat badan agar peningkatannya sesuai dengan apayang disarankan oleh dokter. Menjaga berat badan ini dapat dilakukan dengan cara membiasakan pola makan yang sehat dan seimbang serta makanan yang berkalsium tinggi.
  • Olahraga juga bisa membantu untuk menjaga berat badan. Sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu pada dokter mengenai jenis olahraga apa yang boleh dilakukan
  • Jangan melakukan hal yang bisa membahayakan janin seperti merokok atau minum minuman keras.
Hamil di usia lebih dari 35 tahun tetap diperbolehkan karena dengan beberapa cara diatas, tentunya resiko yang akan dihadapi oleh seorang ibu yang hamil ketika usianya sudah lebih dari 35 tahun dapat diminimalisir, disamping dengan menggunakan bantuan peralatan medis yang sudah canggih.

Semoga artikel ini dapat membantu mengurangi kekhawatiran Anda untuk hamil meskipun usia Anda sudah melebihi 35 tahun.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top