Senin, 30 Mei 2016

Cara Berolahraga di Bulan Puasa Ramadhan

Cara Berolahraga saat Berpuasa di Bulan Ramadhan_Selama menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan, hendaknya Anda tidak melewatkan olahraga. Selain membantu menjaga kesehatan tubuh Anda, olahraga di bulan puasa juga merupakan jalan keluar bagi Anda yang menginginkan postur tubuh lebih langsing, karena tubuh akan membakar lebih banyak lemak ketika kondisi perut tengah kosong. Meskipun menahan lapar seharian, dengan berolahraga tubuh Anda tidak akan terasa loyo. Malah sebaliknya, olahraga akan membantu tubuh Anda untuk tetap bugar, karena pada saat berpuasa, ditambah dengan olahraga akan terjadi proses dektoksifikasi, yaitu proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Namun demikian, berolahraga di bulan puasa ini memiliki cara tersendiri jika dibandingkan bulan-bulan lainnya, dan ini termasuk hal yang hendaknya Anda perhatikan demi tubuh Anda sendiri.
Cara Berolahraga di Bulan Puasa Ramadhan
Tips Terbaik Berolahraga di Bulan Puasa Ramadhan

1. Perhatikan Waktu untuk Olahraga
Daya tahan tubuh Anda dan kemampuan tubuh Anda ketika berpuasa tidak sama dengan ketika Anda tidak berpuasa. Anda bisa memilih waktu entah itu di pagi hari,  sore hari ataupun malam hari. Namun, hindari untuk melakukan olahraga saat menjelang tidur, supaya tubuh Anda memiliki kesempatan untuk beristirahat.

Jika Anda memilih olahraga di waktu pagi, Anda tidak diperkenankan untuk melakukan olahraga yang sifat dan intensitasnya berat. Ini dimaksudkan agar Anda tidak terlalu mengalami kelelahan dan dehidrasi sehingga menurunkan konsentrasi Anda di siang hari.

Jika Anda memilih waktu di sore hari, lakukanlah kira-kira 30 menit sebelum berbuka dengan alasan bahwa, jika Anda mengalami dehidrasi karena olahraga yang Anda lakukan tersebut, cairan yang telah hilang dari tubuh Anda akan segera digantikan oleh menu buka puasa Anda.

Tetapi jika Anda memilih waktu di malam hari, lakukanlah olahraga 2 jam setelah Anda berbuka, atau kira-kira setelah sholat tarawih. Namun, waktu yang paling baik untuk olahraga ketika berpuasa adalah saat sore hari menjelang berbuka atau pagi hari setelah sahur, sekalian menghirup udara segar.

2. Pilih Olahraga yang Tepat
Setidaknya ada tiga hal penting yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan olahraga di bulan puasa, yakni beban, volume dan durasi. Karena kondisi tubuh Anda ketika berpuasa akan berbeda dengan ketika Anda tidak berpuasa, sebaiknya Anda melakukan olahraga dengan mengurangi tiga hal tersebut.

Tujuan mengurangi beban, volume dan durasi olahraga adalah supaya tubuh Anda tetap berada dalam kondisi aman untuk melakukan olahraga selama bulan puasa, apapun jenis olahraganya. Tetapi meskipun Anda bisa melakukan olahraga jenis apa saja, yang sangat direkomendasikan adalah olahraga Low Impact Exercise.

Satu hal lagi yang penting adalah jangan terlalu memaksakan diri ketika berolahraga, karena itu akan berdampak buruk pada tubuh Anda sendiri. Sesuaikanlah dengan kondisi tubuh Anda. Jika memang Anda sedang tidak fit, jangan berolahraga atau jika Anda ingin berolahraga, lakukanlah olahraga yang sifatnya ringan saja.

3. Perhatikan Asupan Nutrisi
Anda juga perlu memperhatikan yang satu ini. Anda wajib menjaga serta mengatur asupan nutrisi baik ketika sahur maupun ketika berbuka. Tujuannya adalah supaya metabolisme tubuh Anda tetap terjaga dan juga tetap memungkinkan Anda untuk melakukan olahraga selama berpuasa.

Namun begitu, Anda jangan sampai berlebihan dalam hal asupan makanan. Karena bagaimanapun, perut Anda yang awalnya kosong akan menjadi kaget bila Anda terlalu berlebihan dan memaksakan asupan makanan.

Demikian di atas adalah beberapa cara berolahraga ketika berpuasa di bulan Ramadhan, semoga dapat menjadi masukan bagi Anda untuk melakukan olahraga selama berpuasa.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top