Senin, 30 Mei 2016

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Saat Bulan Puasa Ramadhan

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Saat Bulan Puasa Ramadhan_Ramadhan adalah waktu ibadah yang sekaligus bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan, terutama oleh para wanita. Asumsinya adalah karena seharian perut tidak dimasuki oleh makanan sehingga tidak ada kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sejak terdengar imsak hingga adzan maghrib memang wajib untuk tidak makan dan minum. Namun setelah tiba waktu berbuka, kebanyakan orang melakukan aksi ‘balas dendam’ atas lapar yang dirasakannya selama satu hari. Sehingga banyak juga yang mengeluh karena berat badannya justru bertambah. Sayang sekali jika hal tersebut juga menimpa Anda, karena bulan puasa merupakan waktu yang tepat bagi Anda untuk sekalian melakukan diet. Supaya diet Anda berhasil dan berat badan Anda juga turun dengan cepat, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mencapai berat badan ideal Anda saat bulan puasa.
Cara Cepat Menurunkan Berat Badan Saat Bulan Puasa Ramadhan
Tips Terbaik Menurunkan Berat Badan Saat Menjalankan Puasa di Bulan Suci Ramadhan

1. Makan Sahur dengan Sop
Anda diet saat bulan puasa, namun Anda tetap harus sahur sebagai modal Anda untuk menjalankan aktifitas di siang hari. Ada baiknya jika Anda sahur dengan sup karena kuahnya dapat membantu melancarkan pencernaan Anda dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Perhatikan Menu untuk Berbuka
Nafsu makan akan meningkat jika telah tiba waktu berbuka. Nafsu makan yang tidak terkontrol inilah yang lebih berpotensi membuat tubuh Anda menjadi ‘tambun’, apalagi jika Anda mengawali berbuka dengan makanan yang rasanya manis, kecuali manis itu berasal dari buah.

Mengawali berbuka sebaiknya dengan menggunakan buah-buahan dan air terlebih dahulu, jangan langsung memasukkan makanan yang berat. Upayakan perbanyak makan sayuran dan makanan lain yang banyak mengandung serat.

3. Konsumsi Banyak Air
Tidak dipungkiri, air memegang peranan yang penting dalam proses detoksifikasi (membuang toksin dari dalam tubuh). Konsumsi banyak air supaya pembuangan racun lebih efektif, dan untuk menjaga asupan cairan tubuh Anda. Jangan lupa, hindari minuman yang mengandung kafein jika Anda tidak ingin diet Anda gagal.

4. Batasi Konsumsi Kue dan Karbohidrat
Di bulan puasa ini biasanya ada banyak kue di meja. Anda tetap bisa memakan kue-kue tersebut namun batasilah supaya Anda berhasil menurunkan berat badan Anda. Jangan mudah tergiur hingga Anda merasa mampu untuk menghabiskan semuanya. Cara yang ampuh adalah dengan mengingat tujuan Anda melakukan diet.

Jangan lupa juga untuk membatasi karbohidrat. Karbohidrat tidak membuat perut kenyang lebih lama seperti anggapan kebanyakan orang. Salah-salah jika Anda juga beranggapan seperti itu, berat badan Anda malah akan naik.

5. Olahraga
Ini adalah salah satu hal yang tidak boleh Anda abaikan jika Anda ingin mengurangi angka berat badan Anda. Puasa memang menahan lapar seharian, tetapi hendaknya itu jangan Anda jadikan alasan untuk tidak melakukan olahraga. Anda bisa memilih olahraga ringan seperti jogging, jalan-jalan atau bersepeda.

Mengenai waktu, Anda bisa memilih di pagi hari atau di sore hari, tergantung kehendak Anda, dan hendaknya olahraga yang Anda lakukan tetap menyesuaikan dengan kondisi tubuh Anda.

Namun jika Anda benar-benar ingin menurunkan berat badan dengan cepat, sebaiknya Anda juga tidak mencoret olahraga dari daftar aktifitas harian Anda.

Cukuplah dengan mengurangi durasi olahraga Anda. Ini bertujuan supaya Anda terhindar dari kelelahan dan supaya Anda tetap berada pada kondisi tubuh yang aman, baik untuk puasa ataupun olahraga. Baca juga Cara Berolahraga yang Benar saat Berpuasa di Bulan Suci Ramadhan.

Nah, itulah 5 cara yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan berat badan Anda dengan cepat saat bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top