Selasa, 10 Mei 2016

Cara KB Alami tanpa Menggunakan Alat Kontrasepsi agar Tidak Hamil

Cara KB Alami tanpa Menggunakan Alat Kontrasepsi agar Tidak Hamil_Umumnya, orang mencegah kehamilan dengan menggunakan alat kontrasepsi. Namun, sebenarnya kehamilan dapat pula dicegah tanpa menggunakan alat yang disebut dengan KB alami. KB alami dapat dijadikan sebagai alternatif bagi mereka yang takut dengan efek samping alat kontrasepsi, atau yang tidak mau tubuhnya dimasuki benda asing.
Cara KB Alami tanpa Menggunakan Alat Kontrasepsi agar Tidak Hamil

Nah, berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kehamilan melalui metode KB alami:

1. Memperhatikan Masa Ovulasi Istri
Memang tidak menutup kemungkinan istri akan hamil meskipun hubungan badan dilakukan diluar masa ovulasi. Namun, dalam upaya untuk mencegah kehamilan, sebaiknya menghindari berhubungan badan saat istri mengalami masa ovulasi, karena pada saat itu sangat berpotensi untuk hamil

Untuk mengetahui masa ovulasi istri, dapat dilakukan dengan tiga cara. Cara yang pertama yakni dengan penghitungan kalender. Cara ini hanya efektif jika istri memiliki siklus menstruasi yang teratur, karena cara ini dilakukan dengan melihat periode menstruasi sang istri.

Jika siklus menstruasi adalah 28 hari,  kemungkinan istri ovulasi adalah hari ke empat belas, dimana hari ke satu merupakan hari pertama menstruasi dan hari ke dua puluh delapan adalah hari terakhir sebelum masa menstruasi selanjutnya.

Cara yang kedua adalah mengukur suhu tubuh. Suhu tubuh yang dimaksud adalah suhu basal yakni suhu yang diukur ketika bangun tidur dan belum beranjak dari tempat tidur. Metode ini hendaknya dilakukan selama beberapa hari agar hasilnya lebih akurat.

Pada saat ovulasi, suhu basal tubuh agak meningkat yakni kurang dari 10 Celsius dan setelah ovulasi, suhu akan menurun. Jika hasil pengukuran menunjukkan bahwa suhu basal tubuh tengah meningkat selama tiga hari atau lebih, dapat diasumsikan bahwa tubuh tengah mengalami ovulasi.

Cara yang ketiga adalah metode lendir serviks yaitu dengan mengamati lendir serviks. Tanda dari masa subur adalah lendirnya licin, jernih dan encer. Jika sifat dari lendir adalah sebaliknya, maka itu adalah tanda bahwa istri sedang berada dalam masa tidak subur.

2. Memberi ASI secara Eksklusif pada Bayi
Cara ini akan bekerja pada kondisi dimana bayi menghisap payudara ibu. Selain bermanfaat untuk bayi, memberikan asi juga membantu dalam menghambat ovulasi.

3. Tidak Mengeluarkan Sperma di dalam Vagina ketika Berhubungan
Jika menggunakan cara ini, ketika melakukan hubungan badan, pria hendaknya mencabut kemaluannya sebelum berejakulasi. Tujuannya adalah mencegah agar sperma yang bisa membuahi sel telur tidak masuk.

Nah, demikianlah tiga cara yang dapat anda tempuh jika ingin menunda kehamilan. Cara-cara alami ini tidak 100% berhasil, namun cara tersebut patut untuk dicoba. Semoga bermanfaat

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top