Kamis, 02 Juni 2016

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir dan Perawatan Tali Pusat

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir dan Perawatan Tali Pusat_Memiliki bayi adalah impian dari setiap pasangan suami istri. Sebagai individu yang masih belum bisa melakukan apa-apa, bayi membutuhkan bantuan orang lain terutama dari orang tua untuk memenuhi kebutuhannya, termasuk mandi dan merawat tali pusar.
Cara Memandikan Bayi Baru Lahir dan Perawatan Tali Pusat

1. Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir
Dalam memandikan bayi yang baru lahir tidak bisa dilakukan secara sembarangan, karena tulang si bayi masih lunak. Sebagai ibu, seorang wanita tentunya harus benar-benar paham mengenai cara-cara memandikan bayi supaya tidak membahayakan si bayi.

Namun, jika Anda belum mengerti tentang memandikan bayi, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut yang merupakan tata cara dalam memandikan bayi:
  • Siapkan semua hal yang dibutuhkan untuk memandikan bayi, seperti sabun khusus bayi, shampoo khusus bayi, handuk, popok yang bersih dan pakaian ganti untuk bayi yang masih bersih dan letakkan di tempat-tempat yang mudah untuk dijangkau
  • Gunakan air hangat untuk memandikan bayi. Jangan memandikan bayi dengan air dingin karena tidak baik untuk bayi dan bisa membuat kulit bayi menjadi kering
  • Buka baju bayi dan letakkan bayi dalam posisi yang aman supaya bayi tidak cedera 
  • Bersihkan wajah bayi dengan menggunakan kain lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat.
  • Basuh bagian-bagian tubuh bayi, jangan lupa untuk memperhatikan daerah lipatan pada bayi
  • Sabuni badan bayi dengan sabun khusus untuk bayi
  • Keramasi rambut bayi dengan shampoo khusus untuk bayi
  • Bilas bayi lalu keringkan dengan handuk
Disamping tata cara memandikan bayi, waktu untuk memandikan bayi juga harus diperhatikan demi menjaga kesehatan bayi. Waktu yang baik untuk memandikan bayi adalah ketika Anda tidak terburu-buru untuk melakukan sesuatu dan tidak pula ketika bayi baru selesai menyusu atau makan.

2. Cara Merawat Tali Pusar
Tali pusat ini dipotong oleh dokter ketika bayi baru lahir dan menyisakan tunggul kira-kira panjangnya 1 inchi, dan nantinya akan terlepas sendiri dalam beberapa waktu. Tali pusat yang tidak dirawat dengan baik bisa menyebabkan terjadinya infeksi, sehingga sangat penting untuk mengetahu cara-cara dalam merawat tali pusat.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk merawat tali pusat bayi anda:
  • Bersihkan tali pusat secara teratur dan ganti kain kasanya dengan rutin
  • Jangan beri salep atau obat pada tali pusat kecuali atas izin dokter
  • Jaga supaya tunggul tali pusat tetap kering dan bersih
  • Biarkan supaya tunggul tali pusat lepas dengan sendirinya.
Nah, itulah beberapa cara tentang memandikan bayi serta merawat tali pusat bayi. Semoga dapat menambah wawasan Anda untuk merawat bayi dalam hal memandikan dan perawatan tali pusat. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top