Selasa, 31 Mei 2016

Cara Memotong Kuku yang Benar Agar tidak Cantengan

Cara Memotong Kuku yang Benar Agar tidak Cantengan_Apa itu cantengan?, cantengan (paronychia) merupakan suatu kondisi dimana kuku tumbuh menjorok ke dalam dan menyebabkan kulit di sekitar kuku terluka yang mengakibatkan peradangan yang disertai dengan bengkak dan rasa nyeri. Selain bengkak dan nyeri, cantengan juga ditandai dengan gejala lainnya yaitu warna kemerahan di sudut ujung jadi dan adanya penumpukan ederma (cairan) dan jika cantengan ini sudah parah dapat menyebabkan keluarnya nanah dengan bau yang tidak enak. Cantengan ini akan menyebabkan rasa sakit yang menjadi-jadi ketika tertekan atau tersentuh oleh sesuatu. Biasanya cantengan juga akan terjadi di daerah jempol kaki, namun demikian, jari-jari yang lainnya juga memiliki potensi untuk terkena cantengan.
Cara Memotong Kuku yang Benar Agar tidak Cantengan
Penyebab Kuku Cantengan Dan Cara Mengatasinya

A. Penyebab Kuku Mengalami Cantengan

Meskipun terlihat sepele, cantengan ini juga dapat bersifat akut, bahkan jika tidak segera ditangani akan menjadi kronis. Cara termudah supaya tidak terkena cantengan adalah dengan mengenali berbagai hal yang dapat menyebabkan kuku Anda terkena cantengan.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan cantengan adalah sebagi berikut:

1. Kebiasaan buruk seperti memasang kuku palsu, menggigit kuku, menicure atau menghisap jari

2. Terkadang cantengan juga bisa menjadi perwujudan dari penyakit lainnya, misalnya saja pemhigus vulgaris, meskipun hal ini merupakan kasus yang sangat jarang terjadi.

3. Cantengan juga bisa disebabkan oleh jamur yang mudah tumbuh di kaki dengan kondisi lembab. Selain dapat menimbulkan bau yang tidak sedap, jamur yang tumbuh diantara jari-jari kaki dapat masuk ke dalam lipatan kuku, dan hal inilah yang menyebabkan cantengan.

4. Adanya kelainan pada pertumbuhan kuku. Meskipun hal ini tidak selalu menjadi penyebab utama cantengan, tetapi adanya kelainan pada pertumbuhan kuku juga memungkinkan untuk terjadinya cantengan.

5. Tidak merawat kuku dengan baik juga bisa menjadi penyebab adanya cantengan pada kuku. Kuku yang tidak dirawat ini memungkinkan kotoran yang menempel pada kuku untuk menimbulkan infeksi.

6. Tidak memperhatikan cara yang baik untuk memotong kuku sehingga dapat menyebabkan kecelakaan pada kuku, entah itu terlalu pendek atau dapat menimbulkan luka pada kulit.

7. Terlalu sering memakai kaos kaki dan sepatu yang sempit

B. Cara Memotong Kuku Supaya tidak Cantengan

Diantara berbagai penyebab cantengan di atas, salah satu penyebab yang menjadi sorotan adalah tidak memperhatikan cara yang baik untuk memotong kuku. Padahal dengan menggunakan cara yang benar saat memotong kuku setidaknya dapat mengurangi potensi untuk terkena cantengan.

Mungkin masih ada beberapa yang belum mengetahui mengenai cara memotong kuku yang baik. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara memotong kuku tersebut supaya tidak cantengan, yaitu:

1. Pilihlah pemotong kuku yang tajam dan hendaknya ukuran alat pemotong kuku disesuaikan dengan ukuran kuku Anda, dan pastikan juga kondisi pemotong kuku dalam keadaan bersih.

2. Sebagai langkah antisipasi untuk menghindari terjadinya infeksi, Anda bisa menggunakan desinfektan pada kuku Anda sebelum Anda memulai memotong kuku. Pun begitu, Anda dapat menggunakannya kembali setelah selesai memotong kuku.

3. Pastikan kuku Anda dalam kondisi kering sebelum memotongnya karena kuku yang basah dapat meningkatkan resiko robeknya kuku.

4. Jika selama ini Anda memotong kuku dengan cara melengkung, sebenarnya yang baik adalah dengan memotong kuku secara lurus. Memang terdengar aneh, tetapi sebenarnya cara ini bertujuan untuk menghindari resiko tumbuhnya kuku ke dalam daging.

5. Jangan memotong kuku hingga terlalu pendek karena dapat menyebabkan area di sekitar kuku menjadi rentan terhadap infeksi, selain dapat menimbulkan rasa sakit tentunya.

6. Jika kebetulan kuku Anda dalam kondisi yang terlalu panjang, potonglah dengan cara bertahap dan sedikit demi sedikit.

7. Setelah Anda selesai memotongnya, kikir kuku Anda hingga halus.

Itulah beberapa penyebab cantengan serta cara memotong kuku yang benar supa tidak menimbulkan cantengan. Semoga dapat menambah wawasan Anda.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top