Kamis, 09 Juni 2016

Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Maag saat Berpuasa Ramadhan

Cara Ampuh Mencegah dan Mengatasi Penyakit Maag saat Berpuasa Ramadhan_Salah satu ibadah wajib yang tidak boleh ditinggalkan bagi kaum muslim adalah puasa di bulan Ramadhan. Puasa Ramadhan ini hanya boleh ditinggalkan bagi mereka yang berhalangan untuk menjalankannya, seperti wanita yang sedang haid, orang tua yang sudah tidak mampu lagi untuk berpuasa dan orang yang sedang sakit. Salah satu sakit yang selalu mengancam ketika kita tengah berpuasa adalah sakit maag. Sejatinya, orang yang memiliki sakit maag dianjurkan untuk makan dengan teratur dan tepat waktu. Lalu bagaimana dengan puasa yang bahkan tidak diperbolehkan untuk makan dan minum seharian?.
Cara Mencegah dan Mengatasi Penyakit Maag saat Berpuasa Ramadhan
Pada dasarnya, jika kita memiliki sakit maag sekalipun, tidak akan menghalangi kita untuk tetap berpuasa, yakni dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu kambuhnya sakit maag tersebut. Ada beberapa cara untuk mencegah sekaligus mengatasi sakit maag saat berpuasa. Diantaranya adalah:

A. Cara Mudah Mencegah Sakit Maag Saat Berpuasa
Bagi Anda yang memiliki penyakit maag, tidak perlu khawatir sakit Anda tersebut akan kambuh saat berpuasa, karena di bawah ini ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah sakit tersebut datang, yakni sebagai berikut:

1. Bersahurlah sekalipun Anda merasa enggan. Karena ada banyak manfaat dari bersahur salah satunya adalah dapat menurunkan tingkat keasaman cairan isi lambung, dan yang sangat dianjurkan adalah hendaknya Anda mengakhiri makan sahur Anda.

2. Bagi Anda yang memiliki kebiasaan tidur setelah sahur, hendaknya Anda tidak melakukan hal ini lagi karena akan menyebabkan gerak saluran cerna akan meningkat, sehingga lambung akan lebih cepat kosong dan asam lambung akan lebih banyak keluar.

3. Tetap lakukan aktivitas meskipun berpuasa, karena dengan Anda beraktivitas, hormon katek olamin akan terangsang untuk keluar. Hormon katek olamin ini memiliki banyak fungsi salah satunya adalah dapat membantu mengurangi keluarnya asam lambung dan enzim pencernaan.

4. Sebisa mungkin Anda tidak melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan stress, karena stress dapat menyebabkan sekresi asam lambung menjadi berlebihan sehingga dapat dengan cepat merusak dinding lambung. Tak hanya itu, stress juga dapat menipiskan lapisan lender yang melindungi dinding lambung.

5. Segerakan berbuka akan tetapi jangan berlebihan apalagi hingga kekenyangan. Awali berbuka dengan sesuatu yang manis terlebih dahulu, jangan langsung memakan makanan yang sifatnya berat seperti nasi supaya kondisi lambung yang sebelumnya kosong menjadi stabil dulu.

6. Perhatikan menu untuk berbuka Anda. Hindari makanan yang sifatnya asam dan pedas. Hindari pula minuman yang berkafein seperti kopi, tetapi konsumsilah air putih yang cukup.

Beberapa cara mencegah sakit maag yang disebutkan di atas tidak hanya dikhususkan untuk penderita maag, tapi juga berlaku bagi Anda yang tidak menginginkan sakit maag menyerang Anda yang dapat mengganggu ibadah puasa Anda.


B. Cara Ampuh Mengatasi Sakit Maag Saat Berpuasa
Sebenarnya, upaya yang paling bagus dalam mengatasi sakit maag adalah kesadaran dari penderita untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat memicu terjadinya sakit maag. Tetapi jika Anda khawatir akan terkena maag tiba-tiba, Anda bisa menyiapkan obat maag untuk antisipasi.

Obat maag ini dapat Anda minum saat berbuka puasa dan saat sahur, atau bahkan bisa juga diminum sebelum tidur, disesuaikan dengan kebutuhan. Tetapi ada baiknya juga Anda melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Itulah cara mencegah sakit maag saat berpuasa di bulan Ramadhan beserta cara mengatasinya. Semoga dapat membantu Anda sehingga ibadah Anda tidak mengalami hambatan. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Tidur habis makan sahur nggak bagus ya buat lambung tapi ngantuk gimana mas

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top