Rabu, 18 Mei 2016

Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tidak Minus

Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tidak Minus_Mata adalah indra penglihatan manusia yang penting. Dengan mata, kita bisa melihat segalanya dan melakukan banyak aktivitas. Karena hampir semua aktivitas manusia melibatan indra penghlihatan ini, hendaknya mata tetap dijaga kesehatannya sehingga penglihatan kita juga tidak terganggu. Gangguan mata apa yang menyebabkan daya penglihatan terganggu? Ya, salah satunya adalah mata minus. Mata minus atau biasa disebut dengan rabun jauh atau juga miopiamerupakan gangguan mata yang mengakibatkan penderitanya tidak dapat melihat objek jarak jauh dengan normal. Gangguan mata minus yang diderita seseorang ini disebabkan oleh stres pada mata yang berlebihan dalam jangka waktu panjang dan bisa juga karena faktor keturunan.
Cara Menjaga Kesehatan Mata agar Tidak Minus
Stres pada mata terjadi karena otot-otot mata kurang elastis. Efek ini bisa dihasilkan dari kegiatan membaca dan menatap layar LCD komputer/laptop, gadget, atau televisi yang jaraknya terlalu dekat.

Lain halnya dengan stres  mata, penyebab gangguan mata minus karena faktor keturunan ini disebabkan oleh anggota keluarga terdahulu memiliki gangguan mata ini sehingga menurun ke generasi selanjutnya dalam keluarga tersebut. Hal ini lebih sulit karena akan terjadi secara turun-temurun.

Bagaimana jika mata memiliki gangguan? Sebelum hal itu terjadi, sebaiknya Anda menjaga kesehatan mata Anda dengan melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Jangan membaca di tempat yang sinarnya redup atau remang-remang. 
Sebaiknya Anda membaca dengan keadaan pencahayaaan yang terang agar nyaman ketika membaca.

2. Sebaiknya Anda menghindari membaca sambil tidur. 
Kegiatan ini memang asyik dilakukan, tapi kegiatan seperti ini membuat jarak pandang mata berubah-ubah sehingga membuat mata cepat tidak fokus dan lelah.

3. Hindari menatap layar komputer/laptop terlalu lama. 
Sebaiknya Anda mengistirahatkan mata Anda dengan cara mengalihkan pandangannya dari komputer setiap setelah 2 jam untuk melihat pemandangan lain yang jauh dari Anda selama beberapa menit. Anda juga bisa mengistirahatkan mata Anda dengan cara memejamkan mata Anda.

4. Jangan terlalu dekat ketika menatap layar komputer, menonton televisi, atau membaca buku. 
Sebaiknya Anda mengatur jarak pandang Anda dengan jarak yang cukup.

5. Anda sebaiknya melengkapi komputer/laptop Anda dengan pelindung layar. 

Anda juga bisa menggunakan kacamata anti radiasi ketika menatap layar komputer. Hal ini diperlukan untuk mengurangi sinar radiasi yang berasal dari komputer Anda.

6. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan bergizi dan bervitamin seperti sayur-mayur dan buah-buahan untuk menjaga kesehatan mata Anda.

Demikian tentang Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mata supaya Tidak Minus. Semoga bermanfaat.

2 komentar

Peringatan buat yang sering didepan komputer jangan keasyikan

Iya mas, kita harus jaga jarak,,he he

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top