Selasa, 06 September 2016

Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan Manusia dan Penjelasannya

Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan Manusia dan Penjelasannya_Menjaga Kesehatan Alat Pernapasan_Bernapas adalah aktivitas menghirup udara (oksigen) dan mengeluarkan gas sisa (karbondioksida) dan uap air. Bernapas ini merupakan aktivitas utama yang paling penting yang dilakukan setiap makhluk hidup yang masih hidup. Manusia, dalam sehari menarik napas sekitar 23.000 kali dalam sehari. Untuk bernapas, manusia menggunakan alat pernapasan, yaitu hidung, batang tenggorokan, bronkus, atau pipa udara dalam dada, dan paru-paru. Organ-organ tubuh tersebut bekerja sama menjalankan pernapasan atau biasa disebut dengan sistem pernapasan.
Cara Menjaga Kesehatan Organ Pernapasan Manusia dan Penjelasannya
Tahukah Anda bila Sistem pernapasan rentan terkena penyakit?

Hal ini biasanya dikarenakan penyakit atau virus yang bercampur dengan udara dapat keluar – masuk dengan bebas ke dalam tubuh melalui udara yang kita hirup. Penyakit-penyakit yang menyerang sistem pernapasan antara lain adalah TBC, Asma, Brochitis, Batuk, Sinusitis, Sesak napas, dan Pneummonia.

Lantas, bagaimana cara kita menjaga agar organ-organ penting dalam sistem pernapasan tidak rentan terkena penyakit? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita usahakan—baikdimulai dari diri sendiri (tubuh) maupun dari lingkungan luar untuk menjaga organ-organ penting dalam sistem pernapasan.

Dimulai dari diri Anda sendiri, Anda bisa melakukan hal-hal di bawah ini untuk menjaga kesehatan organ-organ penting dalam sistem pernapasan Anda.

1. Makan Makanan Sehat
Makanan yang sehat seperti sayur-mayur dan buah-buahan merupakan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Konsumsi sayur-mayur dan buah-buahan dapat mencegah masuknya radikal bebas yang memicu timbulnya radang paru-paru.

2. Olahraga
Olahraga dapat membantu proses pernapasan menjadilebih lancar karena ketika berolahraga, sebenarnya kita melakukan latihan pernapasan yang benar. Olahraga yang baik untuk menajag kesehatan pernapasan misalnya adalah senam, renang, jogging, bersepeda, dan lain-lain.

3. Tidur Cukup
Tidur yang cukup, antara tujuh sampai delapan jam sangat penting bagi tubuh. Hal ini dikarenakan saat tidur, tubuh memulihkan kerja semua organ tubuh. Selain itu, sebaiknya Anda menjauhi aktivitas begadang karena ketika malam tumbuhan juga membutuhkan banyak oksigen. Jadi ada seperti perebutan oksigen antara Anda dan tumbuhan.

Sementara itu, berkaitan dengan lingkungan luar, untuk menjaga organ penting pernapasan, Anda bisa melakukan hal-hal berikut ini.

4. Gunakan Masker
Masker dapat membantu Anda dalam hal pencegahan udara kotor yang masuk ke paru-paru karena masker berfungsi sebagai penyaring udara dari luar. Jika Anda sedang bepergian dengan kendaraan umum, motor, atau jika Anda seorang pekerja lapangan, sebaiknya Anda menggunakan masker untuk menghindari debu-debu kotor dan juga asap kendaraan.

5. Hindari R*k*k
R*k*k merupakan salah satu sumber utama pemicu timbulnya berbagai macam penyakit paru-paru. Ada banyak racun/toksin yang dihasilkan oleh r*k*k. Jika Anda merupakan per*k*k aktif, berusahalah untuk berhenti, dan jika Anda bukan per*k*k, sebaiknya Anda menghindari asap r*k*k karena r*k*k juga berbahaya untuk Anda (per*k*k pasif).

6. Jagalah Kesehatan dan Kebersihan Lingkungan

Menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sekitar sangatlah penting. Ciptakanlah lingkungan yang bersih, sehat, dan bebas polusi udara agar kualitas udara yang ada di sekitar Anda aman untuk kesehatan organ pernapasan Anda.

7. Lakukan Pemeriksaan Medis
Ada baiknya jika Anda melakukan pemeriksaan medis terhadap kesehatan organ pernapasan Anda. Hal ini penting dilakukan sebagai usaha pencegahan karena deteksi dini terhadap kesehatan organ pernapasan dapat mengurangi risiko penyakit yang menyerang organ pernapasan Anda.

Pola hidup yang sehat dan teratur secara tidak langsung dapat membantu menjaga kesehatan organ penting dalam sistem pernapasan. Untuk itu, sebaiknya Anda siap untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat lagi

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top