Sabtu, 21 Mei 2016

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tetap Sehat dan Bugar

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tetap Sehat dan Bugar_Inilah Tips Menjaga Tubuh yang Sehat dan Bugar Setiap Hari!_Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang sangat penting. Jika kita tidak menjaga kesehatan kita, tubuh kita akan mudah terserang penyakit.Ada banyak kerugian yang kita dapatkan jika tubuh kita terserang penyakit. Pertama, sudah pasti sakit itu rasanya tidak nyaman. Karena ketika sakit tubuh menjadi lemas dan tidak bertenaga. Kedua, ketika sakit, kita tidak bisa menjalankan aktivitas sebagaimana mestinya. Akibatnya ada banyak hal/pekerjaan yang menumpuk karena kita menunda pekerjaan itu selama sakit. Ketiga, sakit memakan banyak biaya. Ketika sakit, kita akan menggunakan uang sedikit lebih banyak dari biasanya untuk pergi ke dokter, membeli obat, dan membiayai semua perawatan sampai kita kembali sehat. Jika kita melihat ada banyak kerugian yang timbul karena sakit, sepertinya kita harus setuju dengan pernyataan bahwa “sehat itu mahal”, bukan?.
Cara Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tetap Sehat dan Bugar
Untuk menghindarkan diri atau tubuh kita dari penyakit, sebaiknya, kita harus menerapkan hidup sehat setiap hari. Seperti apa hidup sehat itu? Hidup sehat bisa kita dapatkan dengan mengatur pola hidup dengan baik, misalnya dengan menyeimbangkanantara aktivitas fisik dan waktu istirahat.

Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

1. Usahakanlah untuk berolahraga setiap hari!. 
Tujuannya adalah agar tubuh tetap sehat dan bugar. Anda bisa melakukan jogging setiap pagi atau sore. Jika Anda adalah orang yang sibuk, paling tidak lakukan workout selama tujuh menit di setiap harinya.

2. Jangan lupakan makan dan makanlah tepat pada waktunya. 
Makanan merupakan bahan bakar bagi manusia untuk beraktivitas. Jika Anda tidak makan, Anda bisa lemas dan tidak memiliki tenaga. Selain itu, menunda makan (tidak tepat waktu) dapat memicu penyakit maag.

3. Ketika makan, makanlah dengan porsi yang normal/wajar. 
Jika Anda mengkonsumsi makanan melebihi batas wajar Anda, dikhawatirkan Anda akan mengalami kegemukan dan berisiko obesitas.

4. Pilih dan perbanyaklah menu makanan yang sehat seperti kacang-kacangan, buah-buahan dansayur-mayur. 
Kacang-kacangan, buah-buahan, dan sayur-mayur memiliki banyak serat dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

5. Anda sangat perlu menghindari makanan dan minuman yang tidak baik seperti fast food (makanan cepat saji), junk food(makanan sampah), minuman bersoda, dan minuman yang mengandung alkohol.

6. Perbanyaklah minum air putih, atau setidaknya delapan gelas setiap hari. 
Hal ini harus Anda lakukan agar tubuh Anda tidak mengalami dehidrasi.

7. Sebaiknya, Anda tidak mer0k*k. 
Mer*k0k tidak hanya merugikan kesehatan Anda, tetapi juga mengganggu kesehatan orang lain di sekitar Anda.

8. Istirahatlah dengan cukup. 
Setelah beraktivitas seharian, tubuh Anda memerlukan waktu untuk istirahat. Istirahat yang paling baik adalah tidur. Sebaiknya, Anda tidur tidak lebih dari delapan jam setiap hari. Nah, Jika Anda memiliki waktu yang sedikit luang, usahakan untuk tidur siang meskipun dalam waktu yang singkat.

9. Terakhir, Anda sangat disarankan untuk berpikir positif dan tersenyum setiap hari. 
Berpikir positif (positivethinking) dapat memberikan keyakinan kepada Anda dan tubuh Anda untukselalu bersemangat dan siap dalam menyelesaikan semua tanggung jawab harian. Sementara itu, tersenyum adalah hal yang paling mudah Anda lakukan untuk menunjang kebugaran tubuh Anda karena tersenyum juga dapat menyalurkan energi positif bagi diri Anda sendiri dan orang-orang di sekitar Anda.

Itulah beberapa tips untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh Anda. Tidak sulit, bukan? semoga beberapa tips di atas memberikan manfaat bagi Anda yang ingin mengubah pola hidup menjadi lebih baik. Jadi, mulailah hidup sehat sekarang!

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top