Sabtu, 21 Mei 2016

Cara Menjaga Lingkungan agar Tetap Bersih, Sehat, dan Berkualitas

Cara Menjaga Lingkungan agar Tetap Bersih, Sehat, dan Berkualitas_Berada di lingkungan yang sehat dan bersih adalah keinginan semua orang karena lingkungan yang sehat dan bersih juga termasuk penyumbang kesehatan tubuh kita. Bagaimana bisa? Ya, lingkungan yang tidak bersih dan sehat (lingkungan tercemar) mudah menyebarkan bibit penyakit sehingga hal itu akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Lantas, bagaimana agar kita bisa memiliki lingkungan yang bersih dan sehat? Untuk kebutuhan itu, Anda bisa memulainya dari diri Anda sendiri dan lingkungan sekitar Anda, misalnya rumah Anda. Hal itu semua sangat bergantung pada kepribadian dan kebiasaan Anda sendiri. Berikut ini adalah tips beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan untuk menjaga agar lingkungan Anda tetap bersih dan sehat.
Cara Menjaga Lingkungan agar Tetap Bersih, Sehat, dan Berkualitas
Cara Menjaga Lingkungan agar Tetap Bersih, Sehat, dan Berkualitas

1. Sediakan Tempat Sampah
Sampah selalu dihasilkan dari aktivitas manusia sehari-hari. Karena itu, sampah selalu ada di setiap harinya. Untuk menjaga agar lingkungan tetap bersih, sebaiknya Anda menyediakan tempat sampah baik di dalam maupun di luar rumah. Anda bisa menempatkan tempat sampah di beberapa bagian ruangan misalnya kamar mandi, dapur, dan juga kamar atau ruang keluarga. Jika tidak ada tempat sampah, bukan tidak mungkin rumah Anda penuh dengan sampah yang berserakan.

2. Buang Sampah pada Tempatnya
Setelah Anda menyediakan tempat sampah, jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya dan jangan membuangnya di sembarang tempat. Kesadaran ini harus benar-benar Anda terapkan tidak hanya di lingkungan rumah Anda, tetapi juga di tempat umum. Sampah yang berserakan tidak sedap dipandang mata. Selain itu, bau sampah bisa muncul di mana-mana dan hal itu sangat menganggu indra penciuman.

3. Bersihkan Rumah dan Seluruh Sudut Ruangan dari Debu
Debu adalah suatu benda yang paling mudah mengotori rumah karena sifatnya yang ringan dan mudah terbawa angin. Bagi beberapa orang, debu dapat menyebabkan alergi atau bersin-bersin. Karena itu, sebaiknya Anda membersihkan rumah dan seluruh sudut ruangannya dari debu.

Untuk perawatan kesehatan lingkungan, sebaiknya Anda selalu menyapu dan mengepel lantai rumah Anda setiap hari karena ada banyak aktivitas yang dilakukan di atas lantai. selain untuk kesehatan lingkungan, lantai yang bersih akan mempercantik rumah Anda.

4. Ventilasi Udara
Lengkapilan rumah Anda dengan ventilasi yang baik. Ventilasi yang baik membantu ruang rumah Anda menjadi sejuk dan segar karena udara yang ada di dalamnya terus berganti dan mengalir. Jika rumah Anda tidak dilengkapi dengan ventilasi, ruangan Anda akan menjadi pengap. Kondisi seperti itu memudahkan penyebaran virus lewat udara karena udara yang ada di dalamnya tidak berganti.

5. Bersihkan Selokan Sekitar Rumah Anda

Selokan di sekitar rumah Anda bisa menjadi sarang penyakit jika tidak dibersihkan. Selokan yang kotor tidak hanya mengganggu indra penciuman, tetapi juga sarang pengembangbiakan nyamuk yang dapat mengancam kesehatan penghuni rumah.

6. Menguras Bak Mandi
Menguras bak mandi secara berkala adalah hal yang penting untuk menjaga kesehatan lingkungan. Mengapa? Karena Bak Mandi berpotensi sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk aedes aegeyptipenyebab deman berdarah.

7. Tanamlah Beberapa Tumbuhan
Tanamlah beberapa bunga atau tanaman hias yang lainnya. ada beberapa jenis tanaman yang mampu membantu menyerap udara kotor. Dengan begitu, lingkungan tidak hanya menjadi bersih, tetapi juga indah dan asri.

Menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat sebenarnya bukanlah hal yang sulit. Kesadaran ini harus selalu Anda terapkan karena lingkungan yang sehat juga membantu menghasilkan tubuh yang sehat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top