Jumat, 13 Mei 2016

Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir dengan Baik dan Benar

Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir dengan Baik dan Benar_Selain melalui membaca dari beberapa sumber media ketika calon ibu masih mengandung, pengetahuan parenting juga sering dijumpai dalam bentuk nasihat dari ibu kita. Akan tetapi, bukankah ilmu pengetahuan itu dirasa lebih sempurna jika kita mempraktekkannya? Mari kita mulai dengan cara merawat bayi yang baru lahir dengan baik dan benar, seperti ulasan di bawah ini.

Cara Merawat Bayi yang Baru Lahir dengan Baik dan Benar

1. Kontrol Mood Anda
Bayi yang baru lahir sudah mampu mengenali perasaan ibunya. Jika ada masalah, tetaplah berpikiran positif. Pikiran positif dan mood yang baik akan membawa dampak yang baik pula bagi bayi.

2. Merawat Tali Pusat Bayi yang Baru Lahir
Daerah sekitar tali pusat sangat sensitif dan merupakan rawan infeksi, Anda harus ekstra hati-hati. Jangan sampai menggunakan alcohol untuk membersihkannya. Dan biarkan tali pusat bayi agar tetap terbuka.

3. Merawat Mata Bayi yang Baru Lahir
Saluran air mata bayi yang baru lahir biasanya akan aktif dalam waktu 2 minggu. Anda bisa membersihkan kotoran mata pada bayi dengan membasahi kapas dengan air matang.

4. Merawat Kulit Bayi yang Baru Lahir
Pemilihan baby oil biasanya banyak diterapkan untuk merawat kulit bayi, baik kulit tubuh maupun kulit kepala.

5. Merawat Hidung Bayi yang Baru Lahir
Bayi mempunyai daya pembersih hidung bawaan, jika kotor Anda cukup mengelapnya saja. Jika terserang flu, sedot menggunakan aspirator.

6. Merawat Mulut Bayi yang Baru Lahir
Anda cukup memberikan air putih saja ketika bayi selesai menyusui agar tidak ada pengendapan susu di permukaan lidah.

7. Merawat Telinga Bayi yang Baru Lahir
Telinga bayi bagian dalam tidak boleh dibersihkan. Anda hanya diperbolehkan membersihkan jika kotoran dari dalam telinga telah mencapai bagian luar telinga.

8. Merawat Rambut Bayi yang Baru Lahir

Anda cukup menggunakan daun seledri atau minyak kemiri untuk menstimulasi pertumbuhannya.

9. Merawat Bokong Bayi yang Baru Lahir
Penggunaan popok kain lebih dianjurkan untuk bayi yang baru lahir.Jika menggunakan diapers, jangan ganti-ganti merk dan jangan menggunakannya setiap saat sepanjang hari. Cukup gunakan diapers ketika bayi tidur malam.

Anda sebaiknya juga rutin dalam memberikan ASI, sesering mungkin lebih dianjurkan. Anda juga perlu menjadwal tidur bayi secara teratur. Kegiatan apa saja yang tidak disukai bayi juga harus Anda ketahui.

Sebisa mungkin lakukan dengan cepat namun tetap berhati-hati hal-hal yang tidak disukai bayi (seperti mandi, ganti popok, dll). Kondisikan lingkungan sekitar dengan cukup mendapatkan sinar matahari ataupun fentilasi. Cegah perokok aktif untuk mendekati bayi Anda. Semoga Tips Merawat Bayi Baru Lahir dengan Baik dan Benar ini dapat bermanfaat bagi Anda.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top