Sabtu, 28 Mei 2016

Makanan yang Harus Dihindari ketika Berbuka Puasa dan Sahur

Makanan yang Harus Dihindari ketika Berbuka Puasa dan Santap Sahur_ Untuk menunjang ibadah puasa yang sedang Anda jalani, selain mengonsumsi makanan yang sehat, Anda juga harus menghindari makanan yang nantinya bisa mengganggu kelancaran ibadah puasa Anda. Kebanyakan makanan yan harus Anda hindari adalah makanan yang bisa menjadikan Anda merasa lapar dan dahaga secara berlebih. Mau tau apa saja makanan yang sebaiknya Anda hindari ketika Anda menjalankan ibadah puasa? Simak baik-baik informasi lengkapnya.
Makanan yang Harus Dihindari ketika Berbuka Puasa dan Sahur
Tempe Goreng via https://cookpad.com/id/
Beberapa Jenis Makanan yang Harus Dihindari Saat Menjalankan Puasa

1. Junk-food, fast-food dan sejenisnya
Junk-food, fast-food atau jenis makanan cepat saji yang lainnya adalah jenis makanan yang harus Anda hindari. Mengonsumsinya saat hari biasa saja kurang baik, apalagi jika dikonsumsi saat berpuasa. Selain tidak menyehatkan bagi tubuh kita, juga cenderung membuat tubuh cepat lapar dan haus.

2. Jenis Makanan yang Digoreng ( tempe mendo, bakwan, dll)
Tidak hanya mempunyai efek yang buruk pada para pelaku diet, ternyata jenis makan yang digoreng pun tidak baik untuk dikonsumsi orang-orang yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Makanan yang digoreng juga akan sulit dicerna oleh tubuh kita karena mengandung lemak trans.

Anda boleh saja sesekali mengonsumsi, tapi untuk menggorengnya sebaiiknya menggunakan minyak zaitun, atau minyak yang rendah kolesterol lainnya.. Atau Anda juga bisa mengganti makanan yang digoreng dengan cara dipanggang, dikukus atau dibakar.

3. Makanan yang Terlalu Asin
Umumnya, sama seperti makanan yang cepat saji dan berminyak, makanan yang terlalu asin dan juga mengandung terlalu banyak rempah juga bisa memicu tubuh untuk merasakan haus yang terlalu cepat juga.

Seharusnya, makanan terlalu asin dan banyak rempah ini Anda hindari konsumsinya terlebih lagi saat Anda sahur dan berbuka puasa.

4. Jenis Makanan yang Terlalu Manis
Untuk jenis makanan manis, memang adakalanya Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya terutama saat berbuka puasa. Tujuan mengonsumsi jenis makanan manis saat berbuka puasa adalah untuk mengembalikan kadar gula yang sempat berkurang selama tubuh Anda berpuasa.

Akan tetapi, perlu Anda ingat, bahwa jenis makanan manis ini tidak bisa sembarang asal yang mempunyai rasa manis. Sebaiknya Anda pilih jenis makanan manis yang manisnya alami. Manis alami bisa Anda dapatkan dari buah-buahan segar, atau buah-buahan kering seperti kurma dan kismis.

Karena jika Anda mengonsumsi jenis makanan manis tidak yang berasal dari manis alami, tubuh Anda akan berpotensi mengalami diabetes.

5. Jenis Makanan yang Mengandung Banyak Gas
Apa saja makanan yang mengandung banyak gas? Makanan yang mengandung banyak gas meliputi sawi, ubi, kol, cokelat, dan minuman bersoda. Jika Anda mengonsumsi jenis makanan dengan kadar gas yang banyak ini, produksi asam lambung Anda akan tinggi dan menyebabkan perut tidak nyaman.

Selain tidak nyaman, tubuh Anda akan merasa cepat lapar, serangan maag dan juga bisa membuat perut sakit. Hindari untuk mengonsimsi jenis makanan ini secara berlebih.

6. Jenis Makanan yang Kadar Asamnya Tinggi
Makanan dengan produksi asam yang tinggi meliputi kopi, susu full krim, atau sari buah sitrus. Jenis makanan ini harus Anda hindari terutama jika Anda menderita asam lambung tinggi, maag atau gangguan pencernaan yang lainnya.

Baca juga:
Demikianlah sekiranya informasi yang bisa saya berikan terkait makanan apa saja yang harus Anda hindari ketika menjalankan ibadah puasa. Semoga dengan informasi ini Anda

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top