Senin, 16 Mei 2016

Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Kandungan Gizinya

Contoh Menu Makanan 4 (Empat) Sehat 5 (Lima)  Sempurna dan Kandungan Gizinya_Makanan adalah kebutuhan utama manusia. Makanan yang sehat dapat membentuk raga yang sehat. Makanan yang sehat dapat kita dapatkan dari makanan yang bergizi. Kebutuhan gizi seimbang setiap harinya dapat kita peroleh dari menu makanan empat sehat dan lima sempurna.  Lalu, apa saja makanan empat sehat lima sempurna itu dan bagaimana kandungan gizi di dalamnya? Berikut ini adalah uraian tentang daftar empat sehat lima sempurna yang sebaiknya Anda konsumsi sebagai menu makanan sehari-hari.
Contoh Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Kandungan Gizinya

Contoh Menu Makanan 4 Sehat 5 Sempurna dan Kandungan Gizinya

1. Makanan Pokok
Pemenuhan gizi yang pertama dari empat sehat lima sempurna ini adalah karbohidrat. karbohidrat ini dibutuhkan untuk sumber energi tubuh. Karbohidrat bisa didapatkan dari jenis makanan nasi (beras), gandum, jagung, kentang, sagu, dan umbi-umbian.

2. Lauk-pauk
Fungsi lauk-pauk ini adalah sebagai makanan pendamping makanan pokok. Konsumsi lauk pauk penting karena sebagai sumber zat pembangun tubuh kita. Makanan yang dijadikan lauk ini sebaiknya memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein juga berfungsi sebagai pembentuk sistem imun dan penyeimbang hormon. Makanan dengan protein tinggi ini bisa kita peroleh dari jenis makanan telur, daging, ayam, ikan, tahu, dan tempe. Berikut ini adalah kandungan gizi tiap lauk-pauk.

a. Ikan. 
Di dalam ikan terkandung protein yang tinggi. Selain itu, di dalam ikan seperti salmon dan tuna terkandung zat omega 3 yang baik untuk perkembangan otak.

b. Ayam. 
Di dalam ayam terkandung protein hewani. Ayam baik dikonsumsi sebagai sumber protein namun sebaiknya tidak setiap hari karena di dalam ayam juga terkandung banyak lemak.

c. Tahu.
Tahu merupakan sumber protein nabati. Di dalam tahu terkandung asam amino. Selain itu, daya cerna tahu tinggi, yaitu sekitar 85 – 98%. Selain itu, tahu juga baik untuk diet karena mengandung kalori dan hidrat arang yang rendah.

d. Telur.
Telur merupakan sumber protein. Selain protein, telur juga mengandung mineral dan vitamin, seperti folat, B12, kolin, dan niasin betain.

e. Tempe. 
Tempe yang baik untuk dijadikan lauk adalah tempe yang terbuat dari kedelai murni. Tempe juga merupakan sumber protein nabati. Selain itu, di dalam tempe terkandung banyak zat, yaitu kalori yang merupakan sumber energi, karbohidrat, kalsium, lemak, zat besi, fosfor, vitamin A, B1, dan C.

f. Daging. 
Daging merupakan sumber protein hewani. Selain itu, di dalam daging terdapat zat besi, selenium, zinc, omega 3, dan vitamin B kompleks.

3. Sayur-mayur
Kebutuhan makanan sehat selanjutnya yang harus Anda penuhi adalah sayur-mayur. Sayuran yang Anda konsumsi bisa berfungsi sebagai pencegah penyakit. Sayur-mayur yang baik dikonsumsi adalah yang berwarna hijau dan mengandung protein nabati, vitamin, mineral, serat, dan juga berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, kandungan sulfarophane dan isothiocynate dalam sayuran hijau berfungsi sebagai perangsang pemecah unsur kimia yang dapat menyebabkan kanker. Sayuran seperti ini bisa didapatkan dari jenis bayam, brokoli, sawi, kangkung, dan sebagainya.

4. Buah-buahan
Buah-buahan adalah makanan yang mengandung serat tinggi, vitamin, mineral, dan air yang baik untuk pencernaan. Konsumsi rutin buah-buahan dapat meningkatkan sistem imun kita. Selain itu buah juga berfungsi sebagai antioksidan. Hampir semua buah mengandung manfaat baik untuk tubuh.

5. Susu
Susu merupakan penyempurna menu makanan sehat yang telah diuraikan sebelumnya. Susu baik untuk pertumbuhan tulang dan penyumbang energi. Dalam susu terkandung vitamin D, B12, dan kalsium. Namun, jika Anda memiliki masalah dengan berat badan, sebaiknya Anda mengkonsumsi susu rendah lemak atau susu nabati (susu kedelai).

Dengan menjaga pola makan yang sehat yaitu dengan memperhatikan daftar menu makanan 4 sehat 5 sempurna di atas maka kesehatan tubuh kita insya Allah selalu terjaga dengan baik. Namun awas hati-hati, kita juga harus memperhatikan tentang bagaimana cara makan yang benar dan hal apa saja yang harus dihindari setelah makan. Mungkin Anda sering mendengar peringatan  "janganlah tidur setelah makan". Silakan baca Ini 19 Bahaya Tidur setelah Makan

Itulah uraian contoh menu 4 sehat 5 sempurna dan kandungan gizinya yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Jika Anda ingin kesehatan yang lebih baik, sebaiknya Anda mulai membiasakan diri mengatur dan mengkombinasikan menu sehat Anda.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top