Sabtu, 28 Mei 2016

Menu Makanan yang Baik serta Sehat untuk Berbuka Puasa dan Sahur

Menu Makanan yang Baik serta Sehat untuk Berbuka Puasa dan Sahur_Saat kita berpuasa ataupun tidak sedang berpuasa, pada dasarnya tubuh kita tetaplah membutuhkan nutrisi dalam porsi yang sama. Hanya saja saat kita berpuasa, jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh mungkin memang sedikit berkurang. Misalnya pada hari biasa, kita membagi asupan nutrisi tubuh kedalam 3x porsi makan. Sedangkan pada bulan puasa, nutrisi tubuh yang biasa dimakan 3x porsi saat hari biasa tersebut harus bisa terpenuhi dalam 2x makan, yaitu saat sahur dan berbuka. Atau Anda bisa menyisipkan 1 porsi kecil selain 2x porsi makan tadi di waktu setelah tarawih.
Menu Makanan yang Baik serta Sehat untuk Berbuka Puasa dan Sahur
Yang pasti, menu makanan yang baik serta sehat untuk berbuka puasa dan sahur haruslah mengandung karbohidrat, vitamin, protein, mineral cairan serta serat. Berikut penjelasan lebih lengkapnya:

A. Makanan Terbaik Saat Sahur Harus Memenuhi Kandungan Gizi Berikut ini
Usahakanlah untuk tetap sahur supaya tubuh Anda tetap sehat dan tidak lemas. Sediakan waktu yang cukup untuk sahur agar Anda tidak makan dengan tergesa-gesa.

1. Karbohidrat
Pilihlah sumber karbohidrat kompleks yang meliputi roti gandum utuh, beras merah, oat, sereal, kentang dll. Pemenuhan sumber karbohidrat sangat penting bagi tubuh karena karbohidrat kompleks akan dicerna oleh tubuh secara bertahap sehingga kenaikan kadar gula darah dapat terjaga.

2. Buah dan Sayur
Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin, mineral dan juga senyawa fitokimia lain yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah-buahan yang baik disantap ketika sahur adalah yang mengandung karbohidrat kompleks seperti jeruk, pisang, semangka, berry, apel. Anda bisa juga mengonsumsi buah kering seperti kismis, plum, kiwi atau kurma.

Untuk sayurannya sebaiknya Anda memilih sayuran yang berwarna hijau karena mengandung banyak serat dan karbohidrat, sehingga baik yntuk pencernaan.

3. Lemak dan Protein
Lemak tetap dibutuhkan tubuh sebagai pencerna vitamin A, E, D dan K. Lemak yang dianjurkan dikonsumsi adalah lemak tak jenuh yang meliputi minyak zaitun, kacang-kacangan atau ikan laut (salmon, tuna).
Sedangkan protein yang dianjurkan untuk dikonsumsi ketika sahur adalah tahu, tempe, telur, daging ayam tanpa kulit, ikan, dll. Guna protein adalah untuk memperbaiki sel tubuh yang rusak dan juga meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Cairan
Jumlah air yang disarankan untuk konsumsi per hari adalah 8 gelas atau 2 liter. Bagilah pemenuhannya saat sahur, berbuka maupun malam saat menjelang tidur. Selain air putih And bisa juga mengonsumsi jus ataupun susu steril.

B. Makanan Terbaik Saat Berbuka Puasa
Agar manfaat puasa yang Anda jalankan tidak sia-sia, maka jagalah porsi makan tetap normal dengan tetap memperhatikan kandungan nutrisi seimbang. Jadi saat berbuka puasa, sebaiknya makanan Anda memenuhi  unsur nutrisi berikut ini.

1. Karbohidrat
Sama dengan mengonsumsi sumber karbohidrat kompleks seperti saat Anda sahur seperti beras merah atau gandum utuh dll. Bedanya, sebaiknya Anda mengonsumsinya setelah tarawih agar terhindar dari malas dan mengantuk

2. Buah dan Sayur
Buah yang populer dikonsumsi saat berbuka adalah kurma. Tetap jaga porsinya agar gula darah Anda tidak naik drastis. Salad merupakan kombinasi yang pas sebagai pengganti takjil yang lebih sehat.

3. Lemak dan Protein
Saat Anda berbuka puasa, Anda dianjurkan mengonsumsi protein seperti halnya ketika Anda sahur agar kebutuhan akan lemak dan protein Anda tetap terpenuhi.

4. Cairan
Agar tubuh Anda kembali terhidrasi, Anda bisa meminum 2 gelas air ketika berbuka puasa dan juga sebelum tarawih, serta 2 gelas lagi sebelum tidur.Anda juga bisa minum jus tanpa gula atau air kelapa.

Pada dasarnya, menu untuk sahur dan berbuka puasa yang baik serta menyehatkan adalah menu yang mengandung semua nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Anda hanya perlu mengombinasikan bahan-bahan makanan tersebut dalam suatu racikan variasi menu agar tidak bosan.

Semoga puasa kali ini Anda bisa menjalaninya dengan lancar.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top