Sabtu, 28 Mei 2016

Tips Menahan Lapar dan Haus saat Berpuasa secara Efektif dan Sehat

Tips Menahan Lapar dan Haus saat Berpuasa secara Efektif dan Sehat_Bagaiamana cara menahan dari rasa lapar dan haus saat berpuasa?_Menjalankan ibadah puasa agar mendapatkan banyak manfaat positif merupakan kewajiban bagi siapa saja yang mampu dan memenuhi syarat menjalankan puasa. Seringkali ditengah-tengah kegiatan menjalankan puasa ini, ada yang tidak tahan godaan. Bagi mereka yang tidak bisa tahan akan godaan, mereka akan cenderung membatalkan puasa mereka saat itu juga. Anda tidak mau hal tersebut menimpa diri Anda sendiri bukan? Simak tips-tips menahan lapar dan haus yang akan saya berikan berikut, agar Anda terhindar dari godaan yang menyesatkan serta puasa Anda juga berjalan lancar sampai berbuka tiba.
Tips Menahan Lapar dan Haus saat Berpuasa secara Efektif dan Sehat

Tips Agar Ibadah Puasa Anda Efektif dan Tubuh Tetap Sehat:
1. Niatlah dengan Sepenuh Hati
Hal yang paling penting, tidak lain dan tidak bukan, adalah niat. Niat dengan sepenuh hati dan diyakini dalam hati akan memperkuat Anda dari godaan-godaan yang datang. Berniatlah dengan cara yang benar, dan pastikan Anda tujukan hanya untuk beribadah ke Allah SWT.

2. Konsumsi Cairan yang Cukup
Tubuh Anda harus cukup terhidrasi agar tahan dari rasa haus. Cairan, atau lebih tepatnya minuman yang dianjurkan untuk Anda konsumsi adalah yang paling pokok air putih. Anda diharuskan tetap mengonsumsi air sebanyak 8 gelah perharinya, bisa 4 gelas saat Anda sahur dan 4 gelas saat Anda berbuka.

Selain air putih, Anda bisa juga mengonsumsi minuman yang sehat dalam bentuk jus buah. Air kelapa juga bagus manfaatnya untuk menghidrasi tubuh Anda setelah seharian menjalankan ibadah puasa.

Hindari minuman yang mengandung kafein dan soda karena jenis minuman ini hanya akan membuat tubuh Anda cepat merasa haus, dan tidak sehat bagi tubuh Anda.

3. Kendalikan Emosi Negatif
Mengendalikan emosi negatif juga tak kalah pentingnya selain mengendalikan nafsu makan. Emosi negatif misalnya saja kita ambil contohnya yang paling umum dibahas adalah emosi marah. Apa yang akan terjadi jika Anda terpancing emosi marah ini?

Sudah pasti jika Anda marah, kecenderungan tubuh Anda menguras energi jauh lebih besar dibandingkan jika Anda menahannya. Hal ini bisa menyebabkan tubuh Anda akan merasa cepat lapar. Tentu dengan hal seperti ini Anda tidak akan mendapatkan manfaat puasa secara optimal dan hanya akan mengurangi pahala.

4. Hindarilah Godaan Orang Terdekat
Tidak semua orang di Indonesia menjalankan ibadah puasa sama seperti kita. Maka tidak menutup kemungkinan ada saja orang yang dengan santainya menyantap makanan di sekitar atau bahkan di dekat kita. Anda bisa menjauh menghindari mereka yang sedang makan jika Anda tidak ingin tergoda.

5. Hindarilah Makanan Pedas dan yang Mengandung Banyak Garam
Jangan makan makanan yang pedas ataupun yang mengandung banyak garam saat Anda bersantap sahur. Karena didalam makanan pedas dan makanan yang mengandung banyak garam, terdapat zat yang akan memaksa tubuh Anda mengeluarkan cairan yang berlebih. Hal ini bisa menyebabkan tubuh Anda merasa cepat haus dan akan menyebabkan ibadah puasa yang Anda jalani tidak efektif dan mudah tergoda membatalkan puasa.

6. Perbanyaklah Konsumsi Sayur dan Buah-buahan
Kandungan yang terdapat pada sayuran dan buah-buahan selain sehat untuk tubuh, juga dapat mencegah tubuh Anda dari rasa cepat lapar dan cepat haus. Perbanyaklah konsumsi sayuran dan buah-buahan jika Anda ingin bisa menahan rasa lapar dan dahaga yang berlebih.

Nah, semoga dengan informasi yang saya berikan tentang bagaimana caranya menahan lapar dan haus saat puasa dengan cara yang efektif dan sehat. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top