Kamis, 02 Juni 2016

11 Cara Mengobati Penyakit Gudik Secara Tradisional

Cara Mengobati Penyakit Gudik Secara Tradisional dengan Bahan Alami_Bagaimana cara menyembuhkan penyakit gudik/gudig?. Seseorang yang terkena gudik atau yang dikenal juga dengan kudis ini ditandai dengan adanya gejala berupa rasa gatal serta panas utamanya di malam hari. Gejala lainnya adalah munculnya lesi atau tonjolan kulit yang berwarna putih keabuan dan panjangnya sekitar 1 cm bahkan juga disertai oleh nanah jika sudah terjadi infeksi. Gudik ini disebabkan oleh kutu kecil yang dinamakan dengan Sarcoptes scabies. Kutu ini bersifat transparan dan memiliki bentuk bulat lonjong. Supaya Anda tidak terkena penyakit menular ini, Anda bisa mencegahnya dengan menjaga kebersihan tubuh dan juga lingkungan termasuk barang yang sering Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari.
11 Cara Mengobati Penyakit Gudik Secara Tradisional
Namun, jika Anda telah terlanjur terkena penyakit gudik ini, jangan khawatir karena di dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai cara-cara untuk mengobati penyakit gudik secara tradisional dengan menggunakan bahan alami. Cara-cara tersebut antara lain:

1. Menggunakan Biji Mahoni
Jika Anda memilih biji mahoni untuk mengatasi gudik, caranya adalah dengan langsung memakan bijinya jika Anda tahan terhadap rasa pahitnya, atau kalau tidak Anda bisa mengeringkannya terlebih dahulu lalu giling atau tumbuk hingga halus.

Serbuk biji mahoni ini kemudian diseduh dengan air panas, dan minum sewaktu masih hangat. Anda bisa menambahkan madu sebagai pemanis.

2. Menggunakan Daun Binahong
Jika Anda lebih menyukai pengobatan luar, Anda bisa menggunakan daun binahong. Caranya adalah sediakan daun binahong secukupnya lalu tumbuk. Setelah ditumbuk, campurkan dengan air hangat dan aduk hingga merata. Baru kemudian oleskan pada kulit yang terkena gudik.

Lakukan hal ini secara rutin sebelum tidur supaya mendapatkan hasil yang diinginkan lebih cepat.

3. Menggunakan Lendir Lidah Buaya
Dengan menggunakan lendir lidah buaya ini Anda cukup mengoleskannya pada kulit yang terkena kudis, biarkan hingga mengering barulah kemudian dicuci hingga bersih. Lidah buaya memang bisa menyebabkan gatal, tetapi hal ini tidak akan berlangsung lama.

4. Menggunakan Kunyit
Anda hanya perlu menumbuk kunyit hingga halus, lalu campurkan dengan air lemon. Oleskan pada kulit yang terkena gudik. Jika tidak ada air lemon, Anda bisa menggantinya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun. Jika Anda khawatir dengan warna kuning kunyit, Anda bisa mencampurnya dengan sedikit tepung beras.

5. Menggunakan Brotowali
Caranya adalah dengan menumbuk batang tanaman bratawali hingga lumat lalu bubuhkan pada bagian kulit yang terkena gudik.

6. Menggunakan Garam atau Belerang
Anda bisa mencampurkan garam pada air hangat lalu gunakan untuk berendam. Atau jika Anda ingin lebih praktis, Anda bisa pergi ke pantai dan berendam di sana. Tetapi kalau Anda lebih menyukai belerang, Anda bisa mencampurkan bubuk belerang ke dalam air dan gunakan untuk berendam dan/atau jika domisili Anda dekat dengan tempat pemandian air hangat yang mengandung belerang, silakan Anda berendam di sana. Salah satu contoh tempat pemandian air hangat yang mengandung belerang yaitu pemandian air hangat/panas yang ada di Krakal Kabupaten Kebumen Jawa Tengah.

7. Menggunakan Temu Ireng
Tumbuk temu ireng setelah dicuci hingga bersih, kemudian campurkan dengan minyak kelapa barulah bubuhkan pada kulit yang terkena gudik. Setelah itu bungkus dengan menggunakan kain kasa. Lakukan hal ini 3 kali sehari.

8. Menggunakan Daun Sirih
Dengan menggunakan daun sirih, caranya adalah rebus daun sirih.  Air rebusan daun sirih ini dicampur dengan garam lalu gunakan untuk berendam. Atau bisa juga dengan menumbuk daun sirih lalu oleskan pada kulit.

9. Menggunakan Mengkudu
Jika Anda tahan dengan bau mengkudu, Anda bisa menggunakannya untuk mengatasi penyakit gudik Anda. Caranya adalah dengan menghaluskan buah mengkudu dengan cara di blender, tetapi pisahkan dulu bijinya. Setelah itu saring airnya.

Air ini bisa Anda oleskan pada kulit yang terkena gudik dan ampasnya juga bisa Anda tempelkan pada kulit yang terkena gudik.

10. Menggunakan Cuka
Cairan yang memiliki rasa asam ini dapat mengubah pH kulit. Jika Anda ingin menggunakannya untuk mengatasi gudik, Anda bisa melakukannya dengan cara meneteskan cuka pada kapas lalu oleskan pada kulit yang terkena gudik.

11. Menggunakan Bawang Putih
Parutlah bawang putih sesuai kebutuhan, kemudian oleskan hasil parutan/cairan bawang putih tersebut ke kulit yang terkena gudik. Hmm, rasanya perih juga sih, namun bawang putih nyata-nyata ampuh untuk menghilangkan penyakit gudik/gudig.

Baca juga:
Itulah 11 cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi gudik. Semoga penyakit gudik Anda segera sembuh.

3 komentar

ternyata penyakit gudik dapat disembuhkan tanpa operasi..

manfaat broo ...
boleh di bagikan ke facebook a

Boleh mas, silakan dibagikan

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top