Jumat, 17 Juni 2016

Awas, Buah- Buahan Ini Tidak Boleh Dimakan Setelah Minum Obat!

Awas, Buah- Buahan Ini Tidak Boleh Dimakan Setelah Minum Obat_Buah memiliki begitu banyak nutrisi dan vitamin yang diperlukan bagi tubuh. Meski demikian, ada saat- saat dimana anda tidak boleh mengonsumsinya, misalnya, saat baru saja minum obat. Berikut ini merupakan berbagai jenis buah yang harus dihindari untuk dikonsumsi setelah mengkonsumsi jenis obat- obatan tertentu.
Awas, Buah- Buahan Ini Tidak Boleh Dimakan Setelah Minum Obat!
Buah- Buahan yang Tidak Boleh Dimakan Setelah Minum Obat

1. Buah jeruk
Buah jeruk bukan hanya segar melainkan juga menyehatkan. Buah jeruk kaya akan vitamin C, kalium, serat serta ragam zat penting yang diperlukan bagi kesehatan tubuh. Namun sayangnya, jenis buah ini tidak boleh dikonsumsi saat anda minum obat, terutama jenis jeruk grapefruit yang memiliki bentuk mirip dengan jeruk bali.

Penelitian menunjukkan jika buah jeruk dapat memberi efek buruk jika dikonsumsi bersamaan dengan obat- obatan tertentu seperti pereda demam, statin, fexonadine, estrogen, obat penenang dan lain- lain.

Mengonsumsi buah jeruk setelah mengonsumsi jenis obat- obatan tertentu, dapat membuat pasien mengalami halusinasi, rasa kantuk yang berlebih dan kerusakan pada otot.

2. Buah anggur
Buah lainnya yang bisa memberi efek buruk bagi tubuh saat dikonsumsi setelah minum obat adalah buah anggur. Buah ini mengandung senyawa yang dapat memblokir obat di dalam pencernaan. Akibatnya penyerapan obat tidak akan berjalan dengan lancar.

Jenis obat yang tidak boleh dikonsumsi bersamaan dengan buah anggur yaitu pengencer darah, obat diabetes, obat migrain, statin dan obat antidepresan.

3. Buah cranberry
Buah cranberry bisa digunakan sebagai obat herbal untuk meredakan infeksi saluran kencing. Buah cranberry tidak boleh dikonsumsi setelah anda meminum jenis obat pengencer darah atau warfarin karena dapat memicu terjadinya pendarahan yang berlebih.

4. Buah pisang

Di dalam buah pisang, terkandung kalium tinggi yang bagus untuk menurunkan resiko terjangkit kanker, penyakit jantung dan stroke. Namun bagi anda yang mengonsumsi ACE inhibitor, sebaiknya tidak mengonsumsinya bersamaan dengan buah pisang karena membuat jantung mengalami gangguan. 

Bukan hanya itu namun kandungan tyramine pada pisang juga akan menganggu fungsi obat antidepresan bagi pasien.

5. Buah semangka
Boleh tidaknya mengonsumi buah semangka setelah minum obat memang hingga kini masih diperdebatkan. Alasan diperbolehkan, karena buah semangka, bukanlah jenis buah asam seperti jenis buah yang telah disebutkan di atas. Namun di sisi lain, buah semangka tidak diperbolehkan dikonsumsi karena buah ini memiliki kandungan kalium yang mirip dengan buah pisang.

Kalium dalam buah semangka berguna untuk mereka yang tengah menderita hipertensi. Namun sayangnya, jika konsumsi kalium berlebihan, maka dampak buruklah yang akan didapatkan. Mereka yang mengonsumsi obat hipertensi dan obat untuk gagal jantung, dilarang memakan buah semangka.

6. Buah durian
Buah durian merupakan salah satu jenis buah yang banyak digemari dan memiliki aroma yang khas. Buah durian sebaiknya dihindari setelah mengonsumsi obat karena bisa menimbulkan efek panas dalam perut. Hal ini dikarenakan, buah durian memiliki kandungan alkohol cukup tinggi.

Buah durian juga memiliki kandungan berupa zat methanol, ethanol, sulfur, dan ethyl metacrylate yang bisa menimbulkan reaksi keras pada jenis obat- obatan tertentu. Tidak hanya itu, namun buah durian juga bisa meningkatkan resko tekanan darah tinggi, kencing manis, penyakit jantung, usus, maag, radang, kolesterol tinggi serta asam urat.

Untuk mengetahui lebih jelas lagi mengenai jenis buah yang berdampak buruk jika dikonsumsi bersamaan dengan jenis obat tertentu, akan lebih baik jika anda bertanya dulu dengan ahli medis. Anda juga harus pandai dalam mengatur waktu kapan harus minum obat dan kapan harus mengonsumsi buah- buahan tersebut di atas.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top