Senin, 13 Juni 2016

Cara Membersihkan Telinga dengan Baik, Benar, dan Aman

Cara Membersihkan Telinga yang Baik, Benar, dan Aman_Setiap orang pasti pernah merasakan gatal di sekitar area telinga, entah itu di area teling luar maupun dalam. Gatal yang dirasakan di area dalam telinga kebanyakan karena  terindikasi adanya kotoran di lubang telinga. Walaupun begitu, kotoran telinga sebenarnya adalah merupakan zat alami yang berguna untuk membantu melindungi telinga sekaligus liang telinga. Jangan sampai kotoran di dalam telinga Anda menumpuk, karena bisa mengganggu pendengaran. Berhati-hatilah juga saat membersihkannya, jangan sampai merusak bagian sensitif yang ada di telinga. Lalu, bagaimana sebaiknya membersihkan telinga agar aman dan dari segi caranya sudah dinilai benar? Simak informasi seengkapnya, berikut ini.
Cara Membersihkan Telinga dengan Baik, Benar, dan Aman
A. Persiapan Sebelum Memulai Membersihkan Telinga

1. Pastikan Anda tidak mempunyai infeksi telinga
Jika Anda mempunyai infeksi telinga, maka sebaiknya jangan mencoba-coba untuk membersihkannya. Karena bisa menyebabkan gendang telinga Anda sobek. Kondisi lain yang dilarang bagi Anda untuk membersihkan telinga sendiri adalah:
  • Mempunyai masalah terkait dengan pembersih telinga sebelumnya
  • Mempunyai riwayat gendang telinga sobek
  • Mengalami keluar cairan dari dalam telinga sebelumnya
2. Kunjungi dokter ahli jika Anda ragu
Jika Anda benar-benar tidak tahu setiap resiko yang akan Anda terima ketika membersihkan telinga menggunakan metode apapun, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter ahli terdekat.

B. Cara Membersihkan Telinga

1. Cara Membersihkan Bagian Luar Telinga (Daun Telinga)
Telinga bagian luar merupakan bagian yang paling mudah dibersihkan, karena hampir semua bagian terlihat dan terjangkau. Langkah-langkah yang harus Anda ikuti untuk membersihkan bagian luar telinga adalah:
  • Siapkanlah cotton bud dari kapas yang berbentuk seperti pentol korek api
  • Basahi dengan air hangat yang tercampur baby oil
  • Perlahan-lahan oleskan dari depan daun telinga (mulai dari bagian luar yang teratas ke lengkungan atas lanjutkan ke bawah)
  • Celup kembali cotton budke campuran air hangat dan baby oil, kemudian ulangilah cara diatas 3x, lalu bilas hingga bersih
  • Keringkanlah telinga dengan handuk yang halus, bersih dan kering
  • Lakukan kegiatan ini minimal seminggu 1x
2. Cara Membersihkan Bagian Dalam Telinga (Lubang Telinga)
Cara membersihkan bagian dalam telinga cenderung rumit, karena bagian dalam telinga sensitif dan cukup sulit dibersihkan. Jika salah membersihkan, bisa jadi kotoran malah menumpuk atau bisa juga merobek gendang telinga. Perhatikan panduan berikut jika Anda ingin terhindar dari hal yang tidak diinginkan:
  • Jangan menggunakan ear cadling atau cotton bud. Karena 2 benda ini dianggap berbahaya jika Anda menggunakannya untuk membersihkan bagian dalam telinga. Akan tetapi, jika Anda sekiranya sudah lihai menggunakan cotton bud, perhatikan dan berhati-hatilah agar jangan sampai merusak gendang telinga.
  • Bersihkan hanya dengan menggunakan baby oil atau cairan pembersih khusus bagian dalam telinga yang terjual bebas di apotik. Teteskan sebanyak 2 atau 5 tetes kedalam telinga Anda sebelum tidur pada malam hari. Kemudian pada esok paginya, Anda bisamengelap dengan kain hangat kotoran yang keuar dari dalam telinga.
  • Jangan sekali-kali mencobamenyemprotkan suatu cairan apapun ke bagian dalam telinga Anda. Karena jika semprotannya terlalu kuat, membran tipani Anda akan rusak.
  • Konsumsilah vitamin C setiap hari secara teratur, karena hal tersebut diyakini bisa membantu mengeluarkan kotoran bagian dalam telinga Anda secara alami.
  • Jika Anda masih merasakan telinga bagian dalam Anda penuh kotoran setelah seminggu lamanya sejakn dilakukan pembersihan, segeralah konsultasikan dengan dokter.
Demikianlah informasi yang dapat saya ulas terkait bagaimana caranya membersihkan telinga secara baik, benar dan aman. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top