Rabu, 01 Juni 2016

Cara Mudah Menghilangkan Kesemutan di Tangan dan Kaki

Cara Mudah Menghilangkan Kesemutan di Tangan dan Kaki_Ada beberapa nama lain untuk menyebut kesemutan, yakni kebas dan gringgingen serta parestesia. Kesemutan ini merupakan suatu sensasi yang terjadi pada permukaan tubuh tertentu dan tidak dipicu oleh adanya rangsangan dari luar dan biasanya terjadi dalam waktu yang relatif singkat. Kesemutan itu sendiri ada yang terjadi hanya sementara dan ada yang berkepanjangan. Kesemutan yang sementara terjadi saat anggota tubuh mengalami tekanan yang membuat pasokan darah ke daerah tersebut menjadi terhambat, misalnya setelah bersila, setelah mengenakan sepatu yang terlalu kecil atau tidur dengan posisi yang menindih lengan. Sedangkan kesemutan yang berkepanjangan biasanya berkaitan dengan kondisi kesehatan. Tapi apapun itu, kesemutan tentu saja akan mengakibatkan rasa tidak nyaman, apalagi ketika beraktifitas. Namun, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi kesemutan entah itu di tangan atau di kaki, yakni sepeti di bawah ini.
Cara Mudah Menghilangkan Kesemutan di Tangan dan Kaki
Cara Mudah Menghilangkan Kesemutan di Tangan dan Kaki

A. Menghilangkan Kesemutan di Tangan

Kesemutan yang terjadi pada tangan dapat diakibatkan oleh tertindihnya tangan dalam aktu yang lama, entah ketika tidur, menonton televisi atau hal yang lainnya. Di bawah ini adalah cara untuk menghilangkan kesemutan yang terjadi di tangan, yaitu:

1. Posisikan tangan Anda sedemikian rupa sehingga Anda merasa nyaman

2. Jentikkan jempol kaki kiri Anda sekuat mungkin jika yang mengalami kesemutan adalah tangan kanan. Sebaliknya, jentikkan jempol kaki kanan Anda jika yang mengalami kesemutan adalah tangan kiri.

3. Setelah melakukan dua cara diatas, kesemutan di tangan Anda memang seakan malah menjadi-jadi, biarkan saja hal itu terjadi karena sebentar lagi kesemutan yang menimpa Anda akan segera menghilang

4. Anda bisa juga melakukan pemijatan lembut pada tangan Anda yang mengalami kesemutan. Tujuannya adalah supaya aliran darah yang sempat terhambat menjadi lancar kembali, sehingga kesemutan akan dengan cepat hilang.


B. Menghilangkan Kesemutan di Kaki

Setelah mengulas tentang cara menghilangkan kesemutan yang terjadi pada tangan, di bawah ini adalah cara untuk menghilangkan kesemutan yang terjadi pada kaki, yakni sebagai berikut:

1. Cara yang pertama sama dengan ketika menghilangkan kesemutan pada tangan, yakni dengan memposisikan kaki sedemikian rupa sehingga berada dalam posisi yang nyaman

2. Jentikkan jempol tangan kanan Anda sekuat mungkin jika yang mengalami kesemutan adalah kaki kiri. Begitu juga sebaliknya, jentikkan jempol tangan kiri Anda jika yang mengalami kesemutan adalah kaki kanan.

3. Efek dari kedua cara tersebut akan menimbulkan kesemutan yang seolah-olah semakin menjadi-jadi, namun kesemutan akan segera menghilang setelahnya.

4. Bisa juga Anda mengatasinya dengan memijat kaki Anda yang mengalami kesemutan tersebut selama beberapa saat. Selain itu dapat juga dengan menggerakkan kaki Anda supaya aliran darah di kaki Anda segera lancar.

C. Mencegah Kesemutan

Yang lebih penting lagi adalah mengupayakan agar kesemutan tidak menyerang Anda. Anda bisa mencegah kesemutan ini dengan cara memenuhi kebutuhan vitamin yang dapat membantu menjaga jaringan saraf supaya tetap berfungsi dengan baik, yakni dengan vitamin B1, B6 serta B12.

Anda juga bisa meminimalisir terjadinya kesemutan dengan menerapkan pila hidup sehat dengan rutin melakukan olahraga, jika Anda adalah seorang perokok maka berhentilah merokok, menerapkan pola makan yang sehat, menjaga berat badan supaya tetap ideal serta menghindari minuman yang beralkohol.

Baca juga:
Itulah beberapa cara untuk menghilangkan kesemutan yang terjadi pada tangan dan kaki serta cara untuk mencegah supaya kesemutan tidak menyerang Anda. Semoga dapat membantu Anda ketika Anda mengalami kesemutan sehingga aktifitas Anda dapat terus berjalan.

2 komentar

kalau saya kesemutan saya biarkan aja, nggak saya apa2in, tapi boleh di cba juga nih tips di atas

Iya bisa dicoba tuh cara pencegahannya. Semoga sukses

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top