Kamis, 23 Juni 2016

Wanita Wajib Tahu, Ini Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Setiap Bulan dan Cara Mengatasinya!

Apa Penyebab Haid atau Menstruasi Tidak Lancar Setiap Bulan?_Bagaimana Cara Mengatasi Siklus Haid yang Tidak Teratur?_ Mentruasi merupakan siklus bulanan yang dialami oleh wanita, di mana umumnya terjadi secara rutin. Namun sayangnya tidak semua perempuan  bisa mengalami mentruasi secara rutin. Hal ini biasanya karena disebabkan oleh kondisi- kondisi tertentu. Wanita yang mengalami haid tidak lancar akan merasa terganggu dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.
Penyebab Menstruasi Tidak Lancar Setiap Bulan dan Cara Mengatasinya
Penyebab Haid Tidak Lancar Setiap Bulan dan Cara Mengatasinya

A. Beberapa Penyebab Seorang Wanita Mengalami Menstruasi Tidak Lancar
1. Kehamilan
Saat Anda mengalami menstruasi yang terhenti atau mungkin terlambat, bisa jadi jika Anda tengah mengalami kehamilan. Anda bisa melakukan pemeriksaan untuk memastikan dengan jelas apa Anda sedang benar- benar hamil atau tidak. Dalam hal ini, dokter biasanya akan  melakukan tes kehamilan atau USG.

2. Penggunaan alat kontrasepsi
Penggunaan jenis kontrasepsi tertentu seperti IUD atau spiral dan pil KB, bisa menyebabkan perubahan flek pada siklus mentruasi. Menggunakan IUD, bisa memicu keluarnya lebih banyak darah atau perut yang terasa lebih sakit saat menstruasi.

3. Gaya hidup sehari- hari
Gaya hidup yang dilakukan sehari- hari memiliki pengaruh yang cukup besar dalam  menstruasi. Mereka yang mengalami penurunan berat badan secara drastis, bisa membuat menstruasi menjadi tidak lancar atau terjadi secara tidak teratur.

Mereka yang memiliki bentuk tubuh terlalu kurus atau wanita dengan obesitas, juga bisa membuat siklus menstruasi, berubah menjadi tidak teratur. Ganti gaya hidup yang sehat supaya menstruasi tidak mengalami gangguan.
.
4. Terlalu banyak prolaktin
Saat ibu tengah dalam masa menyusui, produksi hormon prolaktinnya dalam tubuh biasanya cukup tinggi. Hal ini dapat membuat ibu mengalami keterlambatan jadwal haid karena hormon yang menekan tingkat kesuburan sang ibu.

Jika memang disebabkan oleh prolaktin yang berlebih, ibu tidak perlu terlalu merisaukannya. Dalam hal ini, ibu bisa menjadikannya kesempatan untuk memelihara organ reproduksinya secara lebih baik. Bukan hanya saat menyusui, namun berlebihnya hormon prolaktin juga bisa terjadi ketika kelenjar hipofisis mengalami kelainan.

5. Stress
Ada baiknya jika Anda tidak menganggap enteng yang namanya strees. Stres sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal seperti berat badan turun, sakit, terlalu banyak tekanan atau bisa pula karena sistem metabolisme yang terganggu.

Dalam mengatasi stress, bisa dilakukan melalui terapi, atau bisa pula dengan merilekskan pikiran. Jika stres sudah bisa diatasi, maka haid akan kembali normal seperti sedia kala.

6. Kelainan sistemik
Seorang wanita yang mengalami kegemukan atau badan yang terlalu kurus, bisa membuat siklus haid mereka berubah. Selain itu, wanita yang menderita diabetes juga bisa mempengaruhi siklus haid menjadi tidak lagi lancar.

7. Tiroid
Di bagian leher, terdapat kelenjar tiroid yang berguna untuk mengatur metabolisme tubuh. Saat kelenjar tiroid mengalami masalah, terkadang dapat mempengaruhi siklus menstruasi Anda. Jika memang disebabkan oleh kelenjar tiroid, ada baiknya Anda melakukan tes darah untuk melihat bagaimanakah kondisi tiroid.

B. Cara mengatasi siklus menstruasi yang tidak lancar/teratur
Bagi Anda yang mengalami siklus menstruasi tidak lancar, Anda bisa melakukan langkah- langkah dalam mengatasinya yang berikut ini.
  • Ubah gaya hidup sehari-hari Anda
  • Ganti alat kontrasepsi yang digunakan
  • Lakukan pengobatan untuk mengobati tiroid
  • Lakukan pengobatan diabetes atau dengan mengembalikan tingkatan hormon dalam tubuh. 
  • Turunkan berat badan atau seimbangkan berat  badan Anda supaya lebih ideal. 
  • Lakukan konseling serta kegiatan untuk merilekskan pikiran
  • Cobalah hormon sistemik untuk membuat ovulasi bisa kembali normal
Menstruasi yang tidak lancar menjadi salah satu hal yang cukup menganggu bagi wanita. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mencari tahu apa penyebabnya lalu obati sesuai dengan cara yang dianjurkan. Semoga haid Anda bisa lancar teratur.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top