Minggu, 26 Juni 2016

Kandungan Gizi Beras Merah Dibanding Beras Putih lebih Tinggi yang Mana?

Kandungan Gizi Beras Merah Dibanding Beras Putih lebih Tinggi yang Mana?_Kandungan gizi yang terdapat dalam beras merah lebih tinggi jika dibandingkan dengan beras yang lebih populer di kalangan masyarakat kita, yaitu beras putih. Warna merah yang terkandung dalam beras meras ternyata merupakan zat pewarna alami antosianin yang bersifat antikanker, antioksidan, antihiperglikemik dan antihipertensi. Kandungan gizi dalam beras merah tinggi karena dalam proses pengolahannya hanya ditumbuk, dipisahkan dari bagian sekamnya saja. Sedangkan pada beras putih, umumnya melali penggilingan terlebih dahulu dan sudah bersih dari lembaga dan kulit arinya.
Kandungan Gizi Beras Merah Dibanding Beras Putih lebih Tinggi yang Mana?

A. Kandungan Gizi yang Terdapat pada Beras Merah Dibanding Beras Putih
Kandungan  Gizi  yang Terdapat  pada  Beras  Merah  dibanding  Beras  Putih
Pada tabel diatas sudah pasti jelas Anda juga bisa menilai dengan sendirinya, manakah yang lebih bagus kandungan gizinya antara beras merah dengan beras putih.

1. Beras Merah Mengandung Lebih Banyak Magnesium daripada Beras Putih
Magnesium yang terdapat dalam berash merah lebih banyak jumlahnya. Sedangkan magnesium sendiri selain berfungsi sebagai penguat tulang, juga termasuk dari 300 enzim pengatur penggunaan hormon insulin.

Magnesium juga dianjurkan dikonsumsi bagi penderita diabetes karena magnesium pada beras merah dapat memerangi penyakit diabetes.

2. Beras Merah Mengandung Lebih Banyak Serat daripada Beras Putih
Kandungan serat pada beras merah yang tinggi serta selenium dapat mempercepat masa tinggal sisa-sisa makanan didalam usus, sehingga resikko kanker usus bisa diturunkan.

Metabolisme tubuh juga akan meningkat, dan hal ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

3. Beras Merah Mengandung Lebih Banyak Mangan daripada Beras Putih
Mangan disini bertugas untuk membantu produksi protein, energi dan juga karbohidrat. Mangan juga berperan dalam pembuatan asam lemak yang perannya cukup penting untuk sistem syaraf. Sleian itu, mangan juga berfungsi membantu pembentukan kolesterol yang sehat. Sehingga dengan mengonsumsi beras merah, Anda tidak perlu khawatir gemuk.

4. Beras Merah Mengandung Lebih Banyak Omega 3 dan Omega 6 daripada Beras Putih
Omega 3 pada beras merah berfungsi untuk mencegah penggumpalan darah, mengurangi resiko terkena serangan jantung, dan juga bagus bagi perkembangan sel-sel dalam otak

Sedangkan Omega 6 sendiri berfungsi sebagai penjaga kesehatan jantung kita. Selain itu juga bagus untuk menurunkan tekanan darah serta mengurangi gejala reumatik.

Manfaat jika mengonsumsi omega 3 dan omega 6 disinyalir dapat mengurangi gejala ADHD pada anak.

5. Beras Merah Mengandung Lebih Fosfor daripada Beras Putih
Fungsi fosfor dalam beras merah adalah untuk menjaga kesehatan tulang kita, dibarengi dengan manfaat magnesium dan kalsium.

B. Manfaat Beras Merah

1. Mencegah Diabetes
Mengganti beras putih dengan beras merah sangat dianjurkan bagi menu makan kita sehari-hari karena bsa membantu mengurangi serangan diabetes tipe dua, sekaligus baik bagi kesehatan jantung.

2. Bagus untuk Program Diet
Karena beras merah mempunyai indeks glikemik lebih rendah daripada beras putih, beserta kandungan seratnya lebih tinggi, beras merah dapat membantu tubuh Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini bagus untuk program diet Anda.

3. Bagus untuk Kecantikan Kulit
Beras merah membuat kulit tubuh kita menjadi lebih halus dan mengatasi alergi.

4. Penangkal Radikal Bebas
Beras merah mengandung banyak antioksidan sehingga radikal bebas dapat ditangkal.

5. Kandungan Vitamin B Tinggi
Kandungan vitamin B yang terdapat di beras merah cukup tinggi, sehingga mampu menangkal penyakit beri-beri.

Demikian kandungan gizi yang terdapat pada beras merah dibandingkan beras putih yang dapat saya informasikan beserta manfaatnya. Semoga membantu.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top