Sabtu, 11 Juni 2016

Ternyata Ini Khasiat Istimewa Berbuka Puasa dengan Kurma

Khasiat Berbuka Puasa dengan Kurma_Kurma, buah yang kepopulerannya meningkat drastis selama bulan Ramadhan ini memang sudah tak diragukan lagi mengenai khasiat-khasiat yang terkandung didalamnya. Buah yang mengandung gula alami yang disebut dengan fruktosa dan dekstroas inijuga  dapat dengan mudah dicerna tubuh dan juga bisa mengembalikan energi tubuh kita dengan cepat. Para pakar kesehatan sangat dianjurkan berbuka puasa dengan yang manis-manis terlebih dulu, akan tetapi sebaiknya pilihlah yang manisnya alami, seperti buah kurma ini. Apa istimewanya buah kurma? Mengapa Nabi Muhammad/Rasulullah SAW juga sangat menganjurkan berbuka puasa dengan buah kurma? Simak penjelasannya di bawah ini.
Khasiat Berbuka Puasa dengan Kurma

Khasiat Berbuka Puasa dengan Kurma

Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Kurma
Ada banyak kandungan nutrisi yang terkandung didalam buah kurma. Dalam hal ini, terutama nutrisi yang erat kaitannya dengan pemulihan energi kita setelah seharian kita menjalankan ibadah puasa.

Karbohidrat yang ada didalam buah kurma mempunyai angka glikemik rendah, sehingga dapat memulihkan tenaga kita dengan cepat tanpa mempunyai efek samping melemahkan tubuh. Dalam kurma matang, terdapat 80% kandungan gula.

Kurma juga banyak kandungan air dan seratnya, sehingga baik sekali untuk pencernaan sekaligus mencegah sembelit.

Kandungan lainnya berupa protein, sedikit lemak, berbagai mineral penting (fosfor, kalsium, sulfur, potasium, sodium, magnesium, tembaga, seng, cobalt, mangan, besi, asam folat dan beta karoten) juga vitamin A, B2, C, B12 dan K.

Mengonsumsi 5 butir buah kurma (sekitar 45gr) setara dengan mengonsumsi kalori sebanyak 115 kalori. Akan tetapi jika hanya untuk sekedar hidangan pembuka  berbuka puasa, jangan mengonsumsinya terlalu banyak. Karena jika mengonsumsinya terlalu banyak justru dapat membahayakan kondisi tubuh Anda.


Manfaat Buah Kurma untuk Berbuka Puasa
Setelah beruasa seharian penuh, lambung kita akan lebih maksimal dan mudah dalam menyerap makanan, seperti kurma yang mengandung gula alami. Karena 2/3 zat gula yang terkandung di kurma akan meningkatkan kadar gula tubuh dengan cepat sehingga tenaga kita bisa cepat pulih. Berikut ini manfaat buah kurma untuk berbuka puasa lebih lanjut:

1. Penyeimbang Tingkat Keasaman Darah
Setelah kita mengonsumsi makanan berupa karbohidrat dan protein (daging), bisa memicu tingkat keasaman darah naik. Dengan mengonsumsi kurma, maka tingkat keasaman darah kita akan seimbang karena kandungan yang terdapat didalam buah kurma ini.

2. Penjaga Kondisi Pencernaan
Ketika waktu berbuka puasa tiba, hindari mengonsumsi makanan berat seperti nasi beserta lauk pauk terlebih adhulu. Karena makanan berat seperti itu akan memberatkan kondisi pencernaan. Konsumsilah buah kurma sebagai pengganti nasi beserta lauk agar kondisi pencernaan tetap terjaga karena buah kurma sangat mudah dicerna.

3. Sebagai Salah Satu Sumber Energi yang Baik
Karena kurma mengandung glukosa yang sangat tinggi, sehingga mengonsumsi buah kurma saat berbuka puasa merupakan pilihan yang tepat karena tubuh juga cepat kembali bugar setelah sehari penuh menjalankan puasa.

4. Pencegah Sembelit
Dengan rutin mengonsumsi buah kurma akan dapat mencegah dan mengatasi sembelit karena kandungan tinggi serat yang terdapat didalam buah kurma sangat efektif dalam mencegah dan mengatasi masalah pencernaan kita.

Banyak manfaat yang terkandung dalam buah kurma sebagai hidangan pembuka kita saat berbuka puasa. Tak heran jika Rasulullah SAW pun menyarankan agar sebaiknya mengonsumsi buah kurma dengan air putih saja saat kita berbuka puasa.

Konsumsilah buah kurma secukupnya saja saat berbuka puasa agar tubuh kita tetap mendapatkan manfaat penuh dari buah kurma, bukan seballiknya. Semoga bermanfaat.

2 komentar

Buah kurma memang merupakan buah yang istimewa ya Mas...
Bahkan salah satu buah yang bisa temukan di Surga...
Terima kasih atas share khasiat berbuka puasa dengan kurma-nya... Mas...
Amiin...

Makasih mas atas penguatannya...
Tapi,,,hati-hati loh ya bagi yang sering sakit gigi. Jangan lupa segera menggosok gigi setelah makan kurma agar sakit giginya ga kambuh.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top