Kamis, 23 Juni 2016

Mengapa Kita Harus Mengonsumsi Beraneka Ragam Makanan yang Bergizi?

Mengapa Kita Harus Mengonsumsi Beraneka Ragam Makanan yang Bergizi?_Apa manfaat makanan yang bergizi untuk kesehatan tubuh manusia?_Selain mengonsumsi nasi beserta lauk- pauknya yang mengandung karbohidrat dan protein, Anda juga diharapkan memenuhi makanan dengan kandungan gizi yang seimbang. Dalam hal ini, Anda bisa mengonsumsi makanan yang banyak mengandung nutrisi serta vitamin. Mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang, membuat tubuh sehat dan yang pasti, penyakit tidak akan mendekat.
Manfaat makanan bergizi untuk kesehatan tubuh manusia
Mengonsumsi makanan dengan gizi yang tepat, memiliki banyak sekali manfaat, berikut detail pembahasannya.

Manfaat Mengonsumsi Makanan Bergizi
1. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh
Mengonsumsi ragam makanan sehat bisa diakukan dengan cara mengonsumsi banyak buah dan sayur mayur. Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin penting yang dibutuhkan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh meningkat. Salah satu jenis vitamin yang penting untuk dicukupi adalah vitamin C.

Vitamin C bisa didapatkan dari beragam jenis buah- buahan seperti jeruk, kiwi, mangga ataupun strawberry. Buah dan sayur yang kaya akan vitamin C bisa membantu Anda dalam menyehatkan tubuh dan menghindarkan diri dari ragam penyakit seperti jantung ataupun gangguan mata.

2. Menurunkan berat badan
Bagi Anda yang tengah dalam tahapan penurunan berat badan, sebaiknya rajin mengonsumsi makanan bergizi terutama buah dan sayuran. Buah dan sayur mengandung kalori rendah juga bebas dari lemak. Jikapun mengandung lemak, maka kandungan lemak tersebut merupakan jenis lemak baik dan dibutuhkan oleh tubuh.

Sering mengonsumsi buah juga sayuran, membantu tubuh dalam menurunkan jumlah kalori serta mampu membantu melakukan pembakaran pada persediaan lemak yang tertimbun dalam tubuh. Jika Anda berniat menurunkan berat badan, sebaiknya imbangi konsumsi menu sehat Anda dengan kebiasaan baik berolahraga.

3. Pencernaan mampu bekerja lebih baik
Mereka yang gemar mengonsumsi jenis makanan bergizi, bisa membuat sistem pencernaan dalam tubuh menjadi lancar. Kandungan serat dalam makanan bergizi juga bisa membuat Anda selalu merasa kenyang sehingga keinginan untuk makan berlebih akan berkurang.

4. BAB menjadi lancar
Kandungan serat dalam makanan bergizi, juga mampu membantu melancarkan proses metabolisme dalam tubuh. Alhasil, buang air besarpun akan menjadi lebih lancar. Selain itu, serat juga menghindarkan Anda dari feces yang keras sehingga mampu menurunkan resiko terkena wasir.

5. Tekanan darah dalam tubuh lebih terjaga
Di dalam buah, terdapat kandungan sehat berupa potasium yang mampu membantu menyeimbangkan tekanan darah dalam tubuh. Ada beberapa jenis buah dan sayur yang banyak mengandung potasium seperti buah pisang, wortel dan kentang.

6. Mencegah serta mengobati penyakit mematikan kanker
Hingga saat ini, penyakit kanker masih menjadi salah satu jenis penyakit mematikan yang diderita oleh banyak orang. Dengan secara rutin mengonsumsi jus buah serta sayuran, maka kanker bisa dicegah pertumbuhannya.

Terutama dalam jenis buah- buahan yang memiliki warna ungu dan merah, buah ini mengandung zat lycopine serta anthocyanins yang cukup tinggi. Zat- zat tersebut bermanfaat untuk mengobati serta mencegah terjangkitnya sakit kanker.

7. Tubuh menjadi terasa lebih segar
Bagi Anda yang ingin selalu memiliki tubuh yang sehat dan segar, maka mengonsumsi makanan sehat dan bergizi merupakan syarat utama. Tubuh yang segar dan sehat, membuat ragam aktivitas harian menjadi lancar dan terhindar dari tubuh yang mudah lelah.

Baca juga:
Setiap kali mengonsumsi makanan, pastikan jika Anda memakan jenis menu sehat yang terdiri dari empat kelompok makanan. Adapun jenis makanan ini adalah makanan pokok, sayur, buah dan lauk- pauk. Dengan gizi yang seimbang maka kesempatan terjangkitnya jenis penyakit entah yang ringan ataupun jenis penyakit yang berbahaya sekalipun, bisa dihindari.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top