Minggu, 24 Juli 2016

Apa Obat Sakit Perut?

Apa Obat Sakit Perut?_Mendeteksi faktor penyebab sakit perut memang bukanlah hal yang mudah, mengingat organ di bagian perut juga cukup beragam. Semua organ-organ tersebut memiliki peranan penting yang akan mempengaruhi kinerjanya apabila terjadi masalah kesehatan. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui obat sakit perut yang tepat sesuai dengan tanda gejala serta diagosa yang di temukan.
cara mengobati sakit perut dengan cepat dan alami

Pengobatan Alami Sakit Perut

1. Kunyit
Merupakan salah satu obat sakit perut yang digunakan untuk mengatasi diare. Anda dapat merebus setengah jari kunyit, kayu ules 1 buah, teh rasuk angin setengah sendok makan, daun tawas 1 lembar, dan ketumbar 3 biji dalam air sebanyak 1 gelas.

Konsumsi sebanyak 2 kali dalam sehari. Selain untuk mengatasi diare, bahan-bahan alami di atas juga dapat bermanfaat untuk mengatasi sakit perut pada bagian lambung atau maag.

2. Jahe
Merebus air jahe merupakan salah satu pengobatan untuk sakit perut yang diakibatkan oleh masuk angin. Ketika perut terasa penuh, kembung, dan disertai susah bernafas, maka Anda dapat segera menyiapkan ramuan tradisional yang satu ini.

3. Teh Hangat
Merupakan salah satu pengobatan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit perut, seperti pada wanita yang sedang menstruasi. Dengan meminum teh hangat saat masa menstruasi, maka rasa nyeri pada perut yang dirasakan akan segera pulih.

4. Daun Delima Putih
Cara mengobati sakit perut berikutnya juga dapat menggunakan obat alami yang terbuat dari daun delima putih sebanyak 5 gram, dicampur dengan temugiing 2 gram, dan jambu biji 6 gram. Rebus semua bahan alami tersebut di dalam 4 gelas air.

Tunggu hingga mendidih dan air hanya tersisa 2 gelas. Konsumsi sebanyak 1 kali dalam sehari.

5. Daun Iler
Daun Iler

Untuk mengobati sakit perut dengan daun iler, Anda perlu menyiapkannya sebanyak 6 lembar, beserta garam dan air hangat. Pertama-tama, silahkan cuci daun iler dan tambahakn sedikit garam. Kemudian kunyah daun iler tersebut hingga halus dan telan.

Terakhir, minum air hangat yang telah disiapkan agar daun iler yang dikunyah dapat segera masuk ke dalam lambung. Lakukan pengobatan alami yang satu ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

6. Air Putih
Obat sakit perut berikutnya yang juga dapat Anda gunakan adalah dengan air putih, terutama sakit perut yang terjadi akibat sakit batu ginjal. Air putih memang terbukti memiliki khasiat yang sangat baik untuk berbagai permasalahan kesehatan.

Oleh sebab itu, sebagai pengobatan batu ginjal, Anda dapat meminumnya sekitar 2 liter dalam sehari.

7. Sayur dan Buah-buahan
Solusi kesehatan berikutnya untuk mengatasi sakit perut yaitu dengan meningkatkan konsumsi sayur dan buah, terutama untuk penyakit konstipasi. Dengan sayur dan buah, maka frekuensi buang air besar akan lebih lancar karena serat dan vitamin yang banyak terkandung di dalamnya.

Anda dapat memakan buah atau sayur secara langsung maupun dengan cara mengolahnya menjadi jus terlebih dahulu.

Apakah Perlu Berobat Ke Dokter?
Memang sakit perut menjadi salah satu permasalahan kesehatan yang sering dialami oleh sebagian besar orang. Adanya rasa nyeri di bagian perut tanpa adanya gejala mungkin membuat mereka memutuskan untuk melakukan pengobatan sendiri, seperti daftar obat alami untuk sakit perut yang telah kami bahas di atas.

Namun, tidak selamanya sakit perut bisa di sembuhkan hanya menggunakan pengobatan alami. Jika anda mengalami sakit perut dengan gejala seperti di bawah ini, sebaiknya anda langsung konsultasi ke dokter.

1. Sakit perut disertai muntah, diare, suhu badan tinggi, serta mual.
2. Sakit perut dengan lokasi spesifik, tak kunjung sembuh, dan terus memburuk.

Demikian info seputar obat sakit perut yang dapat kami sampaikan. Jika Anda merasakan gejala sakit perut yang tak kunjung membaik sebaiknya segera pergi ke dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top