Kamis, 28 Juli 2016

Cara Bermain Bulu Tangkis Tunggal dan Ganda

Cara Bermain Bulu Tangkis Tunggal dan Ganda_Bulutangkis/badminton menjadi olahraga permainan yang begitu diminati masyarakat Indonesia. Sehingga tak heran, banyak pebulutangkis Indonesia yang mempunyai prestasi mendunia, sebut saja, Taufik Hidayat, Rudi Hartono, Susi Susanti dan masih banyak lagi yang lainnya. Para legenda bulutangkis Indonesia tersebut mempunyai gaya-gaya khas dalam permainannya. Taufik Hidayat misalnya, terkenal dengan backhand smashnya, Susi terkenal dengan permainan ala balet yang indah hingga Lim Swie King yang terkenal dengan smash mautnya.
Cara Bermain Bulu Tangkis Tunggal dan Ganda
Semua pemain bulutangkis tingkat dunia pasti memliki strategi permainan di tiap nomor seperti di nomor tunggal maupun nomor ganda. Untuk anda para pemula yang insin lebih mendalami olahraga ini ,berikut kami share tehnik atau cara bermain bulutangkis untuk tunggal maupun ganda. Silahkan disimak

A. Strategi Pemain Tunggal Bulutangkis
Cara Bermain Bulu Tangkis Tunggal
Baik pemain tunggal maupun ganda pasti memiliki strategi khusus yang harus dijalankan supaya bisa memenangkan pertandingan. Strategi keduanya sangat lah berbeda mulai dari cara menyerang, cara bertahan, pola permainan dan lain-lain.
Pemain tunggal pastinya harus memiliki stamina yang baik karena lapangan hanya dikuasai oleh satu orang saja.

1. Bermain Footwork
Beda dengan nomor ganda yang bermain team work, di nomor tunggal Anda bermain dengan footwork. Disini Anda mengandalkan kecepatan kaki untuk menyerang lawan. Usahakan buat kejutan lawan dengan cara menangkis secara cepat pukulan lawan.
Selain itu usahakan raket sampai bola dari pukulan lawan dengan sedikit waktu. Pebulutangkis profesional memerlukan waktu 2 dertik sampai di net dari belakang karena memiliki footwork yang bagus.

2. Jangan Monoton
Variasikan gerakan Anda seperti netting lalu drive shoot, pancing lawan Anda kebelakang lalu smash keras atau bermain rally. Variasi ini berguna untuk mengecoh lawan dari pukulan Anda karena biasanya pukulan monoton sangat mudah untuk ditebak lawan.

3. Jangan Terburu-buru
Bila Anda memiliki pukulan smash yang keras, maka jangan terburu-buru matikan lawan dengan smash, karena bisa menguras banyak tenaga Anda. Mulailah dengan netting tipis dan lob serang ke daerah lawan sampai ada kesempatan menyerang, lalu bisa langsung smash.
Di nomor tunggal, permainan yang tergesa-gesa tanpa memperhatikan taktik justru akan menyebabkan kelelahan.

4. Tingkatkan Stamina
Daya tahan tubuh menjadi hal paling utama jika Anda bermain di nomor tunggal, sehingga untuk memenangkan pertandingan, Anda bisa menambah stamina dengan cara olahraga seperti lari, renang dan olahraga kardio lainnya.

B. Strategi Pemain Ganda Bulutangkis
Cara Bermain Bulu Tangkis Ganda
Di nomor ganda, hal vital yang harus diperhatikan adalah kerja sama tim. Karena sebagus-bagusnya pemain ganda kalau tidak ada team work yang baik maka akan menjadi team yang lemah.
Selain itu, buang jauh-jauh sikap saling mendominasi dan saling mengandalkan dengan pasangan kita.

1. Strategi Kanan-Kiri
Strategi ini merupakan strategi bertahan.  Posisi bertahan harus dibagi menjadi dua yaitu bagian kanan dan kiri. Hal ini dimaksudkan untuk menahan serangan lawan yang biasanya mencari ruang kosong lapangan.

Bagilah lapangan itu dengan kawan Anda. Siapa yang memukul jika bola lawan di bagian tengah, di kanan pojok atau di kiri depan. Semuanya harus ada pembagian yang jelas tentang kewajiban memukul bola.

Posisi yang paling sulit dalam bertahan ini berada di tengah antar pasangan. Karena biasanya lawan akan menyerang di bagian tengah lapangan Anda. Solusinya yaitu satukan hati dengan kawan Anda dan perbanyak pengalaman bermain.

2. Strategi Depan-Belakang
Beda dengan bertahan, strategi ini dipakai jika dalam posisi menyerang. Bagilah posisi di depan net dan di belakang. Tugas yang berada di depan net adalah menghalau dan mencegat bola dari lawan secara taktis dan cepat. Sementara tugas yang dibelakang adalah melakukan smash keras, dropshoot tajam dan lob serang yang bagus.

Sehingga pahami kemampuan Anda dengan pasangan. Orang yang memiliki netting yang baik dengan pukulan drive kencang dan mematikan sangat cocok berada di depan. Dan orang yang memiliki pukulan smash yang keras dan dropshoot yang tajam cocok berada di belakang.

Namun tetap pegang prinsip jangan mengandalkan orang lain. Meskipun Anda tidak memliki smash yang keras, tetapi Anda juga harus siap untuk berotasi dan berganti posisi dengan kawan Anda  jika pasangan dalam keadaan lelah mensmash lawan.

Demikian tentang Teknik Bermain Bulutangkis Tunggal dan Ganda. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top