Rabu, 27 Juli 2016

Cara Bermain Tenis Lapangan yang Baik dan Benar untuk Pemula

Cara Bermain Tenis Lapangan yang Baik dan Benar untuk Pemula_Tenis lapangan berbeda dengan tenis meja. Di tenis lapangan ini tempat yang digunakan lebih luas dibanding tenis meja dan bulutangkis. Tenis lapangan masih menjadi olahraga kelas menengah ke atas, karena biaya untuk memainkannya terbilang mahal. Dalam permainannya, tenis lapangan dimainkan oleh satu orang (single) sampai dua orang (double). Lapangan yang digunakanpun bervariasi, mulai dari lapangan bersemen, rumput hingga tanah. Berikut di bawah ini adalah panduan singkat cara bermain tenis lapangan buat pemula. Silahkan disimak.
Cara Bermain Tenis Lapangan yang Baik dan Benar untuk Pemula

Teknik Dasar Permainan Tenis Lapangan

1. Cara Memegang Raket
Cara Memegang Raket

Cara memegang raket di tenis lapangan berbeda dengan bulutangkis. Di tenis lapangan, Anda pegang di ujung raket. Dalam teknik memegang ini harus diperhatikan karena mengingat berat dari raket yang cukup berat.
Eastern_Western-Continental

a. Eastern
Cara memegang ala eastrean ini merupakan cara yang paling mudah untuk pemula. Tekniknya hampir sama dengan berjabat tangan yaitu memegang dari leher raket lalu turun ke ujung gagang raket. Kelebihan dari pegangan ini yaitu sangat mudah untuk memukul volley.

b. Western
Teknik ini hampir sama dengan cara tangan memegang wajan yang dimana posisi pangkal telunjuk berada di bawah raket. Teknik westren sangat cocok digunakan dalam pukulan top spin dan ekstrim.

c. Continental
Pegangangan ini biasanya dipakai oleh pemain dulu yang masih menggunakan raket kayu. Sangat cocok digunakan untuk pukulan mendatar dan mengiris. Genggaman yang kuat mirip mencengkram menjadi ciri khas dari continental ini.

2. Pukulan Tenis Lapangan
a. Servis
Pukulan servis yaitu pukulan yang dilakukan pertama kali untuk mengawali permainan tenis. Anda bisa melakukan servis di belakang garis lapangan dengan cara mengangkat bola tenis ke atas lalu ayunkan raket ke arah bola dan pukul dengan keras dengan memperhatikan arah bola.

b. Pukulan Melambung (lob)
Pukulan ini dimaksudkan untuk menghasilkan bola melambung tinggi ke arah belakang lawan. Anda bisa melakukan lob untuk pertahanan, karena lawan akan mengambil bola dari Anda cukup lama dan disitulah kesempatan untuk mengatur strategi.

c. Pukulan Chop
Pukulan ini dimaksudkan untuk menahan bola dari lawan dengan sedikit menahannya. Caranya pukulah bola dari lawan dengan forehand atau backhand namun raket agak dimiringkan sedikit.

d. Smash
Smash adalah pukulan yang sangat keras dari atas dengan memukul bola ke lawan. Smash sangat cocok untuk strategi menyerang, karena dengan smash yang keras, lawan dimungkinkan untuk tidak bisa mengembalikan bola dan bisa menghasilkan poin untuk Anda.

e. Forehand dan Backhand
Forehand merupakan pukulan yang dilakukan dengan telapak tangan menghadap ke depan, sementara backhand merupakan pukulan yang dilakukan dengan telapak tangan menghadap ke belakang.
Caranya ayunkan raket Anda dengan cara memukul bola lawan secara keras, tajam dan menukik. Arahkan bola Anda ke tempat lawan yang kosong.

f. Pukulan Volley
Pukulan ini adalah pukulan yang dilakukan sebelum bola dari lawan memantul di lapangan. Biasanya dilakukan untuk menerima serangan lawan berupa smash. Untuk pukulan volley yang mudah, Anda bisa gunakan pegangan tangan forehand eastern.

3. Teknik Menerima Servis
Posisi tubuh dalam menerima servis dari lawan yaitu sikap siap dan waspada dengan pukulan lawan yang terkadang sulit ditebak.

Tempatkan diri Anda di belakang garis jika Anda pemain tunggal. Lalu pegang raket di depan badan dan tangan lain memegang leher raket. Posisi raket setinggi bahu, berdiri dengan kaki terbuka, berat badan agak condong ke depan dan pandangan melihat net dan arah datangnya bola.

Demikian tentang cara- cara dalam bermain tenis lapangan. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top