Sabtu, 23 Juli 2016

Cara Membuat BPJS Kesehatan untuk Keluarga

Cara Membuat BPJS Kesehatan untuk Keluarga_Membuat BPJS Kesehatan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu online dan offline. Jika ingin menghindari antrian di kantor BPJS serta mendaftar dengan cara yang praktis dan singkat, kami sarankan untuk memilih pendaftaran secara online. Berikut kami share cara mendaftar BPJS baik secara offline maupun secara online. Silahkan di simak, semoga bermanfaat.
Cara Membuat BPJS Kesehatan untuk Keluarga
A. Cara Membuat BPJS Kesehatan secara Offline

1. Siapkan berkas-berkas yang diperlukan sebagai berikut :

  • Fotokopi KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • Fotokopi KK (Kartu Keluarga)
  • Pas foto berwarna ukuran 3x4 (2 lembar)
  • Formulir pendaftaran yang diisi di lokasi

2. Silakan datang ke kantor BPJS terdekat.

3. Selanjutnya, Anda dapat mengambil nomor kode pendaftaran yang telah disediakan. Sebaiknya datang sepagi mungkin untuk mengantisipasi banyaknya antrian.

4. Setelah mendapatkan nomor kode pembayaran, silahkan Anda melakukan menyetor uang ke bank-bank yang telah ditunjuk, yaitu BRI, BNI, dan Mandiri.

5. Setelah melakukan pembayaran di salah satu bank yang telah disebutkan di atas, silahkan datang kembali ke kantor BPJS dengan menunjukkan slip pembayaran dan Anda akan memperoleh kartu anggota.

B. Cara Membuat BPJS Kesehatan secara Online

1. Siapkan berkas-berkas yang diperlukan sebagai berikut :

  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi KK
  • Kartu NPWP
  • Nomor handphone yang masih aktif
  • Alamat email

2. Silahkan membuka situs resmi dari BPJS yaitu bpjs-kesehatan.go.id, yang dapat diakses dengan mudah melalui mobile phone maupun komputer.

3. Setelah memasuki halaman website BPJS, Anda akan diarahkan untuk mengisi data diri secara lengkap, pilihan kelas yang dapat digunakan, serta fasilitas kesehatan tingkat I serta fasilitas kesehatan gigi yang dapat dijadikan pilihan sebagai lokasi rujukan.  Selain itu, juga terdapat layanan khusus untuk Warga Negara Asing yang akan melakukan pendaftaran BPJS.

4. Setelah semua data terisi, lanjutkan dengan memilih biaya iuran tiap bulan yang dibebankan berdasarkan pilihan kelas, yaitu mulai Rp 25.500,00 untuk kelas III dan Rp 59.500,00 untuk kelas I.

5. Jika semua data telah diisi, lanjutkan dengan penyimpan data dan tunggu hingga muncul notifikasi nomor registrasi pada email Anda. Selanjutnya Anda dapat mencetak Virtual Account.

6. Lakukan pembayaran dengan menyetor uang ke bank-bank yang telah ditunjuk, yaitu BRI, BNI, dan Mandiri, seperti pada pendftaran BPJS secara offline.

7. Dari Teller Bank, Anda akan mendapatkan bukti pembayaran, tentunya setelah menyerahkan uang dan menunjukkan nomor Virtual Account.

8. Saat ini BPJS Anda telah aktif. Anda dapat melakukan pengecekan melalui email dengan adanya balasan berupa E-ID Card dari BPJS dan Anda dapat langsung mencetaknya.

9. Silakan melakukan pencetakan kartu BPJS dengan datang ke kantor terdekat (tanpa melakukan antrian seperti pendaftaran offline), dengan menunjukkan semua data, formulir pendaftaran yang telah diisi, Virtual Account, serta bukti pembayaran dari Bank.

C. Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Melakukan Pendaftaran BPJS Online

1. Pembayaran iuran paling lambat setiap tanggal 10 per bulannya, dan akan diberlakukan denda 2% jika terlambat.

2. Sebaiknya melakukan pendaftaran pada awal bulan agar tidak rugi biaya.

3. Kartu E-ID yang dikirimkan melalui email dapat diprint sendiri oleh masing-masing peserta BPJS.

4. Faskes IGD adalah hanya melayanai penyalanan darurat, tanpa pengobatan.

5. Tidak ada perbedaan dalam pelayanan medis yang diberikan, mulai dari  jenis dan kualitas obat, serta tindakan medis yang diberikan. Yang menjadi perbedaan hanya pada ruang rawat inap. Kelas I akan ditempatkan di ruang rawat inap kelas I, kelas II akan ditempatkan di ruang rawat inap kelas II, begitu juga dengan kelas III.

6. Misal Anda terdaftar di kelas I dan ingin naik menjadi kelas VIP, maka penghitungannya adalah biaya VIP (16 juta) dikurangi INA-CBGs (5 juta).

Demikian tentang Cara Membuat BPJS Kesehatan Keluarga. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top