Kamis, 07 Juli 2016

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi_Kehadiran sang buah hati dalam kehidupan berumah tangga merupakan anugerah terindah yang dirasakan oleh setiap pasangan. Mereka akan senantiasa menjaganya hingga tumbuh menjadi seorang yang dewasa. Namun, dalam menjalani proses tersebut seringkali anak-anak akan mengalami permasalahan kesehatan. Masalah yang lebih mengkhawatirkan adalah apabila terjadi pada anak yang masih menginjak usia bayi. Para orangtua kerapkali mengalami kesulitan untuk mencari solusi yang tepat ketika bayi sedang terserang penyakit, seperti flu yang membuat hidung bayi tersumbat. Namun, dengan membaca artikel ini selangkapnya, Anda tidak perlu merasa khawatir saat menghadapi bayi yang mengalami hidung tersumbat karena kami akan memberikan solusi kesehatan untuk Anda.
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi
Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

1. Gunakan Uap Air Panas
Mengatasi hidung tersumbat yang terjadi pada bayi juga dapat dilakukan menggunakan cara yang sama untuk orang dewasa yaitu memanfaatkan uap air panas.

Namun, Anda harus menambahkan beberapa tetes minyak telon ke dalamnya dan menggendong bayi dengan posisi telungkup ke dalam wadah yang berisi air panas tersebut. Pastikan Anda menggendong bayi dengan erat.

Selain menggunakan uap air panas yang telah diberi beberapa tetes minyak telon, Anda juga dapat memanfaatkan asap dari rice cooker sebagai solusi lainnya.

2. Menghangatkan Tubuh Bayi
Bayi yang sedang mengalami hidung tersumbat akibat penyakit flu tentu akan membutuhkan ekstra kehangatan untuk memperbaiki kondisi fisiknya. Sehingga Anda harus segera tanggap untuk menghangatkan tubuh bayi menggunakan selimut atau dengan menjemur di bawah sinar matahari pagi.

Jangan lupa untuk selalu memandikan bayi menggunakan air hangat untuk memperbaiki kondisi tubuhnyayang tidak fit akibat flu serta untuk melegakan jalan nafasnya.

3. Memijat Hidung Bayi dengan Lembut
Kondisi hidung bayi yang masih sangat sensitif harus diperlakukan dengan ekstra hati-hati. Untuk mengatasi hidung tersumbat pada bayi, Anda dapat memijat perlahan pada bagian atas hidung bayi hingga bawah.

Dengan cara tersebut, lendir yang menyumbat di rongga hidung bayi dapat keluar. Pastikan Anda menggunakan sapu tangan dengan bahan yang sangat lembut serta menggunakan cotton bath lembab saat mengusapnya. Anda harus benar-benar melakukan cara ini secara pelahan dan berhati-hati.

4. Menyedot Ingus
Solusi selanjutnya yang dapat digunakan untuk mengatasi hidung bayi yang tersumbat adalah dengan cara menghisapnya menggunakan alat khusus, yang sudah tersedia di berbagai apotek.

Sebelum menggunakan alat tersebut, sebaiknya Anda membaca petunjuk yang tertera pada kemasan serta melakukannya dengan hati-hati dan perlahan karena kulit bayi terutama bagian rongga hidung yang masih sangat sensitif.

5. Menggunakan Kencur
Cara mengatasi bayi yang mengalami hidung tersumbat berikutnya adalah dengan mamanfaatkan tanaman herbal yang sangat kaya manfaat yaitu kencur. Anda harus memarut kencur terlebih dahulu sampai halus kemudian peras hingga mengeluarkan air.

Minumkan perasan tersebut pada bayi Anda (usia lebih dari 6 bulan) untuk mengatasi hidungnya yang tersumbat.

6. Berikan Nutrisi yang Sehat
Untuk menjaga bayi dari serangan flu yang akan memicu terjadinya hidung tersumbat, sebaiknya Anda selalu memberikan makanan bergizi sesuai dengan usianya.

Jika bayi masih berusia 6 bulan dan minum ASI saja, sebaiknya Anda selalu menjaga pola makan yang sehat sehingga nutrisi yang terkandung di dalam ASI juga lebih berkualitas.

Begitu juga degan bayi-bayi yang sudah mulai menerima makanan pendamping ASI, sebaiknya selalu mendapatkan gizi yang seimbang serta terjaga kebersihannya. Sehingga sistem kekebalan tubuhnya tetap terjaga dan tidak mudah terserang penyakit flu dengan hidung tersumbat.

7. Menggunakan Minyak Kayu Putih
Anda dapat mengoleskan sedikit minyak kayu putih ke bagian dada, punggung, serta leher bayi untuk melegakan jalan nafasnya serta membuat lendir atau ingus cepat mencair. Sebaiknya Anda tidak terlalu banyak mengoleskannya karena dapat membuat bayi merasa panas.

Demikian Tips Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top