Selasa, 26 Juli 2016

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang Bagian Bawah

Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang Bagian Bawah_Hampir bisa dipastikan jika semua orang tentu pernah merasakan yang namanya nyeri tulang belakang terutama di bagian bawah. Seseorang yang tengah menderita nyeri tulang belakang, umumnya merasakan rasa nyeri atau bisa pula pegal di bagian ruas tulang belakang. Rasa pegal yang sangat menyiksa, tentunya sangat mengganggu aktivitas kita jika tidak segera di obati. Lantas bagaimana cara mengatasi rasa pegal pada tulang belakang yang menyiksa tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.
Cara Mengatasi Nyeri Tulang Belakang Bagian Bawah

A. Cara Jangka Pendek Mengatasi Nyeri Tulang Belakang Bagian Bawah 

1. Bergerak secara aktif
Jika dulu mereka yang mengalami nyeri tulang belakang dianjurkan untuk beristirahat hingga sakitnya hilang, maka sekarang beda lagi. Mereka yang mengalami sakit punggung dan memilih diam saja tanpa aktivitas terutama dalam jangka waktu yang panjang, justru menambah resiko mengidap sakit nyeri punggung yang kronis.

Untuk mengatasi sakit nyeri tulang belakang, sebaiknya anda bergerak atau melakukan kegiatan yang bisa mengalihkan anda dari rasa sakit yang muncul. Mereka yang bergerak dengan aktif, malah lebih cepat sembuh dibandingkan dengan yang sama sekali tidak bergerak.

Jika memang aktivitas malah menimbulkan rasa tidak nyaman, sebaiknya anda memulainya dengan aktivitas ringanyang tidak terlalu menganggu. Hindari kegiatan berat untuk menghindari nyeri yang semakin parah.

2. Obat pereda nyeri
Beberapa obat yang digunakan untuk meredakan nyeri antara lain adalah yang sebagai berikut.

  • Obat anti-inflamasi non steroid sebagai contohnya adalah ibuprofen
  • Paracetamol
  • Kodein yang memiliki sifat lebih keras dan terkadang digunakan bersamaan dengan paracetamol

3. Terapi dingin dan panas
Salah satu cara meredakan nyeri di bagian tulang bawah adalah dengan melakukan terapi dingin dan panas. Temperatur yang berubah, bisa digunakan untuk membantu melancarkan sistem peredaran darah sehingga nyeri yang dirasakan bisa mereda.

Cara melakukan terapi dingin dan panas, bisa dilakukan dengan menempatkan benda dingin atau benda dengan suhu hangat pada bagian tubuh yang terasa sakit.

Bagi anda yang menggunakan es untuk meredakan nyeri, hindari menempelkan es secara langsung ke kulit. Bungkus es menggunakan kain basah lalu tempelkan pada tubuh anda yang sakit. Langkah selanjutnya adalah dengan mengompres hangat punggung dengan kain hangat.

Cara meredakan nyeri selain menggunakan air hangat untuk mengompres, anda juga bisa mandi menggunakan ar hangat.  Terapi panas, bukan hanya bisa dilakukan dengan air, melainkan juga bisa dengan menggunakan koyo.

4. Ubah gaya hidup
Mengubah gaya hidup untuk lebih baik, merupakan cara tepat untuk mengatasi begitu banyak masalah kesehatan. Bagi anda yang memiliki berat badan berlebih, postur tubuh buruk, atau stres, maka melakukan olahraga secara teratur merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi rasa nyeri yang muncul.

B. Cara Jangka Panjang Mengatasi Nyeri Tulang Belakang Bagian Bawah 

1. Akupuntur
Akupuntur merupakan salah satu metode pengobatan yang berasal dari Tiongkok. Pengobatan ini dilakukan dengan cara memasukkan jarum halus di beberapa titik berbeda pada tubuh manusia. Perawatan akupuntur, dilakukan selama 3 bulan dan terdiri dari sepuluh sesi.

2. Terapi manual
Melakukan terapi manual, bisa dilakukan dengan berkonsultasi pada osteopati atau fisioterapi. Dalam mengurangi rasa nyeri yang muncul, ahli terapi akan membantu anda mengatasi nyeri dengan melakukan ultrasound, teknik pelemasan otot serta stimulasi ekektrik.

Bagi anda yang tengah merasakan nyeri tulang belakang bagian bawah, maka cara-cara di atas, bisa dilakukan untuk mengatasi gejala yang muncul. Selamat mencoba.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top