Sabtu, 09 Juli 2016

10 Cara Menjaga Kesehatan Ginjal secara Alami

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal secara Alami_Menjaga kesehatan ginjal sebenarnya bukanlah hal yang sulit karena Anda hanya perlu menerapkan pola hidup sehat. Ginjal merupakan salah satu organ yang memiliki peranan penting dalam membuang racun-racun yang sudah tidak dibutuhkan oleh tubuh. Jadi, dengan menjaga kesehatan ginjal, maka kondisi tubuh Anda akan selalu dalam keadaan optimal. Adapun beberapa cara menjaga kesehatan ginjal secara alami yang dapat Anda terapkan adalah sebagai berikut :
Cara Menjaga Kesehatan Ginjal secara Alami

1. Minum Air Putih
Salah satu cara paling utama yang harus dilakuakn untuk mengontrol kondisi kesehatan ginjal secara alami adalah dengan rutin  minum air putih. sebaiknya Anda selalu memenuhi kebutuhan air dalam tubuh minimal sebanyak 2 liter atau 8 gelas dalam sehari.

2. Makan Makanan Bergizi
Ginjal merupakan salah satu organ yang juga bertugas dalam menyaring sari-sari makanan dan dikeluarkan dalam bentuk air kencing. Oleh sebab itu, untuk menjaga kondisi ginjal senantiasa dalam keadaan sehat, sebaiknya Anda selalu memperhatikan jenis-jenis makanan yang akan dikonsumsi.

Perbanyak konsumsi buah dan sayur karena kandungan vitamin, mineral, serta zat besi dalam jenis makanan tersebut akan membuat ginjal selalu dalam kondisi sehat dan tidak akan membutuhkan ekstra tenaga saat sedang menjalankan tugasnya.

3. Rajin Berolahraga
Kegiatan ini memang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kebugaran serta kesehatan tubuh. Salah satunya adalah untuk mengatasi penyakit ginjal. Anda tidak perlu melakukan aktivitas yang berat, melainkan hanya dengan berjalan kaki rutin setiap hari atau jogging.

4. Hindari Konsumsi Obat Sembarangan
Cara menjaga kesehatan ginjal berikutnya juga dapat dilakukan dengan selalu menghindari konsumsi obat yang tidak sesuai dengan anjuran dokter. Sebab, efek samping obat yang dihasilkan juga sangat beragam dan tanpa pengetahuan khusus justru obat-obatan tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada ginjal.

5. Jangan Stress
Salah satu pantangan yang juga harus Anda hindari untuk selalu menjaga kondisi jantung tetap sehat adalah dengan menjaga pikiran tetap dalam kondisi rileks dan tidak mudah stress.

Sebab kondisi pikiran yang stress merupakan salah satu pemicu terjadinya kekacauan kinerja ginjal.

6. Rutin Melakukan Pemeriksaan pada Ginjal
Untuk lebih meyakinkan saat mengontrol kondisi kesehatan ginjal, maka Anda harus selalu menyempatkan diri untuk periksa ke berbagai tempat pelayanan kesehatan, terutama untuk melakukan check up lengkap gijnjal.

Dengan tindakan tersebut, maka Anda akan seera mengetahui apabila terdapat kelainan pada ginjal serta penanganan yang tepat dapat segera diberikan.

7. Menjaga Berat Badan
Kondisi lemak yang menumpuk pada orang yang obesitas tentu juga menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kerusakan pada ginjal karena terjadinya penekanan yang berlebihan di bagian perut serta dalam kurun waktu yang lama.

Tak jarang, penyakit ginjal banyak menghampiri orang-orang yang mengalami obesitas. Sehingga sangat dianjurkan bagi Anda untuk selalu menerapkan pola hidup sehat, baik dalam hal makanan, olahraga, serta jadwal istirahat yang cukup.

8. Kontrol Gula Darah
Selain penderita obesitas, masalah pada ginjal juga sangat sering diakibatkan oleh mereka yang memiliki kadar gula terlalu tinggi. Oleh sebab itu, Anda juga harus mengetahui cara-cara untuk mencegah penyakit gula darah sebelum berakibat fatal pada kesehatan ginjal Anda.

9. Menjaga Tekanan Darah
Tahukah Anda bawah pemicu terjadinya penyakit pada ginjal berikutnya adalah tekanan darah yang terlalu tinggi. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, Anda harus mampu mengontrol tekanan darah dalam kondisi normal, dengan cara menjaga pikiran tetap rileks, mengontrol pola makan, dan juga pola istirahat.

10. Bergerak Aktif
Selain berolaharga, sebaiknya Anda juga membiasakan diri untuk bergerak aktif di sela-sela kesibukan. Karena hal tersebut akan memberikan hasil yang baik untuk kesehatan jantung Anda.

Jika aktivitas berkeja Anda didominasi dengan duduk, sebaiknya Anda selalu menyempatkan diri untuk sekedar berjalan-jalan dan menggerakkan anggota tubuh.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top