Sabtu, 16 Juli 2016

7 Manfaat Lari di Siang Hari untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Lari di Siang Hari untuk Kesehatan Tubuh_Salah satu olahraga paling murah sekaligus paling efektif mengurangi lemak tubuh adalah berlari. Lari dapat dilakukan dimana saja tanpa peralatan yang rumit serta dapat dilakukan pagi maupun siang hari. Biasanya orang melakukan olahraga lari di pagi hari. Tapi, kini muncul tren baru yakni lari di siang hari. Apa manfaat dari lari di siang hari? Berikut ini ulasan singkat mengenai manfaat lari di siang hari untuk kesehatan tubuh.
Manfaat Lari di Siang Hari untuk Kesehatan Tubuh
7 Manfaat Lari di Siang Hari untuk Kesehatan Tubuh

1. Mempercepat Proses Pembakaran Lemak
Lari di siang hari cocok dilakukan oleh orang yang mengalami obesitas. Hal ini disebabkan karena enzim pencernaan akan menghancurkan lemak lebih cepat dalam kondisi cuaca yang lembab dan panas. Lemak dalam tubuh akan dikeluarkan bersama dengan keringat. Sehingga pengurangan berat badan pun akan lebih efektif.

Saat melakukan lari di siang hari sebaiknya pilih tempat yang tidak terlalu terik, pilih tempat yang teduh dan berudara segar.

2. Menjaga Kestabilan Metabolisme Tubuh dan Kesehatan Jantung

Manfaat lari di siang hari hampir sama dengan lari di pagi hari. Lari di siang hari dapat melancarkan peredaran darah dan mampu menjaga stamina hingga sore hari. Dengan peredaran darah yang lancar, aliran oksigen ke seluruh tubuh pun juga menjadi lancar. Selain itu juga membantu menguatkan otot dan menjaga kerja katub jantung agar tetap stabil.

3. Mengurangi Resiko Stres
Metabolisme tubuh dan kinerja jantung dapat terganggu oleh adanya stres yang berlebihan. Dengan berlari di siang hari di tempat yang teduh, banyak pepohonan, atau di dalam gedung olahraga dapat membantu mengurangi tekanan sekaligus menyegarkan pikiran sehingga resiko terkena stres pun berkurang.

4. Mengoptimalkan Pembakaran Lemak
Berlari di siang membantu tubuh lebih mudah untuk berkeringat. Sehingga tubuh pun menjadi lebih cepat membakar lemak dan mengurangi jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Jika jumlah kolesterol jahat menurun, Kinerja jantung pun akan menjadi lebih baik karena tidak ada yang menghalangi peredaran darah.

5. Mengurangi Resiko Terkena Kanker
Saat tubuh melakukan pembakaran lemak dengan cepat, kinerja jantung pun bisa lebih optimal sehingga proses metabolisme tubuh pun menjadi lebih stabil. Pada metabolisme tubuh yang berjalan dengan baik, sel-sel kanker akan sulit berkembang. Tubuh pun akan lebih sehat dan lebih kuat menghadapi serangan radikal bebas penyebab kanker.

6. Mengurangi Pengeroposan tulang
Dengan menambah frekuensi berolahraga, kepadatan tulang juga akan semakin bertambah. Kalsium dalam tulang pun termanfaatkan dengan optimal sehingga resiko terkena pengeroposan tulang pun akan berkurang.

7. Meningkatkan Konsentrasi
Sel-sel saraf dan pembuluh darah di dalam otak akan aktif saat kita berlari. Hal ini mengakibatkan sel otak menjadi lebih sehat dan lebih mudah menerima rangsangan. Sehingga konsentrasi pun dapat terus terjaga.

Di samping memberikan manfaat positif, ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat kita memutuskan untuk berlari di siang hari yakni :

  • Pilih tempat yang tidak terlalu terik atau tempat yang teduh seperti di gedung olahraga. Hal ini untuk menghindari dehidrasi akibat terlalu banyak cairan yang keluar karena cuaca yang panas.
  • Gunakan pakaian yang menyerap keringat. Biasanya orang menggunakan jaket agar tubuh lebih banyak mengeluarkan keringat. Akan tetapi kadang jaket justru membuat penguapan keringan terhambat dan bisa mengakibatkan orang tersebut terkena heat stroke.
  • Jangan memaksakan diri, sesuaikan jadwal berlari Anda dengan waktu luang yang Anda miliki. Selain itu imbangi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat agar tubuh yang bugar dapat segera Anda miliki.

Demikian tentang Manfaat Lari pada Siang Hari. Semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top