Sabtu, 02 Juli 2016

Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengobati Polip Hidung

Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengobati Polip Hidung_Penyakit polip hidung adalah gangguan kesehatan yang terjadi akibat peradangan sehingga menimbulkan permasalahan baru berupa benjolan dengan cabang di bagian rongga hidung. Seorang yang mengalami polip hidung akan mengalami gangguan nafas karena tertutupnya rongga hidung dan membuat mereka bernafas melalui mulut.
Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengobati Polip Hidung
Penyebab, Ciri-Ciri, dan Cara Mengobati Polip Hidung

A. Penyebab Polip Hidung
Apa yang Menjadi Penyebab Polip Hidung?, penyebab polip hidung antara lain:

1. Adanya kelainan anatomi sehingga membuat rongga hidung menjadi lebih sempit.
2. Terjadi pada penderita yang mengalami Sinusitis (infeksi di bagian sinus) dengan waktu yang lama serta tak kunjung sembuh.
3. Adanya iritasi.
4. Terdapat lendir yang menetap di mukosa hidung dalam kurun waktu lama.
5. Akibat dari penyakit Asma
6. Sindrom Churg Strauss
7. Akibat respon alergi pada obat-obatan anti nyeri, seperti ibuprofen, aspirin, dan sebagainya.
8. Respon alergi terhadap konsumsi alkohol.
9. Fibrosis kistik
10. Faktor keturunan

B. Ciri-ciri Polip Hidung

1. Hidung mampet
2. Suara terdengar bindeng
3. Sering merasakan pusing dengan jangka waktu yang panjang
4. Pilek berlangsung dalam waktu yang lama serta sulit disembuhkan
5. Rongga hidung terasa gatal-gatal
6. Terjadinya penurunan kemampuan daya cium pada hidung
7. Lendir mengalir dengan jumlah banyak pada hidung menuju bagian belakang tenggorokan, terutama saat sedang dalam posisi terlentang
8. Di bagian hidung terasa seperti ada sesuatu yang mengganjal
9. Hidung mengeluarkan banyak lendir atau meler
10. Tidur dengan kondisi mendengkur


C. Cara Mengobati Polip pada Hidung

1. Makanan yang Banyak Mengandung Vitamin C
Memperbanyak konsumsi vitamin C merupakan salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk menyembuhkan penyakit polip hidung secara alami. Anda dapat menggunakan berbagai macam makanan yang kaya vitamin C, misalnya pada buah-buahan dan sayur.

Kandungan zat bergizi pada vitamin C terbukti mampu menjaga kondisi pembuluh darah pada hidung sehingga senantiasa dalam kondisi sehat dan tidak mudah mengalami polip.

2. Cengkeh
Pengobatan alami polip hidung selajutnya adalah menggunakan cengkeh yang dicampurkan dengan jeruk nipis. Anda dapat membuat ramuan tradisional ini dengan memasukan perasan jeruk nipis ke dalam 4 gelas air bersih yang telah dimasukkan beberapa cengkeh.

Tunggu hingga mendidih dan air hanya bersisa 2 gelas. Minum sebanyak 2 kali dalam sehari. Dosis peminuman pada pagi hari sebanyak 1 gelas dan begitu juga saat sore hari.

3. Daun Sambiloto
Pembuatan obat polip hidung berikutnya adalah dengan daun sambiloto sebanyak 9 lembar yang dicampur dengan 60 gram daun pegagan dan 30 gram daun cakar ayam. Masukkan semua bahan tersebut ke dalam wadah yang telah berisi 5 gelas air bersih.

Selanjutnya Anda dapat merebus semua bahan alami untuk mengobati polip hidung tersebut hingga mendidih dan air hanya bersisa 2 gelas. Konsumsi obat alami untuk polip hidung  ini sebanyak 2 x 2 gelas setiap harinya.

4. Daun Sirih
Solusi selanjutnya untuk mengobati polip hidung yaitu dengan daun sirih yang dikombinasi dengan daun cemara dan kunyit. Anda dapat memarut kunyit terlebih dahulu sebelum merebusnya bersama daun cemara dan daun sirih.

Setelah ramuan tersebut mendidih, Anda dapat menuangkannya ke dalam wadah baru dan menghirup asap yang dikeluarkan sebagai pengobatan yang ampuh untuk meredakan jalan nafas akibat polip hidung.

5. Teripang
Merupakan salah satu pengobatan alami yang saat ini banyak digunakan oleh penyedia obat herbal, karena khasiatnya yang mampu mencegah pertumbuhan tumor pada tubuh termasuk polip hidung.

Demikian pembahasan yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab, ciri, serta cara mengobati polip hidung. Semoga dapat memberikan solusi kesehatan bagi Anda yang sedang mengalami permasalahan tersebut.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top