Selasa, 30 Agustus 2016

Cara Cepat dan Aman Mengatasi Cegukan pada Bayi

Cara Cepat dan Aman Mengatasi Cegukan pada Bayi_Seringkali seorang wanita yang baru saja menjadi ibu sangat khawatir ketika bayinya mengalami cegukan. Namun sebenarnya cegukan ini bukanlah suatu penanda adanya penyakit yang berbahaya, melainkan hanya sebuah gangguan kecil yang dapat terjadi ketika bayi merasa stress atau melakukan 2 hal dalam satu waktu. Cegukan ini bisa hilang dengan sendirinya tanpa perlu melakukan apapun, tetapi sebagai orang tua, pastinya tidak akan tega melihat bayi yang mengalami hal ini, karena dikhawatirkan nantinya malah akan menyebabkan sang bayi muntah. Namun, Anda tidak perlu khawatir, keluhan yang diderita buah hati anda tersebut, bisa diatasi dengan mudah dan aman. Mau tahu caranya? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.
Cara Cepat dan Aman Mengatasi Cegukan pada Bayi
Cara Mengatasi Cegukan pada Bayi

1. Beri Bayi Anda ASI
Umunya, ketika orang dewasa mengalami cegukan, mereka akan langsung mengambil air untuk minum. Begitu juga saat bayi Anda mengalami cegukan, cobalah untuk memberinya ASI, karena ASI dapat membantu agar diafragma bayi Anda menjadi rileks kembali sehingga cegukannya pun berhenti

2. Ketika Bayi Cegukan saat Anda Menyusuinya, Coba Ubah Posisi Anda
Ketika Anda tengah menyusui, lalu tiba-tiba si bayi mengalami cegukan, cobalah untuk merubah posisi Anda dalam menyusui. Hal ini bertujuan supaya bayi tidak terlalu banyak memasukkan udara yang bersamaan dengan ASI yang dapat memicu cegukan.

3. Buat Bayi Agar Bersendawa
Ini juga merupakan salah satu cara yang dapat Anda lakukan ketika bayi Anda mengalami cegukan. Cobalah untuk membuat bayi Anda bersendawa karena dengan bersendawa bisa membantu udara yang terjebak dalam perut bayi menjadi keluar dan otot diafragmanya juga akan kembali melemas.
Sehingga cegukan sang bayi bisa segera hilang.

Hal yang sama juga seharusnya Anda lakukan setelah Anda menyusui supaya bayi Anda terhindar dari cegukan.

Agar bayi bisa bersendawa, Anda dapat melakukannya dengan cara memposisikan bayi agar berdiri dan buat badan bayi menjadi sejajar dengan pundak Anda.

4. Buat Jadwal yang Teratur dalam Memberi Bayi Makan
Usahakan jangan buat bayi Anda sampai merasa kelaparan, tetapi beri makan bayi Anda sebelum dia merasa lapar. Namun sekalinya memberi makan juga jangan terlalu banyak.

Beri bayi Anda makan sedikit demi sedikit namun frekuensinya sering untuk menghindarkan bayi Anda dari kembung.

Jika cegukan itu terjadi saat bayi tengah makan atau minum dan tidak segera berhenti, disarankan agar Anda menghentikan sementara aktifitas menyusui dan memberi makan bayi.

Biarkan bayi menjadi tenang sampai cegukannya hilang, barulah kemudian Anda lanjutkan kembali aktifitas menyusui atau memberi makan tadi.

5. Gosok atau Pijat Bagian Belakang Bayi dengan Perlahan
Cara lainnya agar cegukan pada bayi segera menghilang adalah dengan menggosok atau memberi pijatan yang lembut pada punggung si bayi dengan perlahan supaya bayi Anda menjadi tenang dan cegukannya juga akan menghilang secara perlahan.

Itulah 5 cara yang dapat Anda lakukan saat bayi Anda mengalami cegukan, tinggal Anda lebih suka menggunakan cara yang mana. Namun jika semua cara itu tidak berhasil, cobalah untuk tenang karena sejatinya cegukan itu adalah hal yang wajar dan tidak mengganggu kesehatan anak Anda.

Satu tips lagi untuk Anda, jangan mengatasi cegukan bayi ini dengan cara mengagetkannya, tetapi lakukanlah dengan lembut. Demikian artikel yang membahas tentang cara mengobati cegukan pada bayi ini, semoga dapat menambah pengetahuan Anda, dan semoga bermanfaat.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top