Senin, 22 Agustus 2016

Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola

Teknik Dasar Sepakbola Beserta Gambarnya_Sepak bola merupakan salah satu olah raga yang sangat digemari oleh banyak kalangan. Bahkan dewasa ini olahraga sepakbola tak lagi  mengenal usia, dan bahkan jenis kelamin. Sebab saat ini sudah banyak perempuan yang melakukan permainan/olahraga ini. Dan bagi Anda yang antusias melihat si kulit bundar bergulir di lapangan hijau dan hobby memainkannya, kali ini saya akan hadirkan artikel khusus yang mengulas teknik dasar sepakbola yang tentunya akan saya sertai dengan gambar untuk mempermudah dan mempercepat pembaca dalam memahaminya.

Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola

1. Teknik Menendang Bola
Ini merupakan teknik paling dasar, yang namanya bola sepak tentunya ditendang, bukan dicium. Menendang adalah gerakan secara simultan pada kaki terhadap bola, berawal dari sentuhan kaki kepada si kulit bundar permainan sepak bola dimulai dan dijalankan. Untuk mendapatkan tingkat akurasi yang tinggi, tentunya kita tidak bisa asal-asalan dalam menendang. Ada tekniknya loh, ini dia;
Teknik Dasar dalam Permainan Sepak Bola

  • Menendang dengan menggunakan kaki yang memiliki permukaan paling luas, sisi tersebut adalah kaki sisi dalam. Tendangan ini ditujukan untuk jarak pendek.
  • Tendangan yang kedua menggunakan kaki bagian terluar. Menggunakan bagian kaki ini untuk menendang jarak pendek dan menghasilkan arah tendangan yang sulit dibaca.
  • Menendang menggunakan punggung kaki. Hasil tendangan ini biasanya sangat terarah karena titik tumpu berpusat pada bagian tengah si kulit bundar. Tendangan ini sangat cocok digunakan saat shooting atau menendang kearah gawang.

2. Menghentikan atau mengontrol bola (control ball)
Sebelumnya, mari pahami dulu tentang gerakan bola yang terdiri dari bola yang menyusur tanah, bola memantul dan bola tinggi yang masing-masing gerakan bola tersebut memiliki teknik berbeda dalam hal menghentikannya.
Menghentikan atau mengontrol bola (control ball)

  • Cara menahan bola yang menyusur tanah (Ground Ball) dengan menggunakan kaki sisi dalam ataupun telapak kaki.
  • Untuk menahan bola memantul (Bouncing Ball) bisa menggunakan kaki bagian luar, telapak kaki, kaki bagian dalam atau menggunakan perut.
  • Sedangkan untuk dapat menahan bola yang melambung di udara (High Ball) dapat menggunakan kepala, paha, dada, punggung kaki dan juga dengan menggunakan kaki sisi dalam.

3. Menggiring Bola (Dribbling)
Dribbling adalah teknik dalam hal mengendalikan bola yang dikontrol menggunakan kaki untuk menyisiri lapangan denga berjalan ataupun berlari. Dribbling digunakan untuk mengatur irama permainan, melewati lawan atau membawa bola menuju gawang lawan. Agar mampu menggiring bola, setidaknya Anda harus mampu menguasai teknik ini;
  • Menggiring bola dengan menggunakan kaki sisi dalam
  • Menggiring bola dengan menggunakan kaki sisi luar
  • Menggiring bola dengan menggunakan punggung kaki
4. Merebut Bola (Tackling)
Teknik dasar selanjutnya adalah merampas atau merebut bola, teknik ini digunakan saat tim Anda sedang tidak dalam kontrol terhadap bola atau si kulit bundar sedang berada di kaki tim lawan. Sudah menjadi kewajiban bagi Anda dan tim untuk dapat merebut bola yang dikuasai oleh lawan, karena apa? Karena bola adalah teman. Setidaknya itu yang dikatakan oleh Tsubasa Ozora, tokoh pesepak bola hebat dalam salah satu manga jepang.

Untuk mendapatkan kontrol terhadap bola lagi, merampas bola harus dengan teknik yang benar, karena kalau tidak, akan ada wasit yang memperingatkan Anda bisa saja peringatannya menggunakan kartu merah atau kuning. Anda boleh melakukan tackle dengan teknik sebagai berikut;
  • Berhadapan dengan lawan yang sedang memiliki kontrol terhadap bola, tanpa menjatuhkan diri, hal ini berfungsi guna menghadang laju musuh menuju gawang.
  • Sliding tackle yaitu dengan cara meluncur secara cepat dengan kaki mengarah pada bola dengan menggunakan kaki bagian luar atau bagian dalam.
Oke, di atas adalah sekelumit mengenai aturan dan tehnik-tehnik dalam bermain bola, pastinya masih banyak lagi tehnik-tehnik yang lainnya, tetapi setidaknya bisa membantu Anda dalam memainkan olahraga ini dengan lebih baik.

Kesehatan Manusia

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

 
Sitemap - Privacy Policy - Contact Us
Back To Top